Cara Menyembuhkan Mata Ikan di Telapak Kaki

Mata ikan di telapak kaki terjadi akibat reaksi alami kulit yang berupaya melindungi diri dari gesekan-gesekan dan tekanan yang terjadi secara berulang-ulang. Dalam hal ini, permukaan kulit akan menebal dan mengeras.

Bentuk mata ikan menyerupai kerucut yang mengarah ke dalam kulit. Berbeda dengan kapalan, penumpukan kulit pada mata ikan memiliki pusat inti. Terdapat beberapa variasi mata ikan antara lain, mata ikan keras, mata ikan lunak dan mata ikan kecil. Mata ikan keras diakibatkan penumpukan kulit mati yang membentuk permukaan kulit yang keras yang memiliki inti di tengah. Mata ikan yang lunak biasanya timbul di antara jari manis dan kelingking pada kaki. Sedangkan tipe mata ikan kecil, banyak ahli medis berpendapat bahwa mata ikan jenis ini disebabkan oleh adanya saluran keringat yang tersumbat.

mata ikan di telapak kaki - alodokter

Di mana pun letaknya, mata ikan dapat mengakibatkan rasa kurang nyaman melalui rasa sakit yang ditimbulkan tiap kali melangkah. Oleh karena itu, segera lakukan langkah-langkah penyembuhannya berikut ini.

Kunjungi dokter

Biasanya dokter akan merekomendasikan untuk membuang mata ikan. Dokter juga akan membantu mencarikan penyebab terjadinya mata ikan. Penyebab yang paling sering dari mata ikan di telapak kaki adalah penggunaan sepatu yang tidak benar, misalnya ukuran sepatu yang tidak pas, cara berjalan yang kurang benar, masalah kelainan bentuk jari kaki, masalah dengan postur tubuh, dan penggunaan sepatu hak tinggi yang berlebihan. Namun, mata ikan dapat kembali muncul apabila Anda tidak menghindari penyebab awalnya.

Tanyakan penggunaan antibiotik

Anda dapat melakukan penyembuhan mata ikan di rumah tanpa bantuan dokter. Namun, tanyakan pada dokter mengenai penggunaan antibiotik. Antibiotik berfungsi mencegah infeksi apabila Anda melakukan penyembuhan mata ikan sendiri.

Hilangkan mata ikan menggunakan batu apung

Anda dapat mencoba menyembuhkan mata ikan dengan batu apung. Caranya mudah, rendam kaki menggunakan air hangat selama 5-10 menit. Tujuannya agar mata ikan menjadi lebih lunak. Setelah itu, gosok mata ikan di telapak kaki menggunakan batu apung untuk mengikis kulitnya. Lakukan perawatan ini secara rutin sampai mata ikan hilang.

Menggunakan obat-obatan

Anda dapat membeli obat penghilang mata ikan di apotek. Ada juga penghilang mata ikan berupa plester yang ditempelkan langsung pada area mata ikan. Biasanya plester ini mengandung asam salisilat yang bersifat panas dan mungkin dapat membakar kulit. Agar kulit tidak sampai terbakar, baca cara pakainya dengan benar.

Mencegah Mata Ikan Datang Kembali

Mata ikan di telapak kaki dapat kembali lagi jika Anda tidak mencegah penyebabnya. Oleh karena itu, pahami dulu apa penyebabnya dan menghindarinya. Pakai kaus kaki tebal untuk menahan tekanan pada kaki. Pastikan di kaus kaki tidak terdapat jahitan yang berpotensi membuat gesekan. Gunakan sepatu dengan ukuran yang pas. Pilih model sepatu yang bagian depannya lebar dan alasnya memiliki bantalan empuk.

Selain itu, rutinlah mencuci kaki tiap hari menggunakan sabun dan gosok menggunakan sikat. Setelah itu oleskan krim khusus kaki agar tidak mengalami kekeringan.

Biasanya sepatu adalah penyebab utama kemunculan mata ikan, jadi Anda perlu memerhatikan saat membeli sepatu baru agar mata ikan di telapak kaki tidak menghantui. Sebagai tips, hindari membeli sepatu di pagi hari. Hal ini dikarenakan kaki akan sedikit membesar seiring berjalannya hari. Oleh karena itu belilah sepatu di sore hari ketika kaki mencapai bentuknya paling besar.