Dapurmu Menyediakan Bahan-bahan Obat Alami Batuk

Batuk biasanya mendiami tubuh hanya dalam durasi 7-10 hari. Sayangnya, aktivitas sehari-hari selama batuk masih bersarang bisa sangat  mengganggu. Beruntung, obat alami batuk tidak perlu jauh-jauh dicari, Anda cukup pergi ke dapur.

Salah satu dampak yang paling signifikan dari serangan batuk adalah berkurangnya waktu istirahat. Batuk bertujuan membersihkan tenggorokan yang terganggu akibat iritasi, namun tetap saja hal tersebut menyengsarakan.

dapurmu menyediakan bahan-bahan obat alami batuk - alodokter

Lalu, apa saja bahan-bahan di dapur yang bisa dijadikan obat alami untuk mengusir batuk?

Madu

Siapa yang tidak kenal dengan produk lebah paling familiar ini? Ya, madu memang sudah dikenal sejak lama memiliki manfaat untuk kesehatan. Siapa yang menyangka, madu berkemungkinan besar bisa digunakan sebagai obat alami batuk.

Untuk mendapatkan manfaat madu yang nikmat, campurkan produk ini dengan teh atau air hangat yang juga mengandung lemon. Menurut beberapa penelitian, efektivitas madu dalam menumpas batuk sama dengan obat dengan kandungan dekstrometorfan yang biasa dijual bebas.

Cabe

Cabe dan makanan pedas lainnya sudah biasa dimanfaatkan banyak orang untuk melegakan tenggorokan saat batuk melanda. Hal ini mungkin terjadi karena cabe dan makanan pedas memiliki efek melegakan rongga hidung yang sama selayaknya balsem penghangat tenggorokan, menurut seorang ahli penyakit dalam. Namun mengenai hal ini dianggap tergantung kepada masing-masing individu. Sebagian orang menganggapnya benar karena cocok, tapi sebagian lainnya mungkin tidak mendapatkan efek apa pun.

Bawang Bombay

Apa yang Anda rasakan saat memotong bawang bombay? Mata akan berkaca-kaca, bukan? Yang membuat seseorang mengeluarkan air mata saat memotong bawang bombay adalah karena kuatnya uap yang dihasilkan bahan dapur ini. Seorang ahli penyakit dalam turut mengungkapkan bahwa uap tersebut bisa bermanfaat untuk menghentikan batuk.

Caranya mudah saja, cukup dengan memotong bawang bombay menjadi empat bagian di atas piring dan letakkan di kamar sebelum Anda tidur. Uapnya akan menyebar di ruangan dan terhirup oleh orang yang sedang menderita batuk. Pengobatan batuk dengan bawang diklaim aman diaplikasikan untuk bayi, anak-anak, dan dewasa. Teknik ini pun dianggap populer di Spanyol dan Prancis.

Bawang Putih

Bawang putih yang merupakan salah satu bahan yang memiliki label wajib ada di dalam makanan ini ternyata berkemungkinan untuk mencegah batuk. Meski efektivitas bawang putih untuk mengatasi batuk masih belum meyakinkan bagi semua pihak, namun setidaknya terdapat beberapa bukti yang menyatakan bawang putih dalam bentuk suplemen bisa memberikan ketahanan tubuh dalam menolak pilek.

Meski bahan-bahan yang sering ada di dapur Anda tersebut terbilang aman bila tidak digunakan secara berlebihan sebagai obat alami batuk, namun belum tentu bisa dijadikan sebagai rujukan pasti. Segera temui dokter bila terjadi demam tinggi, sesak, mengi, dan keluar dahak kental berwarna kuning kehijauan ataupun darah.