Daun Sirsak untuk Kanker, Ketahui Faktanya Berikut Ini

Pernah mendengar pengobatan daun sirsak untuk kanker? Mungkin Anda tidak asing dengan hal itu. Konsumsi daun sirsak yang direbus dalam air dipercaya dapat mengakibatkan stabilisasi pada penyakit kanker payudara, lho. Jadi, jangan heran jika daun sirsak dipercaya bisa mengobati kanker ya.

Selain memiliki daging putih dan rasa yang sedikit asam, buah sirsak juga mengandung beberapa nutrisi penting untuk tubuh Anda, seperti kalsium, zat besi, zink, garam, vitamin C, dan masih banyak lainnya.  Tidak hanya itu, daun sirsak juga cukup terkenal dan dipercaya sebagai pengobatan alternatif beberapa jenis kanker.

Soursop leaves for cancer treatment

Kegunaan Daun Sirsak untuk Kanker

Produk alami terutama yang berasal dari tanaman telah digunakan dan dipercaya bisa membantu manusia guna mempertahankan kesehatan sejak dahulu kala, tidak terkecuali buah sirsak. Buah sirsak memiliki banyak nama lain, yaitu Graviola, Guanabana, Annona muricata, dan lain-lain. Tanaman ini hidup di sebagian besar daerah tropis dan subtropis di dunia.

Selain banyak digunakan sebagai bahan dalam pembuatan sirup dan jenis minuman lainnya, sirsak juga banyak digunakan sebagai bahan pengobatan tradisional di berbagai negara. Salah satu kepercayaan yang sekarang muncul adalah penggunaan daun sirsak untuk pengobatan kanker.

Munculnya kepercayaan terhadap penggunaan daun sirsak untuk kanker diyakini  berhubungan dengan kandungan senyawa Acetogenins annonaceous  yang terdapat pada daun, biji, bahkan buah sirsak. Berdasarkan berbagai penelitian di laboratorium, senyawa ini diyakini dapat mencegah pertumbuhan berbagai jenis sel kanker. Namun belum terdapat penelitian yang membuktikan khasiat ini pada kanker di tubuh manusia. Penelitian lebih lanjut pada manusia masih diperlukan untuk membuktikan bahwa kandungan Acetogenins annonaceous pada buah sirsak merupakan pilihan yang aman dan efektif untuk pengobatan kanker.

Setelah mengetahui kegunaan dan fakta tentang daun sirsak untuk kanker, Anda tetap membutuhkan arahan dari dokter sebelum memulai perawatan kanker untuk Anda maupun keluarga. Anda juga disarankan untuk memilih berbagai pengobatan kanker yang sudah terbukti seperti tindakan operasi, kemoterapi, radiasi, dll. Jika Anda ragu, maka jangan segan untuk konsultasikan segera kepada dokter Anda. Perlu diingat, penggunaan obat herbal tidak bisa menggantikan prosedur medis yang hanya bisa dilakukan oleh dokter.

Meskipun belum terbukti untuk pengobatan kanker, buah sirsak tetap dapat menjadi pilihan Anda untuk mencukupi kebutuhan vitamin C harian Anda. Kandungan vitamin C dalam satu buah sirsak ukuran rata-rata ternyata sudah dapat mencukupi kebutuhan vitamin C Anda.