Cara Sehat Mengatasi Luka Lambung secara Alami

Terkikisnya lapisan dinding lambung berisiko menyebabkan terjadinya luka lambung, terutama pada bagian dindingnya. Kondisi ini kerap disebut sebagai tukak lambung. Alhasil, lapisan lendir yang melindungi perut dari cairan pencernaan dapat berkurang. Di sinilah asam pencernaan berbalik menggerogoti lapisan lambung sehingga bagian dinding terkikis.

Kondisi paling umum yang disebabkan oleh tukak lambung adalah nyeri ulu hati. Lansia di atas usia usia 60 tahun lebih berisiko mengalami kondisi semacam ini. Meskipun nyatanya, tukak lambung dapat terjadi pada semua usia. Sebenarnya luka lambung ini mudah diobati, namun jika pengobatannya tidak tepat justru akan memperparah keadaan.

luka lambung - alodokter

Sebelum berobat ke dokter, mengobati luka lambung ringan masih bisa dilakukan dengan cara alami. Perawatan-perawatan tersebut meliputi:

Konsumsi pisang

Terlepas dari kebenaran bahwa pisang tidak dapat menghilangkan luka lambung yang sudah ada, namun setidaknya pisang dapat melindungi lapisan perut sehingga dapat meringankan gejala sakit maag. Jadi apabila Anda mulai merasakan gejala-gejala sakit maag, mengonsumsi pisang secukupnya adalah pilihan yang tepat.

Makan ubi jalar putih

Makan ubi jalar yang berwarna putih dapat meringankan sakit maag. Penelitian telah membuktikan bahwa ubi jalar putih bersifat menyembuhkan luka.

Konsumsi madu murni

Memperbanyak konsumsi madu dapat membantu menyembuhkan luka lambung atau sakit maag. Madu adalah antibiotik alami yang bersifat antibakteri H. pylori yang menyebabkan sakit lambung. Beberapa sendok madu tiap hari sudah cukup membantu memulihkan kondisi lambung.

Konsumsi licorice

Seperti madu, akar manis (licorice) juga bisa dimanfaatkan untuk melawan bakteri H. pylori. Akar ini diambil ekstraknya kemudian dikonsumsi untuk membantu menyembuhkan sakit maag. Namun, Anda disarankan untuk berkonsultasi dahulu kepada dokter sebelum mengonsumsi ekstrak akar manis untuk menghindari efek samping yang mungkin membahayakan.

Utamakan makanan yang kaya antioksidan

Sembarang memilih makanan dapat membuat radikal bebas turut masuk ke lambung. Radikal bebas ini bersifat memecah lapisan pelindung lambung dan membuat kondisi maag memburuk. Karenanya, konsumsilah makanan yang kaya akan antioksidan yang pada dasarnya berfungsi menghancurkan radikal bebas. Jenis makanan yang kaya antioksidan, antara lain teh hijau, kacang-kacangan, cokelat, aneka jenis buah beri, jus delima, jus anggur, dan produk berbahan dasar tomat.

Lebih pertimbangkan makanan yang mengandung flavonoid

Flavonoid adalah senyawa organik. Seperti halnya zat antioksidan, flavonoid bersifat menghancurkan radikal bebas sehingga dapat melindungi lapisan perut. Makanan yang kaya flavonoid adalah apel, jeruk, stroberi, bluberi, tomat, teh hijau, teh hitam, teh oolong, dan buah persik.

Minum jus kubis

Mungkin terdengar aneh jika kubis dijadikan jus, namun khasiat minuman ini dinilai efektif dalam menyembuhkan luka lambung. Jus kubis mengandung bakteri penghasil asam laktat. Bakteri inilah yang kemudian secara alami melawan bakteri penyebab sakit pada lambung. Takaran jus kubis yang dianjurkan adalah 50 ml sebanyak dua kali sehari. Manfaat meminum jus kubis untuk mengatasi luka lambung menjadi lebih efektif ketika perut masih dalam keadaan kosong.

Perlu diperhatikan bahwa meskipun sudah berupaya merawat luka lambung dengan cara-cara alami yang juga menyehatkan, tetaplah rajin memantau perkembangan diri sendiri. Waspadai jika Anda mengalami muntah darah dengan kondisi darah berwarna merah, cokelat gelap, atau tampak bertekstur kasar menyerupai bubuk kopi. Selain itu, waspadai jika tinja bertekstur lengket dan berwarna gelap. Maka dari itu, disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan perawatan medis secara tepat.