Cek Jenis Kelainan Tulang di Sini

Tulang memiliki peranan yang sangat penting, karena merupakan organ yang membentuk kerangka tubuh Anda. Kelainan pada tulang tentu dapat mengganggu berbagai fungsi tubuh dan berdampak pada kesehatan Anda. Apa saja jenis kelainan tulang yang bisa terjadi?

Salah satu fungsi tulang adalah dapat membantu Anda bergerak. Tulang terdiri dari kalsium fosfat dan kalsium karbonat, yang memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan kalsium. Tulang juga memainkan peran besar dalam menjaga keseimbangan kalsium dalam darah Anda.

bone defect

Jenis Kelainan Tulang

Kelainan tulang memang kerap mengganggu aktivitas Anda, hal ini karena fungsi tulang yang seharusnya berjalan secara normal menjadi tidak normal. Beberapa penyakit yang bisa menyebabkan Anda mengalami kelainan tulang, di antaranya:

  • Osteoporosis Penyakit ini dapat menyebabkan tulang menjadi lemah dan rapuh. Seiring bertambahnya usia, kepadatan tulang akan berkurang lebih cepat dibanding dengan pembentukan tulang barunya. Osteoporosis terjadi ketika pembentukan tulang baru tidak dapat mengimbangi kerusakan pada tulang yang lama, sehingga terjadi kekeroposan. Jika penyakit ini tidak diobati dengan segera, maka dapat memudahkan terjadinya patah tulang yang sering terjadi pada pinggul, pergelangan tangan, atau tulang belakang.
  • Rakitis dan Osteomalacia Rakitis adalah suatu kondisi yang memengaruhi perkembangan tulang pada anak-anak. Hal ini menyebabkan tulang menjadi lunak dan lemah, yang dapat menyebabkan kelainan bentuk (deformitas) tulang. Pada orang dewasa, rakitis dikenal sebagai osteomalacia atau tulang lunak. Pasalnya, rakitis dapat menyebabkan nyeri tulang, pertumbuhan yang buruk, dan kelainan bentuk kerangka. Seperti kaki bengkok; tulang belakang membungkuk; dan penebalan tulang pada pergelangan kaki, tangan, dan juga lutut. Penyebab rakitis adalah kurangnya vitamin D atau kalsium, karena vitamin D sangat penting untuk penyerapan kalsium dan pembentukan tulang yang kuat dan sehat pada anak-anak. Dalam kasus yang jarang terjadi, anak-anak juga bisa terlahir dengan rakitis yang disebabkan oleh faktor keturunan.
  • Osteogenesis imperfecta Osteogenesis imperfecta (OI) adalah kelainan genetika di mana tulang mudah patah. Terkadang, tulang patah terjadi tanpa alasan. OI juga dapat menyebabkan lemah otot, gigi rapuh, tulang belakang melengkung, dan kehilangan pendengaran. Kelainan tulang ini disebabkan oleh salah satu gen yang tidak bekerja dengan baik.
  • Penyakit Paget Penyakit Paget merupakan kelainan kronis pada tulang. Seringkali penyakit ini tidak menimbulkan gejala. Penyakit Paget menyebabkan nyeri pada tulang atau sendi, sakit kepala, kehilangan pendengaran, tekanan pada saraf, serta membuat ukuran kepala lebih besar. Seseorang yang mengalami penyakit ini cenderung memiliki tulang yang terbentuk tidak normal, lebih besar, tidak padat, rapuh, dan rentan terhadap kerusakan (fraktur). Penyakit ini mengganggu siklus normal pembaharuan tulang dan menyebabkan tulang menjadi lemah serta mungkin mengalami kelainan bentuk.
  • Infeksi tulang (osteomielitis) Infeksi pada tulang disebut osteomielitis. Kondisi ini dapat terjadi ketika bakteri atau jamur menyerang tulang. Pada anak-anak, infeksi tulang yang paling umum terjadi pada lengan dan kaki. Pada orang dewasa, infeksi ini muncul di bagian pinggul, tulang belakang, dan kaki. Jika dibiarkan, infeksi tulang dapat membuat tulang menjadi rusak secara permanen. Adapun gejalanya seperti demam, mudah marah, kelelahan, mual, nyeri dan kemerahan di daerah infeksi, pembengkakan di sekitar tulang yang terinfeksi, dan gangguan dalam bergerak.
  • Tumor tulang Ketika sel-sel tidak normal dan tidak terkendali, mereka dapat membentuk suatu massa atau gumpalan jaringan yang disebut tumor. Tumor pada tulang bisa bersifat jinak, maupun bersifat ganas (kanker) yang dapat menyebar ke seluruh jaringan tubuh Anda. Penyebab tumor tulang tidak diketahui. Namun tumor sering terjadi ketika bagian tubuh tengah berkembang secara cepat. Beberapa jenis tumor tulang diantaranya adalah enchondroma, giant cell tumor, hingga tumor tulang ganas seperti osteosarcoma.
Kelainan tulang bisa terjadi pada siapa saja, termasuk juga Anda. Untuk menghindari kelainan tulang atau penyakit yang berhubungan dengan tulang, Anda harus memastikan bahwa tulang Anda selalu sehat, caranya:
  • Sertakan asupan kalsium yang banyak pada makanan Anda. Sumber makanan yang tinggi kalsium di antaranya adalah susu, kacang almond, brokoli, kale, ikan salmon kalengan dengan tulang, ikan sarden, dan produk olahan kedelai seperti tahu.
  • Perhatikan kebutuhan vitamin D Anda. Beberapa sumber makanan yang mengandung vitamin D yaitu ikan tuna dan sarden, kuning telur, dan susu. Sinar matahari juga berkontribusi terhadap produksi vitamin D pada tubuh Anda.
  • Sertakan aktivitas fisik dalam rutinitas Anda. Beraktivitas seperti berjalan kaki, jogging, bermain tenis, dan naik tangga dapat membantu Anda membangun tulang yang kuat dan memperlambat tulang keropos (osteoporosis).
  • Selain itu, Anda disarankan untuk berhenti merokok dan dianjurkan menghindari minum minuman beralkohol.
Jika Anda mengalami kelainan tulang, segeralah konsultasikan pada dokter Anda untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.