Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami untuk Wajah Halus Berseri

Kulit wajah terasa kasar dan ada bintik-bintik kecil komedo? Sudah saatnya kamu menerapkan cara menghilangkan komedo secara alami berikut ini.

Komedo terjadi ketika folikel (pori-pori) rambut di kulit wajah tersumbat oleh sel kulit mati, bakteri, dan minyak (sebum). Komedo ada yang berwarna hitam dan ada pula yang berwarna putih. Komedo hitam maupun komedo putih bisa dihilangkan dengan obat antikomedo yang dijual bebas dan tanpa memerlukan resep dari dokter. Tapi, kalau kamu tidak mau memakai obat-obatan kimia, alergi terhadap bahan tertentu, atau punya kulit sensitif, komedo bisa diatasi secara natural atau alami. Berikut ini cara menghilangkan komedo secara alami yang dapat kamu lakukan:

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami untuk Wajah Halus Berseri - alodokter

Putih telur

Ambil 2 butir telur, pisahkan putih dan kuningnya. Oleskan putih telur ke permukaan wajah, biarkan selama 2 menit atau hingga putih telur kering. Kemudian oleskan kembali putih telur, dan biarkan kering lagi. Lakukan proses ini hingga putih telur habis. Jika putih telur terasa halus ketika disentuh dan kulit wajah terasa kencang, segera bilas wajah dengan air hangat. Putih telur diduga dapat membantu mengecilkan pori-pori dan mengeluarkan kotoran yang menyumbat pori-pori. Kulit wajah pun menjadi halus dan lembut.

Madu dan kayu manis

Campurkan satu sendok makan madu dengan setengah sendok teh kayu manis hingga rata. Oleskan campuran tersebut ke kulit dan pijat wajah dengan gerakan melingkar selama tiga menit. Kemudian bilas wajah dengan air hangat. Madu memiliki sifat antibakteri alami yang membantu membunuh bakteri kulit penyebab komedo dan bahkan jerawat. Madu yang dicampur dengan kayu manis dapat menarik keluar sumbatan pori.

Baking soda

Campurkan sedikit baking soda dan air hingga menjadi adonan atau pasta. Lalu, oleskan campuran ini ke kulit wajah. Terakhir, jangan lupa untuk bilas wajah hingga bersih. Baking soda bertindak sebagai exfoliant (agen pengelupas) yang mampu menyingkirkan kulit mati penyumbat pori-pori wajah. Namun, jangan terapkan cara menghilangkan komedo secara alami yang satu ini setiap hari karena dapat membuat kulit wajah menjadi kering.

Pala dan susu

Cara menghilangkan komedo secara alami selanjutnya adalah dengan mengoleskan campuran satu sendok makan susu dengan butiran-butiran kecil biji pala ke permukaan wajah. Lalu, gosok-gosok wajah dengan lembut untuk mengangkat kulit mati dan kotoran. Kemudian gunakan air hangat untuk membersihkan wajah.

Lemon dan garam

Aduk air perasan jeruk lemon dengan satu sendok makan garam, satu sendok teh yogurt tanpa rasa, dan sedikit madu hingga rata. Oleskan campuran tersebut ke permukaan wajah dan diamkan selama 2-3 menit. Bersihkan wajah dengan air hangat. Lemon dan tekstur garam yang kasar diduga mampu membantu menghilangkan kotoran yang terpendam dalam pori-pori wajah.

Oatmeal dan yogurt

Campurkan dua sendok makan oatmeal, tiga sendok makan yogurt tanpa rasa, beberapa tetes air perasan lemon, dan sedikit minyak zaitun. Aduk hingga rata. Oleskan campuran tersebut ke kulit wajah dan diamkan selama 10 menit. Kemudian bilas wajah dengan air hangat. Oatmeal dan kandungan asam laktat dalam yogurt diduga ampuh menghilangkan komedo secara alami.

Sebenarnya berbagai cara menghilangkan komedo secara alami di atas bisa diminimalisir atau dihindari. Caranya, rajin membersihkan wajah dua kali sehari (setelah bangun dan sebelum tidur), memilih produk kosmetik bebas minyak, dan menggunakan masker atau scrub untuk menghilangkan sel kulit mati.

Oh iya, sebelum mengoleskan berbagai campuran cara menghilangkan komedo secara alami di atas, jangan lupa untuk mencuci kedua tangan hingga bersih. Menyentuh wajah dengan tangan yang kotor kemungkinan malah bisa memperparah komedo kamu.