Daftar Makanan Bayi 7 Bulan yang Direkomendasikan

Saat melihat rutinitas bayi, kita akan mempelajari bagaimana kebiasaan dirinya sehari-hari, mulai dari makan, tidur, hingga bermain. Salah satu pelajaran yang bisa dipetik dari melihat kebiasaan tersebut adalah mengetahui jenis makanan bayi 7 bulan yang tepat bagi buah hati Anda.

Makanan bayi 7 bulan sudah bisa berbentuk padat. Kebanyakan bayi seusia ini diberi makanan padat sampai tiga kali sehari. Selain itu, orang tua juga umumnya menambahkan ASI sekitar 700-950 ml. ASI sebanyak itu adalah jumlah kumulatif yang diberikan dalam waktu sehari penuh atau 24 jam. Ada juga orang tua yang sudah mengenalkan susu formula pada bayi berusia 7 bulan.

daftar makanan bayi 7 bulan yang direkomendasikan - alodokter

Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi

Makanan bayi 7 bulan sebaiknya dibekali dengan kandungan nutrisi sehari-hari yang memadai. Hal ini diperlukan mengingat bayi usia 7 bulan sudah memasuki tahap mengembangkan kepribadian yang unik dan kegiatan yang dilakukan secara mandiri.

Bayi usia 7 bukan mulai belajar bagaimana mengontrol lingkungan sekitarnya. Selain itu, kreativitas, pergerakan, dan rasa ingin tahu bayi usia 7 bulan juga sedang mengalami perkembangan yang signifikan, namun tetap memerlukan dorongan dari orang tua. Peran orang tua sendiri dalam hal ini adalah untuk memastikan semua tindakan bayi tidak membahayakan keselamatan dirinya sendiri.

Selain mendukung perkembangan di atas, makanan bayi 7 tahun juga sebaiknya menunjang pertumbuhan gigi mereka. Biasanya, gigi pertama pada bayi akan tumbuh ketika usia mereka menginjak antara bulan kelima dan ketujuh. Namun jangan terlalu gundah jika meski sudah berusia 7 bulan, namun Si Kecil belum juga memiliki gigi. Sebab tiap individu memiliki perkembangan yang unik, termasuk dalam hal gigi.

Lalu, seperti apa makanan bayi 7 bulan yang sebaiknya diberikan kepada buah hati? Beberapa di antaranya ada di bawah ini:

  • Kacang polong

Makanan lain yang juga bagus untuk bayi berusia 7 bulan adalah kacang polong. Makanan ini termasuk dalam kelompok sayuran super. Disebut demikian karena kacang polong kaya akan vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan asam folat.

  • Ubi jalar

Salah satu makanan bayi usia 7 bulan adalah ubi jalar. Bahan makanan ini merupakan salah satu sumber vitamin C, vitamin E, dan beta-karoten. Ubi jalar merupakan pilihan nikmat yang bisa diberikan kepada bayi untuk menggantikan kentang.

  • Prem

Dari kelompok buah-buahan, makanan bayi 7 bulan yang direkomendasikan adalah buah prem. Buah ini baik untuk memberikan bayi energi instan, serat alami, dan zat besi. Prem merupakan pencahar alami sehingga bisa menjadi solusi yang bisa diandalkan ketika bayi mengalami sembelit.

  • Gandum

Gandum juga direkomendasikan untuk bayi mengingat bahan ini mampu membantu menstabilkan gula darah dan menyediakan energi untuk  jangka waktu yang lama. Bahan makanan ini juga kaya akan serat yang larut dalam air. Serat yang demikian penting untuk melindungi permukaan usus dan membantu menjaga kadar kolesterol tetap terjaga.

  • Daging ayam

Makanan bayi 7 bulan yang bagus untuk pertumbuhan salah satunya adalah daging ayam. Produk ini kaya akan protein dan vitamin B12 yang tidak ditemukan dalam sumber makanan nabati. Ayam juga cukup banyak mengandung lemak yang dibutuhkan untuk menunjang pertumbuhan bayi.

  • Daging merah (daging sapi)

Golongan daging yang juga direkomendasikan bagi bayi usia 7 bulan adalah daging merah. Sumber makanan ini memberikan zat besi terbaik dan mudah diserap tubuh. Bayi berumur 6-12 bulan membutuhkan zat besi dalam jumlah yang banyak untuk pertumbuhannya.

  • Daging domba

Untuk kelompok daging, makanan bayi 7 bulan yang bisa diberikan adalah daging domba. Daging ini kaya akan vitamin B, zinc, dan zat besi. Kebutuhan zat besi bagi bayi telah disediakan secara alami setidaknya dari mulai dilahirkan hingga usia enam bulan. Untuk selanjutnya, diet yang diberikan sebaiknya mampu memenuhi kebutuhan bayi akan zat tersebut.

  • Ikan

Makanan bayi 7 bulan yang berasal dari laut yang direkomendasikan adalah ikan. Keunggulan ikan adalah sumber makanan yang rendah lemak, namun kaya akan protein.

Pemilihan makanan bayi 7 bulan yang tepat makin memperbesar peluang pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil berjalan dengan baik. Meski aneka makanan di atas direkomendasikan, namun jangan sampai orang tua terpaku pada daftar di atas. Jika perlu, diskusikan hal tersebut dengan dokter anak terutama jika anak alergi terhadap salah satu dari bahan-bahan makanan di atas.