Catatan Penting Usai Operasi Jantung

Operasi jantung termasuk jenis operasi besar. Usai melakukan operasi pada organ vital ini, Anda akan menerima beberapa catatan penting dari dokter yang harus Anda lakukan di rumah guna mengatasi efek pascaoperasi serta membantu mempercepat proses pemulihan.

Lantas, apa saja yang harus Anda lakukan usai menjalani operasi jantung?

catatan penting usai operasi jantung

Proses pemulihan usai operasi jantung biasanya memakan waktu sekitar satu setengah hingga dua bulan, namun jangka waktu ini bisa berbeda pada tiap individu. Usai menjalani bedah ini, aktivitas harian Anda pun akan sedikit berubah. Anda belum bisa beraktivitas seperti sedia kala hingga kondisi Anda mulai membaik.

Untuk mempercepat proses pemulihan, ada baiknya Anda menjalani aktivitas harian sesuai catatan yang diberikan dokter kepada Anda, seperti:

Cara berpakaian. Untuk sementara waktu, hindari memakai pakaian ketat yang bisa menekan atau bergesekan dengan bekas luka sayatan operasi.

Mandi. Jika Anda hobi mandi sambil berendam air hangat, sebaiknya hindari hal tersebut selama masa pemulihan. Aktivitas ini bisa kembali Anda lakukan hingga luka sayatan pascaoperasi sembuh.

Tidur yang nyaman. Salah satu efek yang ditimbulkan pascaoperasi jantung yaitu sulit tidur dengan nyenyak. Hal ini bisa terjadi lantaran Anda merasakan sakit pada area operasi. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi obat penghilang rasa sakit sekitar 30 menit sebelum tidur. Hal lain yang bisa Anda lakukan untuk mendapat tidur nyenyak yaitu menyetel lagu-lagu yang bisa membuat Anda rileks dan hindari minuman berkafein seperti kopi, teh, atau minuman kola.

Menyetir. Disarankan untuk tidak menyetir mobil selama satu setengah hingga dua bulan setelah operasi. Namun Anda diperbolehkan untuk menjadi penumpang. Hal ini berlaku pula untuk kendaraan beroda dua. Periode waktu ini dianjurkan untuk membantu memulihkan kondisi tulang dada Anda. Dokter pun menyarankan untuk keluar dari mobil tiap dua jam lalu berjalan-jalan sekitar beberapa menit ketika bepergian dengan mobil dalam waktu lama.

Pola makan. Usai menjalani operasi, biasanya nafsu makan Anda akan membutuhkan waktu untuk kembali seperti semula. Meski begitu, cobalah isi perut Anda dengan porsi lebih kecil, namun lebih sering. Anda juga disarankan untuk menjalani pola makan yang sehat untuk membantu proses penyembuhan seperti mengonsumsi makanan rendah lemak dan makanan rendah atau tanpa garam. Pola makan ini bisa mengurangi risiko terkena serangan jantung atau menjalani operasi lagi di kemudian hari. Jika Anda masih kurang paham pola makan sehat tersebut, Anda bisa berkonsultasi kepada dokter.

Berhubungan seks. Untuk sebagian orang, kegiatan seks bisa dilakukan setelah tiga minggu setelah pulang dari rumah sakit. Namun itu kembali lagi pada kondisi Anda. Anda bisa kembali berhubungan seks jika Anda merasa nyaman atau untuk lebih jelasnya Anda bisa minta saran dari dokter.

Menerima tamu. Sebaiknya batasi menerima tamu pada minggu-minggu awal usai operasi.
Kembali kerja. Pada umumnya, seseorang yang baru saja menjalani operasi jantung memerlukan waktu sekitar dua hingga tiga bulan sebelum bisa mulai kembali kerja. Hal ini juga tergantung pada jenis pekerjaan pasien. Diskusikan dengan dokter Anda sebelum kembali pada kerjaan Anda.

Aktivitas lainnya. Selama masa pemulihan ini (enam minggu pertama), Anda diperbolehkan untuk menaiki tangga (atas izin dokter), memasak, jalan-jalan seperti ke mal, menyiram tanaman, mencuci piring dan pekerjaan rumah tangga yang ringan lainnya. Namun jangan berdiri di satu tempat lebih dari 15 menit. Jangan pula mengangkat benda-benda berat, lebih dari 4 kg.

Hal Lain yang Perlu Anda Perhatikan

Pascaoperasi jantung, Anda harus teliti membersihkan area luka sayatan guna mempercepat penyembuhan dan mencegahnya dari infeksi. Ikuti semua petunjuk dari dokter di antaranya adalah:

  • Bersihkan luka tanpa mengangkat plester tiap hari. Usap area luka dengan lembut menggunakan sabun lalu bilas dengan air hangat.
  • Luka sayatan ini mudah terbakar dan bisa menghitam jika terkena sinar matahari. Untuk menghindari hal itu, sebaiknya jauhkan luka dari paparan sinar matahari selama satu tahun pertama usai operasi.
  • Jangan mengolesi area luka dengan krim, bedak atau salep kecuali diresepkan oleh dokter.

Hal normal jika Anda merasakan gatal, nyeri, mati rasa atau menemukan benjolan pada luka. Seiring berjalannya waktu dan dengan bantuan obat, kondisi itu akan hilang dengan sendirinya. Namun, segera hubungi dokter jika area luka bertambah bengkak, nyeri, atau memerah.

Kemungkinan besar Anda sudah mulai bisa menjalani aktivitas normal setelah tiga bulan pascaoperasi. Tapi jika ragu, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.