Coba 6 Trik Ini agar Persalinanmu Berjalan Lancar

Tidak ada yang bisa memprediksi jalannya persalinan yang akan kamu lalui, meski dokter sekalipun. Namun, setidaknya ada beberapa trik yang bisa kamu lakukan agar persalinanmu berjalan lancar.

Tiap wanita pasti menginginkan proses persalinannya berjalan lancar, namun sayangnya hal tersebut tidak bisa didapat dengan sekejap dan tanpa usaha. Kamu harus mempersiapkannya sejak jauh-jauh hari sebelum waktunya tiba.

Coba 6 Trik Ini agar Persalinanmu Berjalan Lancar

Berikut ini 6 trik yang bisa kamu praktikkan agar persalinanmu berjalan lancar.

Sudah tahu seluk-beluk dunia persalinan. Sebelum proses persalinan tiba, kamu disarankan untuk mempelajari segala hal yang berkaitan dengan persalinan:

Kamu bisa menanyakannya kepada dokter kandunganmu atau membaca artikel-artikel tentang persalinan. Jika masih belum paham, kamu bisa mengikuti kelas untuk ibu hamil.

Mengetahui seluk-beluk dunia persalinan bisa membuatmu lebih siap dari segi fisik dan mental dalam menghadapi momen besar ini dan otomatis persalinanmu pun dapat berjalan lebih mudah.

Tubuh harus fit. Proses persalinan akan menyita banyak tenaga, apalagi jika ini pengalaman pertamamu. Agar dapat lancar dalam menjalaninya, kamu dituntut untuk memiliki tubuh yang fit. Dengan memiliki tubuh yang fit, kemungkinan kamu untuk mendapat intervensi medis saat bersalin juga menjadi lebih kecil.

Kondisi tubuh seperti ini bisa diperoleh dengan rutin berolahraga semasa kehamilan. Cobalah untuk jalan santai di waktu luang pada sore hari, berenang, atau mengikuti senam yoga untuk ibu hamil.

Jangan lupa makan. Proses panjang dan melelahkan akan kamu lalui. Jadi persiapkanlah tubuhmu sebaik-baiknya. Salah satunya dengan memberi asupan yang tepat pada tubuhmu selama proses persalinan berlangsung. Kamu bisa mengonsumsi makanan ringan pada tahapan pertama persalinan (fase awal) saat kamu masih di rumah.

Pilih makanan yang mudah dicerna dan bebas lemak. Makan secukupnya saja karena terlalu kekenyangan bisa membuatmu merasa mual dan menyebabkan muntah ketika memasuki fase aktif persalinan. Makanan yang direkomendasikan adalah sereal, biskuit, sup, yoghurt, atau roti isi.

Jangan lupa perbanyak minum air putih karena kontraksi otot dan napas yang berubah menjadi cepat bisa membuatmu kehilangan banyak cairan dengan cepat.

Jangan berbaring terus-menerus. Kamu disarankan untuk sesekali berdiri tegak selama mendekati persalinan. Posisi berdiri tegak bisa membuat kepala bayi menekan leher rahim, yang mana hal ini bisa membantu pembukaan lebih cepat. Jadi, jangan menghabiskan waktu dengan hanya berbaring di tempat tidur. Jika memang kamu lelah, kamu bisa duduk di tempat tidur, namun tidak perlu berbaring.

Oia, kamu disarankan untuk membiasakan diri dengan posisi tubuh tegak atau melawan gravitasi sejak beberapa minggu sebelum persalinan.

Punya pendamping persalinan. Memiliki seorang pendamping memiliki banyak manfaat untukmu, seperti memberi dukungan kepada, menjadi juru bicara ketika kamu sedang tidak berdaya, dan membantu mengingatkan ketika kamu lupa teknik-teknik melahirkan. Ketiga hal tersebut bisa mempermudahmu menjalani persalinan.

Sang Pendamping bisa suami, keluarga, atau teman. Siapa pun orangnya, pastikan bahwa dia sudah tahu rencana persalinan yang ingin kamu jalani dan pastikan dia sudah tahu seluk-beluk mengenai dunia persalinan.

Ikuti semua arahan tim medis. Kamu mungkin sudah memiliki beberapa rencana persalinan yang akan diterapkan pada hari H, namun tidak ada yang tahu bagaimana kondisimu saat harinya tiba. Jadi kamu disarankan untuk tetap fleksibel dalam menjalani persalinan dan memercayakan semuanya kepada tim medis.

Tetaplah tenang ketika menjalani persalinan dan tidak perlu membayangkan hal-hal menyeramkan. Bayangan-bayangan semacam itu justru bisa membuatmu ketakutan dan menghambat proses melahirkan Si Kecil ke dunia. Intinya, kamu harus percaya pada diri sendiri bahwa kamu bisa melakukannya. Dengan begitu, seluruh tubuhmu dapat tersugesti untuk siap dalam menjalani persalinan.