Daftar Buah yang mengandung Vitamin A dan Manfaat Lain yang Menyertainya

Kebutuhan Vitamin A dapat diperoleh dari makanan yang bervariasi dan seimbang. Berdasarkan sumbernya, vitamin A terbagi menjadi dua. Pertama yang berasal dari binatang dan produk olahan susu, serta yang berasal dari sayuran dan buah. Namun, kebanyakan vitamin A kita dapatkan dari sayuran dan buah.

Vitamin A terdapat pada hampir seluruh jenis buah dan memiliki fungsi penting dalam menjaga penglihatan, menjaga sistem kekebalan tubuh, dan mendukung pertumbuhan sel. Kebutuhan harian vitamin A untuk pria sekitar 0,6 mg, sedangkan untuk wanita 0,5-0,6 mg. Kebutuhan vitamin A pada wanita akan bertambah 0,3-0,35 mg pada saat hamil dan menyusui. Vitamin ini bagus untuk kesehatan mata dan kulit. Juga dapat meningkatkan kesehatan tulang Anda, menjaga sistem reproduksi, dan kekebalan tubuh.

Anda juga bisa memasukkan makanan yang mengandung beta-karoten ke dalam menu harian. Kandungan beta-karoten akan diubah menjadi vitamin A oleh tubuh. Sumber beta-karoten bisa didapatkan dari sayuran berwarna kuning, hijau, dan merah. Serta buah-buahan yang berwarna kuning.

Berikut ini adalah daftar buah yang mengandung vitamin A dan dapat Anda konsumsi:

Mangga

Mangga tidak hanya lezat, tetapi juga bergizi dan kaya akan vitamin A. Di dalam sekitar 100 gram mangga mengandung sekitar 0,50 mg vitamin A. Mangga adalah salah satu buah yang manis dan rendah serat, dan direkomendasikan tidak melebihi dua porsi dalam sehari saat mengonsumsinya. Jika Anda memiliki riwayat diabetes atau kesehatan lain yang membuat Anda senstitif terhadap buah dan gula, disarankan berkonsultasi dengan dokter saat akan mengonsumsi mangga.

Pepaya
Pepaya merupakan buah tropis yang memiliki daging buah berwarna oranye terang dan dengan tekstur seperti melon. Buah yang mengandung vitamin A sebanyak 0,47 mg dalam 100 gram. Banyak manfaat yang terkandung dalam buah pepaya, seperti:

  • Sebagai antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel dari radikal bebas.
  • Rendah gula dibandingkan dengan buah-buahan lain.
  • Rendah kalori.
  • Untuk mengatasi gangguan pencernaan.
  • Enzim papain yang terkandung di dalamnya dapat membantu merevitalisasi kulit untuk mengurangi keriput dan bintik-bintik.
  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh.
  • Untuk kesehatan jantung.
  • Mengurangi gejala nyeri arthritis.
  • Membantu pertumbuhan rambut dan kuku.
  • Dipercaya bisa melawan kanker
  • Menyembuhkan parasit pada usus.

Walaupun pepaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, ada baiknya mengonsumsi pepaya secukupnya sebagai bagian dari diet seimbang. Terutama bagi ibu hamil atau menyusui, disarankan berkonsultasi pada dokter sebelum mengonsumsinya.

Aprikot

Mengonsumsi 100gr aprikot segar berarti telah memberikan 0,96 mg vitamin A untuk memenuhi kebutuhan harian Anda. Buah ini baik untuk Anda yang menderita diabetes karena merupakan sumber serat yang baik. Cobalah mencampur beberapa potong aprikot segar dalam sereal atau salad yang akan Anda makan.

Blewah

Blewah berwarna kuning-oranye mengandung beta-karoten yang bermanfaat sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas yang menyerang sel-sel dalam tubuh Anda. Vitamin A yang terkandung di dalamnya mencapai 1,69 gram dalam 100 gram blewah. Hal itu menyebabkan buah ini baik untuk kesehatan mata, sistem kekebalan tubuh, dan sel-sel darah merah yang sehat.

Buah yang mengandung vitamin A di atas dapat Anda konsumsi setiap hari. Jika diperlukan, Anda juga dapat memperolehnya dari suplemen multivitamin. Namun, jika Anda mengonsumsi lebih dari 1,5 mg vitamin A per hari mungkin dapat memengaruhi tulang Anda. Dianjurkan untuk mengonsultasikan terlebih dahulu pada dokter untuk mendapatkan anjuran diet yang cocok bagi Anda.