Delapan Cara Cepat Hamil Setelah Keguguran

Mengalami keguguran adalah pukulan bagi tiap wanita. Meski begitu, jangan biarkan kesedihan terus menyelimuti kehidupan Anda. Kesempatan untuk memiliki anak lagi tetap terbuka. Bagi Anda yang sudah tidak sabar ingin mendapat momongan, jangan cemas. Ada 8 cara cepat hamil setelah keguguran yang bisa dijadikan pedoman.

Kesempatan untuk hamil dan melahirkan dengan baik lebih besar jika Anda menjalani gaya hidup sehat sebelum dan selama program kehamilan dilakukan.

delapan cara cepat hamil setelah keguguran - alodokter

Berikut 8 cara yang dapat Anda lakukan untuk mempercepat kehamilan:

Hindari stres. Stres bisa merusak cara kerja dan keseimbangan hormon yang mengontrol ovarium untuk melepas sel telur (ovulasi atau masa subur). Hasilnya, ovulasi Anda menjadi terlambat atau bahkan tidak terjadi sama sekali. Padahal, salah satu cara cepat hamil adalah berhubungan seksual di masa ovulasi.

Cobalah buang jauh-jauh stres dari kehidupan Anda. Lakukan hal-hal yang bisa membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks.

Konsumsi obat-obatan khusus. Usai keguguran, kemungkinan dokter akan memberikan Anda obat-obatan yang mungkin bisa membantu mempercepat kehamilan. Obat-obatan itu bisa berupa antibiotik, antidepresan atau vitamin, sesuai dengan kebutuhan Anda. Konsumsilah sesuai dosis yang dianjurkan. Jangan berhenti mengonsumsi obat tersebut tanpa seizin dokter. Selama merencakan kehamilan hingga trimester pertama, konsumsilah asam folat secara teratur untuk membantu perkembangan sistem saraf janin yang baik.

Rutin berolahraga. Kegiatan yang satu ini memang memiliki banyak manfaat, salah satunya meningkatkan kesempatan Anda untuk hamil. Namun, olahraga yang berlebihan justru bisa menimbulkan dampak sebaliknya yaitu membuat tubuh tidak berovulasi.

Untuk membantu mempercepat kehamilan, Anda disarankan melakukan olahraga yang ringan namun rutin. Contohnya, berjalan cepat  selama setengah jam. Lakukan lima kali dalam seminggu.

Konsumsi makanan penyubur kandungan. Mulailah mengonsumsi makanan yang lebih disukai oleh sistem reproduksi Anda seperti daging rendah lemak, ikan, tumbuh-tumbuhan berprotein seperti kacang dan biji-bijian, karbohidrat kompleks, makanan mengandung zinc dan produk susu. Contoh makanan yang mengandung zinc adalah tiram, telur dan daging sapi.

Batasi minuman berkafein. Ada beberapa penelitian yang menyatakan bahwa kafein bisa menghambat kemampuan seseorang untuk hamil. Meski belum terbukti sepenuhnya, tidak ada salahnya membatasi atau menghindari hal-hal yang mungkin dapat  mempersulit Anda memiliki keturunan. Contoh minuman berkafein yaitu kopi, teh, minuman soda dan minuman energi.

Hindari rokok, alkohol dan narkoba. Seperti kita ketahui, rokok, alkohol dalam kadar berlebihan dan narkoba tidak baik untuk kesehatan. Jadi tinggalkan kebiasaan yang tidak menyehatkan ini jika Anda ingin cepat hamil.

Berhubungan seksual di waktu yang tepat. Waktu yang tepat untuk berhubungan seksual yaitu saat ovarium melepas sel telur (ovulasi atau masa subur). Namun Anda juga bisa berhubungan seksual sebelum ovulasi karena sperma dapat bertahan hidup di tubuh wanita selama seminggu. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui kapan masa subur Anda. Masa subur bisa diketahui dengan cara mengukur suhu basal tubuh, cek lendir serviks dan memerhatikan siklus mentruasi Anda.

Cek ke dokter. Memeriksakan diri ke dokter kandungan sangat penting jika Anda ingin kembali hamil usai keguguran. Dokter bisa memeriksa kondisi Anda dan melakukan perawatan jika Anda mengidap kondisi tertentu yang menyulitkan Anda untuk hamil.

Selama menerapkan cara cepat hamil setelah keguguran di atas, teruslah konsisten menjauhkan pikiran Anda dari hal-hal negatif. Tanamkan selalu pikiran positif. Yakin dan percayalah bahwa Anda masih memiliki kesempatan untuk menjalani kehamilan yang sehat dan menjadi seorang ibu.