Cara Menggunakan Aromaterapi demi Mendapatkan Manfaat Maksimal

Aromaterapi, kerap disebut dengan minyak esensial, terbuat dari tanaman dan minyak tumbuh-tumbuhan yang mengeluarkan wewangian. Aromaterapi dapat membantu memperbaiki suasana hati, sehingga mampu meningkatkan kesehatan secara fisik maupun emosional.

Aromaterapi banyak digunakan sebagai terapi tambahan maupun terapi alternatif. Aromaterapi mungkin dapat membantu individu menjadi lebih baik secara umum. Akan tetapi, para ahli masih belum bisa membuktikan bahwa aromaterapi dapat mencegah atau mengobati penyakit.

aromaterapi - alodokter

Teknik Pengolahan dan Cara Kerja Aromaterapi

Di dalam proses pengolahan untuk membuat aromaterapi, tanaman dicampur dengan losion, minyak, atau alkohol. Di Eropa, bahan-bahan wewangian ini sudah digunakan sejak awal era 1900-an.

Cara kerja aromaterapi adalah menstimulasi saraf pada hidung. Saraf ini akan mengirimnya ke otak. Setelah itu, otak yang akan mengatur mengenai fungsi aromaterapi ini dan mencocokkannya dengan jenis wewangian dan pengaruhnya bagi tubuh. Hormon dan enzim di dalam tubuh juga diduga dapat dipengaruhi oleh aromaterapi sehingga mampu menstabilkan tekanan darah, meringankan gangguan saraf, dan gangguan pada bagian tubuh lainnya.

Para ahli juga mengungkapkan teori bahwa aromaterapi bisa dimanfaatkan untuk membantu mengurangi depresi, insomnia, meredakan stres, dan menurunkan tekanan darah.

Aromaterapi Dapat Digunakan dalam Berbagai Cara

Agar mendapatkan manfaatnya secara maksimal, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, yaitu:

Menghirup uap aromaterapi

Minyak aromaterapi yang digunakan dengan cara menghirup uapnya dapat membantu meringankan penyakit pernapasan, seperti flu dan pilek. Pilih minyak aromaterapi mint, eucalyptus, dan pinus. Cara menggunakannya, siapkan air panas di baskom. Tambahkan 10 tetes minyak aromaterapi pilihan. Selanjutnya tundukkan kepala di atas baskom sembari menutup kepala dengan handuk. Hirup uap tersebut selama beberapa menit.

Memanaskan minyak aromaterapi

Minyak aromaterapi bisa digunakan dengan cara dipanaskan. Gunakan kompor kecil dan tungku yang sudah dilengkapi dengan wadah untuk menempatkan minyak aromaterapi. Bubuhi enam tetes minyak aromaterapi, lalu panaskan menggunakan api kecil. Aromanya akan menyebar dengan cepat ke seluruh ruangan. Sayangnya, minyak aromaterapi yang dipanaskan akan merusak manfaat pengobatannya. Jadi, cara ini hanya disarankan apabila Anda ingin menikmati aromanya, bukan manfaatnya bagi kesehatan.

Menyemprotkan minyak aromaterapi

Masukkan 180 ml air ke dalam botol semprot. Tambahkan 5-10 tetes minyak aromaterapi pada tiap sekitar 30 ml. Kocok dahulu, lalu semprotkan ke ruangan untuk mendapatkan wangi serta manfaatnya.

Menggunakan diffuser

Alat ini menggunakan listrik. Alat ini lebih memungkinkan minyak aromaterapi untuk bisa lebih menyebar ke seluruh ruangan yang lebih luas. Kelebihan lain dari penggunaan alat ini adalah mampu memecah minyak menjadi molekul yang terpisah sehingga aroma akan lebih mudah dihirup. Oleh karena itu, metode ini dianggap paling efektif dalam mengobati. Metode ini pas untuk menstabilkan kesehatan mental dan emosional. Cara ini juga ampuh untuk mengobati penyakit yang berhubungan dengan darah, paru-paru, dan otak. Akan tetapi pastikan bahwa alat diffuser menggunakan udara dingin dan bukannya menggunakan hangat atau getaran. Karena hal itu akan menghancurkan zat aktifnya.

Untuk mengompres

Mungkin Anda baru tahu bahwa minyak aromaterapi dapat digunakan untuk mengompres bagian tubuh yang sakit. Caranya, siapkan satu liter air hangat dengan ditambahkan 3-6 tetes minyak aromaterapi. Aduk hingga merata. Rendam handuk ke dalam campuran, peras, lalu tempelkan pada bagian tubuh yang sakit selama paling lama 20 menit. Ulangi hingga sakit terasa mereda.

Otot yang terasa sakit karena cedera olahraga, memar, sakit gigi, sakit kepala, dan luka akibat gigitan serangga adalah beberapa penyakit yang dapat diringankan dengan cara dikompres menggunakan minyak aromaterapi.

Untuk mandi

Minyak aromaterapi yang digunakan untuk mandi dapat meningkatkan manfaatnya hingga sepuluh kali lipat. Tambahkan enam tetes minyak aromaterapi atau campurkan lebih banyak minyak aromaterapi ke dalam air mandi. Ada dua keuntungan ketika Anda mandi menggunakan campuran minyak aromaterapi. Pertama, Anda dapat menghirup aromanya. Kedua, minyak aromaterapi akan meresap ke dalam tubuh melalui pori-pori, dan melemaskan otot-otot yang lelah.

Untuk pijat

Campurkan minyak aromaterapi dengan minyak pijat, lalu gunakan untuk memijat. Minyak yang terserap oleh tubuh akan memberikan manfaat bagi kesehatan. Sementara, wangi yang menyentuh otot akan membuat otot lebih rileks dan menenangkan.

Meskipun minyak aromaterapi memiliki banyak manfaat, pastikan Anda sudah mengerti penggunaannya. Hindari menggunakan minyak aromaterapi pada anak di bawah lima tahun karena kulitnya yang masih terlalu sensitif terhadap berbagai macam minyak. Pastikan juga minyak tidak tertelan karena pada dasarnya minyak aromaterapi hanya untuk pemakaian luar. Perlu diketahui bahwa belum ada bukti medis yang menunjukkan aromaterapi dapat menyembuhkan suatu penyakit sepenuhnya, maka dari itu pahami dulu manfaat khusus dan prosedur penggunaannya secara tepat.