Cari Tahu Penyebab Benjolan di Pergelangan Tangan

Munculnya benjolan di pergelangan tangan bisa menjadi pertanda Anda menderita kista ganglion. Kista ganglion dinilai tidak berbahaya dan bisa hilang dengan sendirinya, tapi jika timbul rasa sakit, Anda bisa melakukan penanganan medis, seperti mengeluarkan cairan benjolan dengan suntikan atau operasi pengangkatan untuk menghilangkan benjolan tersebut.

Tidak hanya di pergelangan tangan, benjolan yang diindikasikan sebagai kista ganglion dapat muncul di area tubuh lain yang dekat dengan sendi. Hanya saja tangan, jari dan pergelangan tangan, khususnya pada sisi belakang pergelangan, menjadi lokasi paling umum munculnya kista ganglion.

cari tahu penyebab benjolan di pergelangan tangan - alodokter

Benjolan di pergelangan tangan ini muncul karena adanya kebocoran cairan sinovial sehingga terkumpul di sebuah kantung dan membentuk benjolan. Cairan yang memiliki tekstur kental layaknya jeli ini sebenarnya memiliki fungsi untuk melumasi serta melindungi sendi atau tendon selama bergerak.

Cara Menghilangkan Benjolan di Pergelangan Tangan akibat Kista Ganglion

Meskipun harus memakan waktu beberapa tahun, benjolan di pergelangan tangan bisa hilang dengan sendirinya tanpa perlu adanya pengobatan. Biasanya, dokter akan menganjurkan penderita untuk menghindari menggerakkan pergelangan tangan secara berulang dan menggunakan penyangga sampai kista mengecil. Saran ini biasanya akan diberikan jika benjolan atau kista tidak menimbulkan rasa sakit. Jika kista atau benjolan menimbulkan rasa sakit dan nyeri, dokter akan mempertimbangkan untuk melakukan tindak medis seperti:

  • Aspirasi atau penyuntikan cairan keluar

Ini merupakan tindak medis paling sederhana dan tidak menimbulkan rasa sakit. Adapun tindak medis aspirasi dilakukan dengan menyedot cairan yang terdapat dalam kista menggunakan jarum suntik. Meski pengobatan aspirasi yang biasanya menjadi rekomendasi utama telah berhasil, kemungkinan kista muncul kembali tidak dapat terhindarkan. Untuk itu, terkadang tindak medis ini akan disertai dengan penyuntikan cairan steroid guna mencegah munculnya kembali kista tersebut.

  • Operasi

Terdapat dua jenis operasi yang bisa menjadi pilihan dalam menghilangkan kista di pergelangan tangan. Yang pertama adalah operasi terbuka. Operasi ini dilakukan dengan menyayat sekitar 5 cm bagian yang terdapat kista guna mengeluarkan kista tersebut. Operasi kedua yang bisa dilakukan adalah operasi artoskopi. Operasi ini dilakukan dengan membuat sayatan kecil untuk  memasukkan kamera kecil atau arthroscope ke dalam sendi atau tendon. Arthroscope ini juga akan menjadi alat panduan untuk menghilangkan kista ganglion.

Penyebab Benjolan di Pergelangan Tangan

Belum diketahui degan pasti apa penyebab munculnya benjolan di pergelangan tangan. Tapi, beberapa faktor ditengarai menjadi pemicu benjolan ini muncul, seperti:

  • Menderita penyakit osteoarthritis

Penderita osteoarthritis pada bagian sendi-sendi tangan yang berdekatan dengan kuku jari memiliki risiko lebih tinggi terkena kista ganglion

  • Mengalami cedera sendi

Sendi atau tendon yang pernah cedera, lebih mungkin untuk berkembang menjadi kista ganglion

  • Wanita berusia 20-40 tahun

Seorang wanita pada masa-masa ini memiliki risiko lebih besar untuk mengalami kista ganglion.

Selain kista ganglion, terdapat kemungkinan benjolan kecil di tangan adalah kutil yang disebabkan oleh human papilloma virus (HPV). Kutil adalah penyakit menular, tetapi tidak berbahaya dan bisa hilang meski tanpa menjalani terapi. Oleh karena itu, disarankan untuk menemui dokter demi mendapatkan diagnosis dan solusi yang tepat.