Cara Menghilangkan Stretch Mark dengan Pilihan Losion Ini

Banyak yang kebingungan mencari cara menghilangkan stretch mark yang biasa menjalar di perut, dada, pinggul, bokong, dan paha. Kondisi ini sendiri sangat umum terjadi pada perempuan hamil, terutama ketika usia kehamilan memasuki trimester akhir.

Bentuk stretch mark biasanya berupa garis-garis yang berbekas di area tubuh di atas. Meski pada umumnya kondisi ini tidak menyakitkan atau membahayakan kesehatan seseorang yang mengalaminya, namun cenderung menimbulkan rasa tidak nyaman karena akan mengganggu penampilan. Nyatanya pula, banyak perempuan yang merasa tertekan akibat adanya stretch mark pada kulit mereka.

cara menghilangkan stretch mark dengan pilihan losion ini – alodokter

Cara Menghilangkan Stretch Mark

Beberapa produk kecantikan berbentuk krim, gel, dan losion sering mengklaim bisa menghilangkan stretch mark. Biasanya produk-produk tersebut berupa pelembap kulit yang bisa diperoleh di apotek, supermarket, toko obat, dan tempat perawatan kecantikan.

Penggunaan produk-produk tersebut bisa jadi merupakan cara menghilangkan stretch mark yang efektif ketika digunakan saat gangguan kulit ini masih baru. Tanda bahwa gangguan kulit ini masih baru adalah stretch mark masih berwarna merah atau ungu.

Beberapa jenis losion berikut kemungkinan bisa menghilangkan stretch mark.

  • Memakai minyak vitamin E

Vitamin ini sering kali disebut sebagai bahan yang sangat efektif untuk menghilangkan gangguan kulit ringan. Studi menunjukkan bahwa pemakaian bahan ini lebih efektif bagi perempuan yang sudah pernah hamil. Meski untuk umum dianggap tidak seefektif terhadap wanita hamil, namun tidak ada salahnya untuk memakai bahan ini.

  • Losion untuk pelembap

Sebuah studi menemukan bahwa seseorang yang memakai losion secara rutin tiap hari menunjukkan adanya perbaikan dan peningkatan kekenyalan kulit yang signifikan. Hal ini dianggap memungkinkan sebab pemakaian losion pelembap secara rutin dapat menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik.

Pemakaian losion pelembap kulit disarankan dilakukan di area kulit yang mengalami tanda-tanda perenggangan. Tidak ada salahnya untuk mengoleskan losion pada area-area lain yang dikhawatirkan bisa terkena stretch mark dalam rangka pencegahan. Namun mengenai stretch mark yang sudah lama hadir, manfaat pemakaian losion pelembap mungkin tidak akan seefektif penanganan stretch mark yang masih baru.

  • Memakai krim asam retinoat

Cara menghilangkan stretch mark yang juga terbukti efektif adalah dengan memakai Retin-A atau krim asam retinoat. Pemakaian krim ini berdampak besar pada proses menghilangkan stretch mark yang baru terbentuk. Hal ini terjadi karena bahan tersebut diperkirakan dapat meningkatkan produksi kolagen untuk membantu kulit tetap kencang dan menghindarkan kulit kusam.

Namun perlu diperhatikan bahwa wanita yang sedang mengandung atau menyusui sebaiknya berhati-hati ketika memakai krim asam retinoat sebab bahan ini berpotensi menyebabkan cacat lahir pada bayi. Pemakai produk ini disarankan untuk menghindari paparan matahari berlebihan karena rentan menimbulkan luka bakar pada area kulit yang diolesi krim ini. Selain itu, produk ini tidak efektif terhadap stretch mark yang sudah lama terbentuk. Untuk mendapatkan krim asam retinoat umumnya membutuhkan resep dokter.

  • Memakai produk berbahan asam glikolat

Asam glikolat dianggap tepat untuk menghilangkan stretch mark karena bahan ini dapat meningkatkan produksi kolagen. Pada dasarnya, kolagen berguna untuk membuat kulit seseorang menjadi lebih elastis. Produk ini aman bagi perempuan hamil, meski tetap harus berhati-hati agar jangan terlalu banyak terpapar sinar matahari. Produk ini bisa didapatkan di apotek secara bebas, namun jika ingin mendapatkan dosis yang lebih tinggi disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Cara menghilangkan stretch mark menggunakan berbagai produk di atas sebenarnya tidak bersifat wajib dan kemungkinan tidak akan banyak membantu. Stretch mark sendiri biasanya akan memudar dan makin tidak terlihat seiring waktu meski tanpa melalui perawatan atau terapi khusus. Sebagai langkah pencegahan terbaik agar kulit terhindar dari stretch mark adalah dengan menjaga berat badan tetap proporsional.