Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar Berdasarkan Tingkat Keparahan

Memiliki kulit yang mulus merupakan dambaan tiap orang. Walau demikian, trauma seperti luka bakar dapat meninggalkan bekas luka yang kurang sedap dipandang. Hal ini bisa saja memengaruhi penampilan dan kepercayaan diri. Tidak heran begitu banyak orang yang rela melakukan berbagai cara untuk menghilangkan bekas luka bakar.

Penyebab terjadinya luka bakar bisa bermacam-macam, ada yang disebabkan oleh terkena bahan kimia keras, tersengat listrik, maupun terpapar api secara langsung atau benda-benda sumber panas lainnya. Sifat luka bakar juga berbeda-beda, bisa bersifat ringan (bagian yang terkena luka bakar tidak meluas dan tidak dalam) hingga bersifat berat (luka bakar mencakup daerah yang meluas dan lebih dalam).

menghilangkan bekas luka bakar - alodokter

Kenapa Bisa Timbul Bekas Luka Bakar?

Ketika tersentuh dengan sesuatu yang panas seperti tersiram air mendidih atau tersentuh panci yang masih sangat panas, maka sel-sel kulit yang terbakar akan mati. Kulit yang rusak tadi akan menghasilkan protein kolagen sebagai reaksi untuk memperbaiki bagian yang rusak. Di waktu yang sama, reaksi ini juga akan membentuk bekas luka di mana kulit menebal dan berubah warna.

Terjadinya bekas luka bakar di kulit ditentukan oleh seberapa panas dan lamanya waktu kulit bersentuhan dengan sumber panas tersebut. Waktu yang dibutuhkan luka bakar untuk sembuh akan sangat bergantung pada tingkat keparahannya. Luka bakar derajat pertama biasanya sembuh dengan sendirinya tanpa meninggalkan bekas luka bakar. Sedangkan luka bakar derajat dua dan tiga hampir selalu akan meninggalkan bekas luka. Bekas luka bakar derajat kedua biasanya akan memudar seiring waktu. Sedangkan bekas luka bakar derajat ketiga seringnya membutuhkan prosedur skin graft untuk meminimalkan bekas luka.

Bantu Hilangkan Luka Bakar dengan Cara Operasi

Kulit yang terbakar dapat menyebabkan bekas luka yang menyebabkan kulit menjadi kencang dan mengganggu Anda untuk bergerak bebas. Bekas luka seperti ini disebut luka kontraktur. Bekas luka sejenis ini bisa merusak hingga ke dalam kulit sehingga berisiko memengaruhi fungsi saraf dan otot juga.

Perawatan luka bakar jenis ini hanya dapat dilakukan melalui operasi. Fungsinya untuk mengubah bentuk bekas luka dan mengubah posisinya. Selain itu, dimanfaatkan untuk membuat luka tidak lagi ketat menempel pada kulit sekitar sendi agar Anda dapat bergerak bebas kembali juga.

Yang perlu Anda pertimbangkan adalah prosedur pembedahan bukan berarti tanpa risiko. Pembedahan selalu akan meninggalkan bekas luka baru dan kemungkinan akan membaik setelah sekitar dua tahun. Ada juga risiko timbul jaringan parut yang mungkin lebih buruk.

Terapi lainnya yang bisa menjadi alternatif adalah kombinasi terapi sinar laser. Sebuah studi menemukan bahwa terapi ini dinilai aman untuk menangani bekas luka bakar jenis hipertropik, bekas luka yang ditandai dengan kulit yang meninggi berwarna merah atau keunguan. Akan tetapi penanganan dengan cara ini tergolong sangat mahal dan masih baru. Oleh karena itu masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut tentang dampak dan efek sampingnya.

Cara menghilangkan bekas luka bakar sangat tergantung kepada tingkatan ringan atau beratnya luka bakar yang dialami. Ketika luka bakar telah sembuh, apa pun tingkatannya, disarankan untuk selalu menggunakan tabir surya dan pelembap secara teratur. Jika ingin menghilangkan bekas luka akibat luka berat, Anda bisa mencoba bedah kecantikan yang direkomendasikan dokter.