Disiplin Olahraga dan Makanan Sehat demi Sixpack

Anda ingin memiliki tubuh yang terlihat bugar dengan perut yang sixpack? Cobalah untuk melakukan beberapa tips di bawah ini. Mudah dan tidak banyak memakan waktu.

Memiliki tubuh yang terlihat bugar dengan perut sixpack merupakan impian seorang pria. Latihan perut dapat membantu mengencangkan otot-otot perut. Tidak perlu khawatir jika tidak memiliki waktu untuk melakukan latihan perut karena Anda cukup meluangkan waktu 10 menit saja dalam sehari untuk membantu upaya mendapatkan otot perut sixpack. Tentu saja sebelum membentuk otot perut, Anda harus berusaha untuk menghilangkan lemak di area tersebut.  

disiplin olahraga dan makanan sehat demi sixpack - alodokter

Namun, latihan tertentu pada suatu area tubuh tidak menjanjikan berkurangnya lemak di area tersebut. Dengan begitu, selain latihan perut untuk mengencangkan otot, Anda perlu melakukan mengombinasikannya dengan latihan cardio, dan nutrisi yang baik.

Sebelum melakukan beberapa gerakan di bawah ini, jangan lupa terlebih dahulu melakukan pemanasan minimal selama enam menit. Gerakan pemanasan yang dapat Anda lakukan, seperti jalan di tempat, menahan lutut pada posisi tertentu, dan memutar bagian pundak beberapa kali.

Bakar Kalori Perut Anda

Untuk mendapatkan otot perut sixpack, Anda perlu melakukan beberapa gerakan yang terfokus pada bagian perut. Berikut ini adalah 8 gerakan yang dapat membantu pembentukan perut sixpack.

Flutter kicks

Gerakan ini dilakukan dengan posisi tubuh berbaring dan dilakukan selama 45 detik. Pertama, angkat kedua tungkai bawah Anda tegak lurus ke atas. Kemudian tetap dalam posisi tungkai lurus, naik dan turunkan tungkai Anda secara bergantian antara kaki kanan dan kaki kiri. Pastikan pada saat melakukannya, otot perut Anda terasa tertarik atau mengencang.

Stomach crunch

Lakukan senam ini dalam keadaan berbaring telentang. Tekuk bagian lutut Anda hingga seluruh permukaan telapak kaki menapak di lantai, kemudian buka kaki dan paha selebar pinggul. Dalam gerakan ini Anda bisa meletakkan tangan di dada, paha, atau di belakang kuping. Selanjutnya angkat bagian atas tubuh Anda hingga bahu terangkat kira-kira 8 cm dari lantai. Tahan setidaknya selama beberapa detik, kemudian lepaskan. Lakukan gerakan ini sebanyak 12 kali.

Russian Twists

Manfaat dari gerakan ini akan terasa optimal jika dilakukan selama 45 detik. Pertama, duduk dengan posisi lutut sedikit menekuk, dan posisi tubuh atas sedikit condong ke belakang. Kemudian rentangkan kedua siku dengan telapak tangan dikepal dan diletakkan di depan dada. Mulai gerakan dengan memutar bagian tubuh mulai dari pinggang, ke kanan dan kiri.

Pilates Side Hip Raises

Posisikan tubuh menyamping, satu siku menopang tubuh tegak lurus di atas lantai dan tangan satu lagi diletakkan di pinggang. Tekuk kaki Anda ke belakang hingga membuat sudut 90 derajat. Kemudian, gerakkan pinggang Anda naik-turun. Lakukan selama 45 detik sebelum berganti pada sisi lainnya.

Rotation Reach Crunch

Lakukan gerakan ini selama 45 detik. Posisikan diri Anda berbaring telentang, tekuk sedikit lutut hingga telapak kaki menyentuh lantai. Kemudian letakkan kedua tangan di belakang kepala. Mulai gerakan dengan mengangkat sedikit bagian tubuh atas dan kepala ke samping. Julurkan tangan kanan ke paha kiri saat bergerak ke kiri dan begitu juga julurkan tangan kiri ke paha kanan saat bergerak ke kanan.

Gerakan Menyentuh Kaki

Masih dengan posisi berbaring, angkat kedua tungkai bawah Anda tegak lurus ke atas, dan rentangkan kedua tangan Anda mengarah pada kaki. Mulai dengan menggerakkan kedua tangan untuk berusaha meraih bagian pergelangan kaki. Lakukan gerakan ini selama 45 detik. Gerakan ini sangat bagus untuk perut Anda, baik bagian bawah atau atas. Untuk memaksimalkan gerakan ini, usahakan pada saat pundak turun atau menyentuh lantai, batasi posisi pundak agar tidak benar-benar menyentuh lantai sehingga otot perut digunakan secara maksimal.

Gerakan di atas dapat Anda lakukan dengan atau tanpa latihan lainnya. Namun akan jauh lebih baik jika Anda melakukannya dengan latihannya lainnya. Misalnya, lakukan setelah atau sebelum melakukan cardio. Latihan cardio yang dapat dilakukan antara lain jalan, lari, atau bersepeda.

Makanan untuk Membantu Program Anda

Selain melakukan beberapa gerakan yang dapat membantu Anda mendapatkan perut sixpack, mengonsumsi makanan yang dapat menunjang program Anda juga merupakan hal yang penting. Misalnya dengan mengonsumsi beberapa makanan berikut ini.

  • Daging rendah lemak. Anda masih bisa mengonsumsi daging, seperti daging sapi atau daging kambing karena keduanya mengandung banyak protein. Selain itu juga mengandung amino acid leusin yang menurut sebagian penelitian dapat membantu membakar lemak. Tapi dengan catatan daging yang boleh dikonsumsi adalah daging rendah lemak dan dengan porsi yang tetap terkontrol.
  • Buah dan sayuran. Mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran memang baik untuk kesehatan karena mengandung banyak nutrisi dan dapat membantu mengurangi tingkat kalori yang tinggi. Mulailah konsumsi setidaknya lima porsi buah dan sayuran dalam sehari.
  • Lemak baik. Meskipun Anda sedang menjalani program mengurangi perut buncit dan ingin mengubahnya menjadi sixpack, bukan berarti Anda harus menghindari lemak sama sekali. Bagaimanapun diet yang sedang dijalani, tubuh tetap membutuhkan lemak. Cobalah untuk mengonsumsi makanan yang mengandung lemak baik, seperti avokad, kacang-kacangan, dan minyak zaitun. Pada pria, kekurangan asupan lemak bisa menghambat pembentukan otot dan menurunkan kadar hormon testosteron.

Untuk mendapatkan tubuh yang Anda inginkan dan perut yang sixpack, kedisiplinan dalam melakukan hal-hal di atas merupakan hal yang sangat penting. Mulailah rutin untuk melakukan olahraga dan beberapa gerakan yang dapat mengencangkan otot perut, serta menjaga makanan Anda dengan mengonsumsi makanan sehat.