Cara Mengatasi Radang Telinga Luar

Radang telinga luar adalah kondisi di mana saluran telinga yang menghubungkan telinga luar menuju gendang telinga mengalami infeksi atau peradangan. Kondisi ini begitu menyakitkan, bahkan rasa sakitnya dapat semakin meningkat ketika mengunyah, menyentuh bagian luar telinga, atau menyentuh daun telinga.

Radang telinga luar dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti reaksi alergi, iritasi, infeksi jamur, infeksi bakteri, dan dermatitis seboroik. Selain tu, berenang di air yang kotor dan berada di lingkungan yang sangat lembap juga dapat meningkatkan risiko seseorang terkena radang telinga luar. Kondisi ini selain menyebabkan rasa sakit juga dapat membuat telinga terasa penuh, gatal, dan muncul cairan kecokelatan atau kekuningan.

cara mengatasi radang telinga luar - alodokter

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi radang telinga luar.

  • Minum obat penghilang sakit Radang telinga luar dapat menimbulkan rasa sakit yang cukup mengganggu, untuk mengatasinya Anda dapat mengonsumsi pereda rasa sakit yang dijual di apotik. Seperti naproxen, ibuprofen, atau acetaminophen. Baca aturan pakai pada kemasan obat dan konsultasikan dengan dokter jika perlu.
  • Keringkan bagian kuping Jika sakit telinga Anda disebabkan karena berenang di air yang kotor, maka mandilah sesudah itu, kemudian cobalah untuk perlahan mengeringkan bagian telinga dengan menggunakan pengering rambut atau hair dyer.
  • Gunakan handuk hangat Selain menggunakan obat penghilang sakit, Anda juga dapat menggunakan handuk hangat yang ditempelkan di bagian telinga untuk mengatasi sakit telinga. Penggunaan bantal panas juga dapat membuat cairan kuping keluar atau meleleh ketika terkena panasnya. Tapi, jangan sampai menggunakan bantal panas ini hingga ketiduran. Karena bisa berbahaya.
  • Teteskan obat telinga Radang telinga luar bisa menimbulkan gatal yang membuat tidak nyaman, Anda dapat mengatasinya dengan meneteskan obat tetes kuping yang biasa digunakan khusus perenang. Obat tetes ini dapat digunakan untuk mencegah kondisi tersebut dengan menggunakannya sebelum dan sesudah berenang atau mandi.
Selain itu, jika Anda mengalami hal ini, usahakan untuk tidak memasukkan air ke dalam telinga.

Cegah Radang Telinga Luar Kembali Terjadi

Agar radang telinga luar tidak mengganggu kenyamanan Anda, cobalah untuk melakukan beberapa cara pencegahan. Misalnya saja seperti tetap jaga agar telinga Anda kering dengan membasuhnya memakai handuk lembut pada bagian luar telinga yang basah. Anda juga dapat mengeringkan telinga menggunakan hair dryer dengan pengaturan angin yang pelan dan dari jarak sekitar 30 cm.

Jika Anda hendak berenang, perhatikan juga kondisi air di kolam renang. Jika terlihat kotor, disarankan untuk mengurungkan niat Anda. Jika Anda tidak mengalami kerusakan pada gendang telinga, Anda dapat menggunakan obat tetes telinga khusus saat ingin berenang juga sesudahnya. Anda juga dapat membuat tetes telinga sendiri dengan campuran alkohol dan cuka putih dengan perbandingan 1:1. Kemudian teteskan satu sendok teh campuran tersebut ke dalam telinga, lalu biarkan cairan tersebut kembali keluar. Campuran alkohol dan cuka ini dipercaya dapat mencegah pertumbuhan jamur, bakteri, dan dapat membantu meningkatkan pengeringan telinga yang basah.

Selain itu, untuk mencegah terjadinya radang telinga, hindarilah menggunakan benda-benda asing seperti jepit rambut, klip kertas, atau kapas untuk membersihkan kotoran atau menggaruk telinga. Karena perlengkapan tersebut dapat mengiritasi kulit tipis di dalam telinga dan membuat kotoran masuk lebih dalam ke saluran telinga.

Rasa yang ditimbulkan oleh radang telinga luar tentu membuat Anda tidak nyaman. Jika sakit semakin tidak tertahankan, segeralah kunjungi dokter THT untuk mendapatkan penanganan yang tepat.