Cat Rambut yang Bagus Tergantung Keamanan dan Cara Pemakaian

Salah satu syarat yang harus dimiliki cat rambut yang bagus adalah memiliki tingkat keamanan yang terjamin dari segi kesehatan. Hal tersebut wajib dimiliki karena menurut berbagai penelitian, bahan-bahan untuk membuat produk ini kemungkinan bisa terkait dengan pertumbuhan beberapa jenis sel kanker pada pemakainya.

Selain mewaspadai hal di atas, menentukan cat rambut yang bagus sebaiknya jangan berfokus pada jenis cat, namun pada pemakainya. Maksudnya, alih-alih berfokus pada keunggulan produk, pemakai justru lebih baik berfokus kepada kecocokan produk tersebut terhadap diri sendiri. Hal ini penting mengingat produk untuk membuat mewarnai rambut ini rentan menyebabkan alergi pada beberapa orang-orang.

cat rambut yang bagus tergantung keamanan dan cara pemakaian - alodokter

Gangguan kesehatan kulit yang diakibatkan oleh kontak dengan cat rambut disebut dengan dermatitis kontak. Jika ini terjadi, cat rambut berisiko membuat kulit menjadi merah, kering, dan mengalami iritasi. Produk pewarna rambut permanen dan semipermanen sering mengandung bahan kimia yang bernama paraphenylenediamnine (PPD). Bahan tersebut biasanya merupakan pencetus iritasi dan turut memicu alergi.

Agar hal tersebut tidak terjadi, maka beberapa tindakan berikut perlu dilakukan untuk menghindari diri dari efek negatif mewarnai rambut.

  • Sebaiknya lakukan tes alergi sebelum menerapkan pewarna pada rambut.
  • Pakailah sarung tangan saat menggunakan produk pewarna ram
  • Jangan mencampurkan produk pewarna rambut yang berbeda.
  • Jangan sekali-kali mewarnai alis atau bulu mata karena bisa membahayakan indera penglihatan pemakainya.
  • Hindari mendiamkan pewarna rambut di kepala melebihi waktu yang disarankan, selalu ikuti tata cara pemakaian produk di kemasan. Bilas kulit kepala dengan air secara menyeluruh sebagai langkah pembersihan terakhir.
Tindakan yang Sebaiknya Dihindari

Cat rambut yang bagus sekalipun tidak akan menghasilkan penampilan secara optimal jika pemakaiannya tidak dilakukan dengan benar. Agar pengecatan rambut tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan, maka hindari hal-hal di bawah ini.

  • Jangan berpatokan pada kemasan

Iklan pada kemasan sering memberikan gambaran yang berlebihan mengenai hasil yang bisa didapat. Jangan langsung percaya kepada hal itu karena bisa jadi hasilnya akan berbeda jika diaplikasikan pada diri seseorang.

Ingatlah bahwa kondisi tiap orang berbeda-beda dan unik, demikian juga dengan warna alami rambut. Selain itu, cara pengolahan yang berbeda kemungkinan memberi hasil yang berbeda.

  • Memakai cat rambut semuanya sekaligus

Mengaplikasikan pewarna rambut dari akar hingga ke ujung rambut sekaligus mungkin terlihat masuk akal, padahal hal tersebut merupakan cara yang tidak dibenarkan. Jika itu dilakukan, maka warna rambut akan sangat pekat.

  • Jangan sampai belepotan

Untuk menghindarkan pewarna rambut berceceran ke kulit wajah, maka cobalah menggunakan petrolleum jelly di sekitar garis rambut yang hendak diwarnai. Jika pewarna rambut tetap mengenai kulit, maka gunakan pembersih make-up berbahan dasar minyak untuk memecah dan menghapus noda.

  • Jangan langsung dicuci

Waktu yang direkomendasikan untuk mencuci rambut yang telah diwarnai adalah dua hari. Hal ini agar tingkat pH dari bahan pewarna rambut bisa kembali seimbang dan minyak alami dalam rambut bisa kembali terbentuk. Jika rambut langsung dicuci setelah diwarnai, maka dikhawatirkan akan memudarkan warna. Selain itu, hindari membilas dengan air panas karena akan membuka kutikula rambut.

Keamanan dan cara pakai yang baik akan membuat cat rambut yang bagus tidak sia-sia digunakan. Selain itu, perhatikan bahwa hasil yang baik dari sebuah produk ditentukan oleh seberapa benar seseorang mengaplikasikannya.