Deretan Penyakit yang Ditangani Dokter Kulit

Sebagai organ terluar dari tubuh, kulit berisiko terkena berbagai gangguan. Apa saja sebenarnya kondisi yang umum ditangani oleh dokter kulit?

Penyakit kulit memiliki begitu banyak jenis hingga mencapai lebih dari 3.000 jenis. Sebagian di antaranya dapat menghinggapi kulit, rambut, kuku, dan bagian-bagian tubuh lain, seperti lapisan pada mulut, hidung, dan kelopak mata. Dokter kulit bertugas mendiagnosis dan memberikan perawatan terhadap penyakit-penyakit tersebut.

Deretan penyakit yang ditangani dokter kulit - alodokter

Beragam Penyebab

Sebagai organ terbesar dari tubuh, kulit adalah pelindung pertama tubuh dalam menghadapi bakteri dan cedera. Gangguan pada kulit dapat disebabkan oleh infeksi, faktor keturunan, gangguan autoimun, dan lain-lain. Berikut beberapa kondisi yang umumnya ditangani oleh dokter kulit.
  • Jerawat

Tergolong sebagai penyakit kulit yang paling umum. Jerawat disebabkan adanya gangguan pada pori-pori dan kelenjar minyak kulit. Untuk mengatasi jerawat, perlu diketahui jenis jerawat serta bagaimana mengantisipasi dan menghilangkan bekas jerawat, yang dapat menyebabkan gangguan psikologis pada penderitanya.

  • Gangguan kuku

Kuku yang tumbuh ke arah dalam merupakan salah satu gangguan kuku yang paling umum terjadi.

  • Masalah rambut

Masalah yang sering ditemui adalah rambut rontok yang dipengaruhi faktor keturunan atau karena kondisi tertentu, seperti alopecia yang menyebabkan kebotakan, hingga kutu rambut pada anak.

  • Eksim dan dermatitis

Kondisi pembengkakan serta ruam akibat peradangan kulit.

  • Psoriasis

Dikenali dengan gejala kulit yang memerah atau bersisik dan berwarna keperakan akibat gangguan autoimun kulit yang terjadi secara kronis.

  • Kanker kulit

Jenis kanker kulit yang umum ditemui adalah melanoma, karsinoma sel basal dan karsinoma sel mukuosa.

Selain itu, ada pula beberapa jenis penyakit kulit akibat infeksi seperti:
  • Infeksi jamur

Disebabkan oleh sekelompok jamur candida, infeksi ini dapat menjangkiti kulit, kuku, dan kulit kepala. Umumnya tergolong infeksi ringan, namun pada sebagian orang dengan daya tahan lemah, kondisi ini dapat menjadi lebih serius.

  • Kutil

Kutil terjadi lantaran virus menginfeksi lapisan atas kulit sehingga menyebabkan pertumbuhan kulit jinak yang menular. Dokter kulit dapat membantu menghilangkan kutil dengan berbagai teknik yang sesuai dengan pasien.

  • Herpes zoster

Dikenal di Indonesia sebagai cacar api atau cacar ular akibat infeksi virus. Dapat menyebabkan ruam yang menyakitkan, bahkan berisiko mengganggu mata. Perawatan yang dilakukan terutama untuk mempercepat proses penyembuhan dan mencegah kemunculan rasa sakit dari bekas ruam, gatal-gatal, hingga mati rasa.

Menentukan Diagnosis

Sebelum menentukan diagnosis penyakit tertentu, dokter kulit akan mempelajari riwayat kesehatan seseorang. Dokter juga akan mengajukan beragam pertanyaan terkait kondisi yang dirasakan, seperti adanya rasa gatal atau nyeri, intensitas paparan sinar matahari, jumlah asupan makanan, obat bebas yang digunakan, dan lain-lain.

Langkah selanjutnya, dokter kulit akan melakukan pemeriksaan fisik yang umumnya dilakukan dengan bantuan cahaya lampu. Jika dibutuhkan, dokter kulit akan menggunakan lampu Wood atau dermatoscope untuk mendiagnosis.

Setelah pemeriksaan, dokter akan menentukan jenis pengobatan yang tepat. Jika masih belum dapat dipastikan, dokter akan mengambil sampel kulit untuk pemeriksaan lebih detail di laboratorium dan memastikan pada spesialis histopatologi.

Memilih Dokter Kulit

Dokter kulit yang sudah terlatih dan berpengalaman medis akan membantu melakukan diagnosis penyakit serta pengobatan yang sesuai.

Beberapa kriteria yang dipertimbangkan saat memilih dokter kulit, yaitu pemahaman keilmuan mikrobiologi, patologi, biokimia, dan fisiologi. Dokter kulit juga selayaknya memiliki pengetahuan mengenai gejala penyakit kulit yang disebabkan oleh penyakit dari organ lain pada tubuh.

Kriteria lain saat memilih dokter kulit adalah dokter yang memiliki kemampuan dasar bedah, neurologi, dan endokrinologi.

Jika diperlukan, Anda dapat memilih dokter kulit untuk spesialisasi tertentu. Misalnya dokter kulit kosmetik diharapkan dapat membantu memperbaiki penampilan kulit. Ada pula dermatopathology yang akan membantu mendiagnosis penyakit kulit melalui sampel dan spesialis bedah untuk menangani kasus kanker kulit.

Saat ini informasi kesehatan dan penyakit banyak beredar di berbagai media yang berguna sebagai referensi awal. Namun selanjutnya jika Anda merasakan kondisi yang mengganggu pada kulit, segera konsultasikan kepada dokter kulit.  Dokter akan melakukan diagnosis dan memberikan saran pengobatan yang terbaik untuk Anda.