Cara Senam Kegel Pria Ini Membuat Anda Kian Perkasa di Ranjang Cinta!

Senam kegel memang sangat identik dengan wanita. Namun tahukah Anda, manfaat latihan senam kegel juga dapat dirasakan oleh pria, loh! Lalu apa dan bagaimana senam kegel pria, dan apa saja manfaatnya? Mari simak ulasan berikut.

Seperti senam kegel pada wanita, senam kegel pria disebut juga sebagai latihan otot dasar panggul, yakni tindakan melakukan kontraksi secara berulang pada area otot pubococcygeus (PC). Latihan ini sangat baik untuk menguatkan otot yang berkaitan dengan fungsi seksual seperti otot PC yang terletak di area perineum, yakni di antara anus dan scrotum. Selain itu, senam kegel juga dapat memperkuat otot bulbocavernosus yang bertugas untuk mensuplai darah ke area penis selama ereksi, memompa saat ejakulasi, dan membantu mengosongkan uretra setelah buang air kecil.

Manfaat Senam Kegel Pria yang Perlu Anda Ketahui

Banyak faktor yang memengaruhi lemahnya otot panggul pada pria, antara lain faktor usia, operasi pengangkatan prostat (prostetektomi radikal), dan kondisi medis seperti diabetes dan kandung kemih yang terlalu aktif. Senam kegel pria bermanfaat untuk meningkatkan kualitas seksual pria, meningkatkan ereksi, membantu orgasme lebih intens, serta mengatasi disfungsi ereksi dan ejakulasi dini. Senam kegel pria juga bermanfaat untuk memperbaiki masalah inkontinensia urine dan inkontinensia feses. Dan mungkin yang paling penting, Anda tidak perlu membeli peralatan mahal untuk melakukan latihan ini.

Cara Melakukan Senam Kegel Pria

  • Temukan Otot Dasar Panggul. Sebelum melakukan senam kegel pria, Anda harus menemukan otot dasar panggul Anda dengan benar. Caranya, pada saat buang air kecil, cobalah untuk menghentikan atau memperlambat aliran air seni Anda. Otot-otot yang Anda gunakan untuk menghentikan aliran air seni tersebut adalah otot dasar panggul Anda.  Jika otot panggul sudah teridentifikasi, Anda dapat memulai latihan dengan posisi apa pun dan di mana pun. Untuk pemula, disarankan melakukan senam kegel pria dengan posisi berbaring.
  • Sempurnakan Teknik Anda. Kencangkan otot panggul Anda, tahan kontraksi selama tiga detik, dan kemudian rileks selama tiga detik. Cobalah beberapa kali dan berturut-turut. Ketika otot-otot mulai terasa lebih kuat, cobalah melakukan latihan senam kegel pria sambil duduk, berdiri atau berjalan.
  • Fokus. Tanpa menegangkan otot-otot kaki, perut, atau pantat Anda, fokuslah untuk mengangkat seluruh otot dasar panggul Anda ke atas. Yang paling penting, teruslah bernapas selama kontraksi otot dasar panggul Anda.
  • Ulangi Latihan. Untuk hasil terbaik, Anda bisa melakukan latihan senam kegel pria ini setidaknya dua kali sehari. Anda bisa melakukan satu sesi di pagi hari dan satu sesi di malam hari. Satu sesi terdiri dari 10–30 kontraksi, disertai dengan sesi relaksasi. Setiap sesi berlangsung selama 10 detik, terbagi menjadi 5 detik kontraksi dan 5 detik relaksasi. Anda juga bisa melakukannya dengan posisi berbeda dan di mana saja.
Jika Anda mengalami kesulitan melakukan latihan senam kegel pria ini, jangan malu untuk meminta bantuan atau berkonsultasi ke dokter agar penerapan senam kegel pria lebih terarah dan sesuai, serta bermanfaat untuk Anda.

Karena ini adalah strategi pengobatan yang tidak memerlukan resep, Anda dapat memulainya segera. Tetapi Anda perlu bersabar, karena umumnya, butuh waktu tiga sampai empat bulan untuk melihat hasilnya, seperti pada peningkatan dan ketahanan ereksi. Sedangkan untuk mengatasi inkontinensia urine, biasanya akan membaik dalam waktu tiga sampai enam minggu jika senam kegel pria dilakukan secara teratur.