Cara Pakai Kondom yang Tepat agar Semua Aman dan Senang

Salah satu cara terbaik untuk melindungi diri dari infeksi menular seksual adalah dengan menggunakan kondom. Agar cara ini efektif, maka cara pakai kondom yang baik dan benar harus dipahami. Selain mencegah penularan infeksi menular seksual atau IMS, pemakaian kondom dinilai efektif guna mencegah terjadinya kehamilan yang tidak diinginkan.

Alat kontrasepsi ini sendiri merupakan penghalang yang terbuat dari karet lateks. Sebagian dari kondom berbahan lateks tersebut biasa disebut polyisoprene sintetis atau plastik yang sangat tipis, disebut dengan poliuretan.

cara pakai kondom yang tepat agar semua aman dan senang - alodokter

Inilah yang Wajib Diperhatikan

Sebelum tahu cara memakai kondom yang tepat, ada baiknya Anda mengetahui beberapa hal penting terkait penggunaan alat kontrasepsi yang satu ini. Hal-hal tersebut antara lain berupa anjuran dan larangan seperti:

  • Anjuran

Yang pertama, sebaiknya gunakan kondom tiap kali berhubungan intim, kecuali jika Anda sedang menjalani program kehamilan. Gunakan kondom sebelum memulai hubungan seksual. Sebelum memakainya, pastikan Anda membaca aturan pakai serta tanggal kedaluarsa yang tertera di kemasan. Pastikan bahwa kondom yang digunakan dalam keadaan yang baik alias tidak cacat dan tidak berlubang. Jika berniat menyimpan kondom yang belum digunakan, simpan di tempat yang sejuk dan kering. Gunakan kondom dari bahan yang sudah disetujui oleh institusi kesehatan, yaitu berbahan lateks atau poliuretan. Utamakan kondom yang dilengkapi pelumas berbasis air atau silikon untuk mencegah kerusakan.

  • Larangan

Hindari kondom yang mengandung spermisida karena bisa menyebabkan iritasi. Jangan memakai kondom berbasis minyak losion, petroleum jelly, minyak bayi, atau minyak goreng karena akan menyebabkan kondom mudah sobek. Jangan memakai kondom lebih dari satu dalam satu waktu. Yang terakhir, jangan menggunakan kondom lebih dari sekali. Dengan kata lain, segera buang kondom yang sudah digunakan.

Sebagai tindakan pencegahan, jangan disimpan di dalam dompet karena rentan mengalami gesekan dan terpapar suhu panas sehingga bisa merusak kualitas kondom.

Inilah Cara Tepat Memakai Kondom

Agar tujuan pemakaian kondom berupa mencegah kehamilan dan penularan penyakit seksual berhasil, ikutilah cara pakai kondom berikut.

  • Gunakan jari untuk mendorong kondom ke arah berlawanan dari bagian kemasan yang hendak disobek. Ini perlu dilakukan untuk menjaga kondom tidak ikut sobek saat dibuka.
  • Ambillah kondom dari kemasan memakai jari-jari Anda. Jepitlah ujung kondom guna mencegah adanya udara yang terperangkap di sana. Udara yang terperangkap berpotensi membuat kondom sobek.
  • Sambil memegang ujung bulat dari kondom, tempatkan kondom di atas kepala penis. Pastikan penis sudah ereksi sempurna saat dipakaikan kondom.
  • Posisikan kondom sehingga bagian yang digulung berada di luar.
  • Buka gulungan kondom dengan lembut ke arah bawah penis hingga menutup sempurna. Jika menurunkan gulungan kondom tidak bisa dilakukan, berarti pemakaiannya tidak tepat alias terbalik. Ambil kondom baru jika telah melakukan kesalahan tersebut dan mulai dari awal.
  • Ketika selesai berhubungan dan telah mengalami ejakulasi, segeralah cabut penis sebelum ereksinya hilang. Hal ini dilakukan guna mencegah kebocoran kondom di dalam vagina pasangan Anda.
  • Setelah penis sepenuhnya keluar, tarik kondom dari penis Anda secara perlahan-lahan agar sperma di dalamnya tidak tumpah.
  • Jika Anda hendak melakukan kontak seksual selanjutnya, cuci tangan dan gunakan kondom baru. Lakukan hal ini meski Anda tidak berniat ejakulasi lagi.

Dengan mengetahui cara pakai kondom yang tepat, rasa khawatir tertular penyakit seksual atau pasangan hamil bisa dihilangkan. Hilangnya rasa khawatir ini penting untuk mendukung rasa nikmat dan kepuasan saat melakukan hubungan seksual dengan pasangan Anda.