Cara Mengobati Batuk di Malam Hari yang Mengganggu Tidur

Batuk di malam hari bisa menjadi perusak tidur nyenyak Anda, lho. Namun tidak perlu khawatir, karena batuk di malam hari dapat diobati dan dihindari dengan beberapa cara, seperti minum teh herbal dengan madu, tidur dengan posisi bantal yang agak lebih tinggi dari biasanya, menggunakan perlengkapan tidur yang bersih, dan lain-lainnya.

Batuk adalah tindakan refleks untuk membersihkan saluran udara Anda dari lendir dan iritasi seperti debu atau asap. Penyebab batuk adalah flu, asma, GERD (penyakit asam lambung), penyakit psikologis, kerusakan pada saraf pada pita suara (chordpalsy vokal), pneumonia, dan lainnya.

coughing at night

Obati dengan Cara Ini

Batuk di malam hari ternyata dapat diobati dengan beberapa cara mudah ini, di antaranya:

  • Minum obat ekspektoran. Obat ekspektoran seperti guaifenesin dapat membantu mengobati batuk di malam hari yang kerap Anda alami. Ekspektoran dapat membantu mengencerkan lendir dan dapat mengurangi keinginan Anda untuk batuk di malam hari.
  • Minum teh herbal dengan madu. Biasakan untuk meminum secangkir teh non-kafein sebelum tidur. Cara ini dapat mengobati batuk di malam hari yang Anda alami, karena setiap cairan hangat dapat membantu mengencerkan lendir di saluran napas Anda. Madu sendiri merupakan penekan batuk yang dapat meredakan batuk di malam hari.
  • Tidur dengan posisi bantal yang lebih tinggi. Ketika batuk di malam hari datang, gravitasi adalah musuh bagi Anda. Semua lendir yang Anda telan selama seharian dapat naik kembali ke tenggorokan dan mengiritasi ketika Anda berbaring di malam hari, hal itulah yang menyebabkan Anda mengalami batuk di malam hari. Cobalah untuk melawan gravitasi dengan menopang diri memakai beberapa bantal saat Anda tidur. Cara ini juga membantu Anda yang memiliki penyakit asam lambung untuk mencegah asam lambung Anda naik ke tenggorokan dan mengiritasi tenggorokan Anda.
  • Mandi air panas atau berendam dengan air panas. Saluran udara/napas yang kering dapat memperburuk batuk Anda di malam hari. Tidak ada salahnya untuk menguapi tubuh sambil mandi menggunakan air  hangat di dalam kamar mandi air panas sebelum tidur. Jika Anda memiliki asma, uap dapat membuat batuk lebih buruk. Jangan gunakan cara ini jika Anda menderita asma.
  • Gunakan humidifier (pelembap udara) di dalam ruangan Anda. Humidifier dapat membantu batuk jika udara kering. Namun, terlalu banyak kelembapan di kamar tidur juga dapat membuat Anda batuk di malam hari. Tungau, debu, jamur, dapat berkembang di udara yang lembap. Oleh karena itu, Anda dapat menjaga tingkat kelembapan udara di dalam ruangan antara 40% hingga 50%.
  • Pastikan perlengkapan tidur Anda bersih. Jika Anda kerap mengalami batuk di malam hari dan rentan terhadap alergi, fokuslah pada perlengkapan tidur Anda. Debu dan tungau adalah pemicu alergi yang umum, keduanya bisa membuat Anda mengalami batuk di malam hari. Untuk memastikan bahwa perlengkapan tidur Anda selalu bersih, cucilah semua perlengkapan tidur seperti sprei dan selimut setiap satu minggu sekali. Anda juga dapat menggunakan air panas saat mencuci untuk mematikan tungau tersebut.
  • Paracetamol dan Ibuprofen. Sebenarnya, pengobatan tidak selalu diperlukan untuk batuk jangka pendek yang ringan, karena infeksi virus dapat membaik dengan sendiri dalam beberapa minggu. Anda dapat menjaga diri Anda dari batuk di malam hari dengan istirahat yang cukup, minum banyak cairan, dan minum obat penghilang rasa sakit seperti paracetamol dan ibuprofen.
  • Jangan tidur di bawah kipas angin. Hindari untuk tidur di bawah kipas angin atau AC secara langsung, atau mengarahkan kipas angin ke wajah Anda. Karena hal ini dapat membuat batuk Anda semakin buruk.
  • Kandungan benzocaine. Beberapa obat batuk mengandung benzocaine yang dapat menenangkan batuk cukup lama, dan dapat membantu Anda kembali tidur.
Batuk di malam hari memang mengganggu, namun batuk tidak semuanya buruk. Karena batuk membantu membersihkan lendir dari saluran napas Anda. Setelah mengetahui cara mengobati dan menanggulangi batuk di malam hari yang kerap Anda alami, Anda tetap diharuskan segera berkonsultasi pada dokter jika beberapa cara yang telah dipaparkan di atas tidak membantu. Jika Anda merokok, usahakan untuk berhenti merokok, karena menghentikan kebiasaan buruk dapat membantu meringankan batuk di malam hari, dan Anda dapat tidur lelap kembali.