Cari Tahu Fakta Buah untuk Batuk di Sini

Pada dasarnya, batuk tidak menjadi pertanda kepada penyakit serius, meski nyatanya sering kali batuk dianggap mengganggu kenyamanan penderita dalam menjalani aktivitas. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada berbagai macam buah-buahan untuk meredakan batuk.

Batuk merupakan respons alami tubuh dalam membersihkan saluran pernapasan dari dahak dan kehadiran benda-benda asing penyebab iritasi. Pada umumnya, batuk akan sembuh dalam waktu tiga minggu sehingga tidak membutuhkan konsumsi obat-obatan kimia. Di lain sisi, bagi yang ingin meredakan batuk lebih cepat melalui penanganan alami, Anda dapat mengonsumsi teh hangat atau mandi air panas, atau mengonsumsi buah-buahan tertentu.

cari tahu fakta buah untuk batuk di sini - alodokter

Mengonsumsi Buah-buahan untuk Menangani Batuk

Buah ternyata bisa menjadi alternatif dalam meredakan batuk yang dialami. Selain itu, Anda diuntungkan oleh berbagai nutrisi pada buah, seperti vitamin, fosfor, asam folat, dan mineral lainnya. Kandungan nutrisi buah-buahan pun mampu melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit lain. Nah, bagi Anda yang sedang batuk, berikut buah untuk batuk yang cocok dikonsumsi.

Nanas

Sebuah penelitian menunjukkan kandungan bromelain pada batang dan buah nanas dapat membantu meredakan batuk dengan cara meluruhkan dahak di tenggorokan. Khusus sebagai upaya untuk meredakan batuk, konsumsilah sepotong nanas atau sekitar 90 ml jus nanas segar sebanyak tiga kali sehari. Menilik kepada manfaat nanas lainnya, buah ini diklaim dapat meringankan sinusitis akibat alergi. Walaupun demikian, hal ini masih membutuhkan penelitian klinis lebih lanjut untuk membuktikannya.

Manfaat bromelain tidak hanya bisa didapat dari nanas saja, tetapi juga bisa dari suplemen bromelain. Namun, anak-anak dan pasien yang sedang menjalani terapi pengencer darah tidak dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen bromelain. Bagi yang sedang menjalani terapi antibiotik amoxicillin juga harus berhati-hati karena konsumsi suplemen bromelain berisiko meningkatkan penyerapan antibiotik tersebut.

Lemon

Perasan lemon yang dicampur dengan air hangat (atau teh hangat) dan madu dapat menenangkan tenggorokan dan meredakan batuk untuk sementara waktu. Kandungan perasan buah lemon yang terdapat pada minuman campuran madu dengan air hangat atau teh ini bermanfaat dalam melegakan tenggorokan. Anda pun bisa mengonsumsi minuman ini kapan saja, hanya saja jangan berikan madu kepada anak berusia di bawah satu tahun karena adanya risiko mengalami botulisme.

Anggur

Mulai dari buah, kulit, biji, hingga daun anggur dapat digunakan sebagai obat. Biji anggur dipercaya mampu mengatasi komplikasi diabetes, seperti gangguan pada saraf dan mata, penyembuhan luka, pencegahan kerusakan gigi, degradasi makula mata terkait usia, hingga pencegahan kanker. Untuk mendapatkan manfaat anggur sebagai buah untuk batuk, Anda dapat mengonsumsi buah anggur yang telah dikeringkan menjadi kismis.

Mengatasi Batuk di Rumah

Selain mengonsumsi buah untuk batuk, batuk juga bisa diatasi dengan:
  • Mandi air hangat

Mandi air hangat dapat mengatasi batuk sebagaimana menghirup uap dari air hangat ini dapat melonggarkan sekresi hidung sehingga batuk akibat flu ataupun alergi dapat mereda.

  • Tetap terhidrasi

Flu dan pilek merupakan penyebab munculnya cairan (ingus) berlebihan. Pada akhirnya, cairan ini akan mengalir ke bagian belakang tenggorokan dan memicu batuk. Pastikan tubuh terhidrasi dengan mengonsumsi air putih secukupnya sehingga lendir akan menjadi lebih encer dan tenggorokan tetap lembap.

  • Minum teh madu hangat

Bukti ilmiah menunjukkan, cara alami yang bisa dilakukan untuk mengatasi batuk adalah dengan meminum teh hangat yang dicampur dengan madu.

  • Hindari pewangi ruangan

Aroma yang ditimbulkan dari parfum dan pewangi ruangan juga dapat menyebabkan polusi udara, maka dari itu berpengaruh buruk terhadap pernapasan. Pasalnya, aroma dari parfum dan pewangi ruangan dapat memicu produksi lendir berlebih sehingga berisiko menyebabkan batuk kronis.

Mengatasi batuk secara alami dan mengonsumsi buah untuk batuk bisa menjadi pilihan. Namun, jika batuk tidak kunjung sembuh dan tidak juga teratasi, segera konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui penyebab dan mendapatkan penanganan lebih lanjut.