Cara Menghindari Makanan Penyebab Kolesterol Tinggi

Kolesterol sebenarnya adalah komponen lemak yang berperan penting menjaga tubuh tetap berfungsi. Namun memiliki kadar kolesterol terlalu tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit serius. Berbagai makanan penyebab kolesterol tinggi dapat Anda hindari dengan cara-cara ini.

Kolesterol berperan memproduksi asam empedu untuk memproses makanan serta melapisi sel. Tetapi peran ini dapat berbalik menjadi penyakit jika kadar kolesterol dalam tubuh tidak dijaga. Selain diproduksi oleh hati, kolesterol juga dapat ditemukan pada makanan. Oleh karenanya disarankan untuk menjaga konsumsi kolesterol dalam makanan dalam jumlah tidak lebih dari 200 mg.

makanan kolesterol tinggi-alodokter

Sayangnya, kita sering tidak menyadari bahwa makanan yang sering kita makan sehari-hari ternyata adalah makanan penyebab kolesterol tinggi. Di bawah ini adalah cara agar makanan favorit Anda tidak menjadi makanan penyebab kolesterol tinggi.

  • Makanan cepat saji seperti burger keju dapat mengandung 85 hingga 175 mg kolesterol dalam satu porsinya. Belum lagi minuman soda dan kentang goreng yang biasa dikonsumsi sepaket. Pilih burger dengan isi yang lebih sedikit dan mengonsumsinya sesekali dapat menjadi cara bijak untuk menghindarkan kolesterol berlebih.
  • Satu cup es krim dapat mengandung lebih banyak kolesterol dibanding setangkup burger dan donat. Daripada mengonsumsi es krim sebagai hidangan penutup, lebih baik konsumsi semangkuk buah segar yang kaya serat dan nutrisi, serta rendah kalori. Buah bahkan dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.
  • Sekitar 100 gram steak iga dapat mengandung 20% lemak jenuh dan 22% kolesterol yang diizinkan dikonsumsi dalam sehari. Agar tetap menikmati steak daging merah secara sehat, pilih daging tanpa lemak yang lebih rendah kadar kolesterolnya seperti tenderloin.
  • Telur dapat menjadi sumber protein sehat selama dikonsumsi dalam batasan wajar dalam satu hari. Jika Anda sudah mengonsumsi telur sebagai sarapan, disarankan menghindari mengonsumsi sumber kolesterol lain, seperti burger dengan keju, sebagai makan siang. Mengonsumsi 4–6 telur per minggu masih termasuk normal, bahkan untuk orang dengan kolesterol tinggi.
  • Pilih keju dan susu rendah lemak untuk menggantikan susu dan keju yang biasa Anda konsumsi.
  • Sebagian jenis boga bahari, seperti lobster, adalah makanan penyebab kolesterol tinggi. Sekitar 85 gram lobster mengandung kolesterol kurang lebih 60 mg sebelum diolah. Untuk meminimalkan kandungan kolesterol pada boga bahari, pilih menu yang direbus daripada digoreng. Selain itu, kerang dapat menjadi pilihan boga bahari yang rendah kolesterol.
  • Jeroan seperti hati hewan mengandung lebih banyak kolesterol dibanding daging.
  • Daripada butter, gunakan margarin yang mengandung lemak tak jenuh karena terbuat dari minyak sayur.
  • Bebek adalah makanan penyebab kolesterol tinggi yang lebih berisiko dibanding ayam.
  • Buang juga kulit ayam sebelum dimasak untuk mengurangi kadar kolesterol.
Pada intinya, mencermati daftar makanan penyebab kolesterol tinggi bukan berarti bahwa Anda harus menghindari semua makanan di atas. Kuncinya adalah menjaga konsumsi makanan agar tetap terjaga dan seimbang. Mengolah makanan sendiri juga dapat menjadi cara untuk mengurangi risiko makanan penyebab kolesterol tinggi. Ubah cara memasak, perhatikan seberapa sering dan seberapa banyak makanan yang dikonsumsi, serta mencari makanan pengganti yang lebih sehat.