Cari Tahu Jenis dan Obat Eksim Basah yang Tepat

Masyarakat kemungkinan lebih mengenal istilah eksim basah, dibandingkan nama medisnya yaitu ulkus kulit. Gejalanya berupa luka terbuka pada kulit yang lama sembuh dan kerap muncul kembali. Perlu untuk mengetahui jenisnya, agar dapat menentukan obat eksim basah yang tepat.

Ulkus kulit dapat muncul di mana saja pada kulit Anda, baik di bagian dalam maupun luar tubuh. Sebagian ulkus kulit dapat sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan, namun jika sudah dalam tahap serius harus dilakukan pengobatan.

Jenis Eksim Basah Berdasarkan Penyebab

Terdapat tiga jenis eksim basah atau ulkus kulit yang kerap terjadi yaitu :

  • Ulkus kaki diabetik Ulkus jenis ini gejalanya berupa luka berwarna kemerahan. Gejala lain berupa bengkak, iritasi dan bau tidak sedap dari kaki. Biasanya ulkus kaki diabetik sering terjadi pada bagian bawah kaki atau di bawah ibu jari kaki. Ulkus kaki diabetik terjadi pada penderita diabetes, di mana terdapat gangguan pada peredaran darah dan rsaraf, terutama pada tungkai dan kaki.
  • Ulkus karena tekanan Ulkus yang terjadi karena adanya tekanan yang kuat dalam waktu singkat, atau tekanan yang lebih ringan dalam waktu panjang. Jenis eksim basah ini sering terjadi pada orang yang pingsan atau mengalami kelumpuhan sehingga tidak bisa melakukan perubahan posisi dalam waktu lama. Ulkus karena tekanan mempunyai ciri adanya bercak perubahan warna pada kulit dan luka yang terbuka hingga dapat memperlihatkan tulang dan otot.
  • Ulkus karena gangguan sirkulasi darah Ulkus ini disebabkan karena adanya penyempitan atau penyumbatan sirkulasi darah balik (vena) pada tungkai. Akibatnya sirkulasi darah tidak lancar dan darah pada kaki tidak dapat dialirkan kembali ke jantung.
Gejalanya berupa rasa gatal, terbakar, bengkak, ruam, perubahan warna kulit dan berbau di sekitar luka. Jika terinfeksi, dapat menyebabkan penderitanya demam, luka semakin terasa sakit hingga munculnya nanah.

Cara Mengatasi Eksim Basah

Jenis ulkus di atas dapat diobati tergantung dari penyebabnya. Berikut obat eksim basah dan penanganan lainnya yang biasa diberikan oleh dokter, dilihat dari jenisnya:

  • Obat-obatan Umumnya untuk luka yang mengalami infeksi dokter akan memberikan antibiotik. Selain itu, bisa juga diberikan obat tambahan seperti antiplatelet atau obat antikoagulan (anti-clotting medication), tergantung jenis dan penyebab ulkus. Sementara itu, pemberian krim dan salep yang dioles pada kulit, dapat mempercepat proses penyembuhan serta mencegah kerusakan kulit lebih lanjut. Obat-obatan untuk mengontrol gula darah juga harus diberikan pada penderita eksim basah akibat diabetes.
  • Perawatan luka dengan perban Perban yang dirancang khusus untuk melindungi ulkus dari tekanan dapat mempercepat penyembuhan. Perban dengan hidrokoloid yang mengandung gel khusus dapat membantu pertumbuhan sel kulit baru dan mencegah penyebaran. Sedangkan perban dengan alginate yang terbuat dari rumput laut dan mengandung sodium dan kalsium dapat mempercepat penyembuhan. Demikian perban dianggap efektif untuk ulkus di pembuluh darah. Tekanan dari perban akan meningkatkan sirkulasi darah, sehingga hingga luka lebih cepat sembuh. Perawatan luka pada kasus eksim basah harus dilakukan secara rutin hingga luka membaik.
  • Operasi Untuk mengurangi tekanan di sekitar ulkus, dokter dapat melakukan pembedahan atau prosedur operasi dengan menghilangkan kelainan bentuk kaki seperti bunions atau hammertoes. Operasi juga dapat dilakukan untuk mengatasi sumbatan pada pembuluh darah, bila diperlukan. Prosedur operasi tidak perlu dilakukan jika pilihan pengobatan lainnya dapat membantu penyembuhan ulkus.
Sebelum menggunakan obat eksim basah atau ulkus kulit, sebaiknya Anda memberitahukan kepada dokter terlebih dahulu jika memiliki kondisi kesehatan lain yang dapat meningkatkan risiko infeksi, seperti HIV dan penyakit hati.