Diary Kehamilan: Trimester Kedua

Akhirnya kamu memasuki pertengahan kehamilan. Di trimester kedua ini, kamu mungkin sudah terlihat seperti wanita hamil, yakni perut telah membesar. Kebanyakan wanita juga merasa lebih mudah menjalani masa kehamilan ini dibanding trimester pertama. Meski begitu, kamu harus tetap berusaha agar kehamilanmu tetap sehat hingga waktu persalinan tiba.

Di trimester kedua ini, organ-organ bayimu sudah terbentuk sepenuhnya. Jika kamu berbicara kepadanya, Si Kecil sudah mulai bisa mendengarkannya. Di kepalanya juga sudah mulai muncul rambut-rambut halus. Apabila kamu penasaran dengan jenis kelamin bayimu, di trimester ini kamu juga sudah bisa mulai mencari tahu melalui USG.

Diary kehamilan Trimester Kedua

Ada beberapa hal  yang bisa kamu lakukan agar menjalani kehamilan di trimester kedua ini dengan kenyamanan sekaligus menjaganya tetap sehat hingga persalinan. Disarankan untuk mencatatnya di buku diary agar tidak ada yang terlewatkan. Berikut penjelasannya:

Mulai membeli pakaian khusus ibu hamil. Baju-baju yang biasa kamu pakai mungkin sudah tidak nyaman lagi di tubuhmu saat ini. Jadi, disarankan untuk membeli beberapa jenis pakaian yang khusus dibuat untuk ibu hamil. Namun jangan terlalu banyak membelinya, karena ukuran tubuhmu masih akan terus bertambah.

Jaga kebersihan mulut. Perubahan hormon yang terjadi selama hamil bisa membuatmu lebih rentan mengalami penyakit gusi seperti mengalami gingivitis (kondisi yang bisa membuat gusi nyeri, bengkak serta berdarah). Menurut beberapa penelitian, kondisi tersebut ada kaitannya dengan kelahiran bayi prematur.

Selama hamil kamu disarankan untuk menyikat gigimu dengan pasta gigi mengandung fluoride pada pagi dan malam hari. Ganti sikat gigi tiap tiga atau empat bulan sekali atau bisa lebih sering jika bulu sikat gigi telah usang.

Oleskan losion di perutmu. Pelebaran perut atau perubahan hormon yang terjadi pada trimester ini bisa memicu rasa gatal pada area tersebut. Untuk mengatasi ketidaknyamanan tersebut, kamu bisa mengoleskan losion di area perut setiap habis mandi.

Mulai tidur di sisi tubuh. Perut yang membesar bisa membuat tidurmu menjadi tidak nyaman. Kamu tidak bisa leluasa lagi saat tidur, khususnya ketika tidur dalam posisi telentang, apalagi tengkurap. Nah, dengan kondisi seperti ini kamu disarankan untuk tidur dengan bertumpu pada sisi tubuhmu. Disarankan untuk bertumpu pada sisi kiri tubuhmu, karena hal ini mungkin bisa melancarkan peredaran darah ke plasenta sekaligus mengurangi pembengkakan.

Agar kamu nyaman tidur dengan posisi tersebut atau buat kamu yang belum terbiasa tidur dengan posisi ini, kamu bisa menyelipkan bantal di belakang punggung, di bawah panggul, atau di antara kakimu.

Ayo latihan kegel. Kehamilan bisa membuatmu tidak dapat mengontrol keluarnya air urine alias menetes dengan sendirinya saat kamu tertawa atau batuk. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa melakukan senam kegel. Senam ini juga bisa mengencangkan otot vaginamu, membuat aktivitas seks menjadi lebih nikmat, dan menjaga agar kamu tidak mengalami wasir. Untuk mengetahui cara melakukan senam kegel, kamu bisa membaca di sini.

Ikut kelas untuk ibu hamil. Dengan mengikuti kelas ini, kamu bisa bertemu dengan sesama ibu hamil dan dapat saling bertukar cerita mengenai kehamilan. Tidak hanya itu, kamu juga dapat diajari bagaimana cara melakukan senam yang ramah pada kehamilanmu.

Di trimester kedua ini, kamu juga disarankan untuk tetap melakukan segala hal yang penting dilakukan di trimester pertama, seperti mengonsumsi vitamin serta makanan bergizi, hidup sehat, banyak minum air, perbanyak istirahat, dan jauhi aktivitas yang membahayakan kehamilan.