Cari Tahu Arti di Balik Warna Urine Anda

Urine tidak hanya sekadar cairan yang keluar dari dalam tubuh Anda. Warna urine, banyaknya jumlah urine, hingga bau urine dapat menjadi tanda mengenai kondisi tubuh Anda. Kenali arti di balik kondisi urine Anda, dengan mengetahui arti di balik warnanya.

Warna urine normal adalah keemasan atau kuning muda, warna ini berasal dari pigmen tubuh yang disebut dengan urochrome. Sedangkan urine tanpa warna atau bening menandakan bahwa Anda sudah terhidrasi dengan cukup baik. Meski warna urine yang bening juga bisa disebabkan oleh konsumsi obat yang khusus mengeluarkan urine.

cari tahu arti di balik warna urine anda - alodokter

Sedangkan warna urine yang tidak biasa atau tidak normal dapat disebabkan oleh beragam masalah kesehatan atau dipengaruhi oleh apa yang Anda konsumsi. Misalnya makanan atau buah tertentu, konsumsi obat, dehidrasi, dan kondisi medis tertentu.

Kenali Arti Warna Urine

Berikut ini adalah beberapa warna urine beserta artinya yang perlu Anda ketahui, sebagai petunjuk mengenai kondisi kesehatan tubuh Anda.

  • Cokelat Tua
    Urine yang berwarna cokelat atau cokelat tua dapat menjadi tanda adanya masalah pada organ hati, serta dapat menjadi tanda bahwa Anda mengalami dehid rasi. Dehidrasi sendiri terjadi karena tubuh kehilangan lebih banyak cairan dibandingkan dengan yang masuk ke dalam tubuh Anda.
  • Orange
    Urine yang berwarna orange atau jingga dapat disebabkan oleh beberapa masalah. Antara lain, masalah kesehatan, dehidrasi dan konsumsi obat tertentu. Obat yang umumnya dapat menyebabkan urine berwarna orange yaitu obat kemoterapi, obat pencahar, obat anti inflamasi atau sulfasalazine, dan pyridium. Sedangkan kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan warna urine orange adalah gangguan pada hati atau saluran empedu yang disertai warna feses terlihat pucat.
  • Merah Muda atau Pink
    Jika Anda mengalami buang air kecil yang berwarna merah muda atau pink, cobalah untuk memerhatikan gejala lainnya. Pasalnya, warna urine seperti ini dapat disebabkan oleh makanan atau obat yang Anda konsumsi, darah serta tanda adanya penyakit tertentu. Misalnya saja infeksi saluran kemih, penyakit ginjal, tumor, atau masalah prostat. Obat-obatan tertentu untuk infeksi saluran kemih dan antibiotik rifampin juga bisa menyebabkan warna urine menjadi merah muda.
  • Hijau atau Biru
    Warna urine yang satu ini mungkin dapat membuat Anda cukup kaget. Warna seperti ini dapat disebabkan oleh kondisi medis yang cukup jarang terjadi, serta dapat disebabkan oleh obat asma dan propofol anestesi. Segera hubungi dokter jika warna urine Anda tidak kunjung kembali normal.

Perubahan warna urine dapat terjadi karena beberapa hal. Meski warna urine yang tidak biasa dapat disebabkan oleh obat atau makanan tertentu, disarankan untuk memperhatikan dengan baik kondisi urine Anda. Misalnya sudah berapa lama perubahan warna urine terjadi, adakah gejala lain yang menyertai, dan sebagainya. Perbanyaklah minum air mineral jika perubahan warna urine Anda terjadi karena dehidrasi.