Coba Minuman Pelancar Haid Berikut ini

Kelancaran haid merupakan salah satu hal yang penting bagi seorang perempuan. Tidak jarang perempuan akan rutin membeli minuman pelancar haid, baik untuk menghitung masa subur maupun demi alasan kesehatan. Padahal, sebenarnya minuman ini dapat diolah sendiri di rumah.

Haid tidak lancar atau haid yang tidak teratur adalah masa menstruasi yang terjadi lebih lambat, lebih cepat, atau bahkan terlambat hingga beberapa bulan. Kondisi ini dapat disebabkan oleh beragam hal seperti penggunaan alat kontrasepsi, pola hidup, kehamilan, tiroid, atau sindrom ovarium polikistik. Untuk mengatasinya tentu disesuaikan dengan penyebabnya.

coba minuman pelancar haid berikut ini - alodokter

Namun ada juga olahan yang dipercaya dapat membantu wanita mengatasi masalah haid yang tidak lancar. Berikut ini adalah beragam bahan alami yang bisa Anda minum sebagai minuman pelancar haid:

  • Jahe Mengonsumsi jahe dipercaya dapat membantu dalam mengatasi haid yang terlambat. Anda dapat mengonsumsinya sebagai minuman jahe atau dicampur dengan teh. Minyak esensial jahe juga dipercaya dapat memperlancar aliran dan sirkulasi darah, sehingga dapat menjadikannya salah satu obat untuk mengatasi otot yang lelah, menenangkan sakit otot, dan mengatasi kram.
  • Biji wijen Dengan kandungan lignan yang terdapat di dalam biji wijen, diperkirakan biji wijen dapat membantu dalam mengikat hormon dan menyeimbangkan kadar hormon. Selain itu, kandungan asam lemak dalam biji wijen juga dipercaya dapat membantu tubuh memproduksi hormon. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa langsung memakannya atau menghancurkannya terlebih dahulu hingga menjadi bubuk. Sebelum menyantap biji wijen, Anda dapat memanggangnya terlebih dahulu untuk cita rasa yang lebih nikmat.
  • Kayu manis Tidak hanya jahe yang dapat memberikan efek hangat. Kayu manis ternyata juga memiliki efek hangat yang diperkirakan dapat membantu dalam mengatur siklus menstruasi. Sehingga, kayu manis dapat mengurangi nyeri kram menstruasi. Dengan kandungan hydroxychalcone yang terdapat di dalamnya, kayu manis juga diperkirakan dapat membantu mengatur insulin dalam tubuh, sehingga haid lebih teratur. Untuk penyajiannya, Anda bisa masukkan setengah sendok teh kayu manis bubuk ke dalam segelas susu. Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan kayu manis ke dalam minuman teh sebagai minuman pelancar haid.
  • Kunyit Bahan alami lainnya yang dapat diolah menjadi minuman pelancar haid adalah kunyit. Kunyit merupakan salah satu herbal yang memberikan efek hangat, sehingga dapat mengatur hormon dan menstruasi. Kunyit diperkirakan dapat merangsang kelancaran haid. Anda dapat mengonsumsi kunyit dengan mencampurkan bubuk kunyit dengan air, atau dengan segelas susu.menstruasi, herba
Meski dipercaya dapat mengatasi masalah haid yang tidak lancar, bahan-bahan di atas masih memerlukan lebih banyak penelitian. Jika haid yang tidak lancar membuat Anda begitu khawatir atau muncul gejala lain, cobalah untuk mengonsultasikan hal tersebut kepada dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.