Dokter Mata, Solusi Tepat Mengatasi Masalah Kesehatan Mata Anda

Organ mata membutuhkan perlakuan dan penanganan khusus untuk menjaga kesehatannya. Ketika terjadi masalah pada mata, Anda perlu bijak dalam memilih penanganan dan dokter mata yang tepat sesuai gejala yang Anda alami.

Pepatah mengatakan, mata adalah jendela jiwa. Oleh sebab itu, memiliki mata yang sehat menjadi hal yang penting untuk mendukung kesehatan tubuh dalam beraktivitas. Memeriksakan diri ke dokter mata secara teratur dapat menjadi ide yang baik bagi siapapun, bahkan yang tidak memiliki masalah pada penglihatan sekalipun. Hal tersebut merupakan cara efektif untuk mendeteksi masalah mata sebelum munculnya gejala, serta memungkinkan untuk mendeteksi masalah kesehatan lainnya yang berkaitan dengan mata, semisal diabetes.

Di Indonesia sendiri, masalah kesehatan mata khususnya pada penurunan kemampuan penglihatan masih cukup tinggi yaitu hingga lebih dari 2 juta orang pada tahun 2013. Selain itu,  ada beberapa gejala serius lain yang dapat timbul. Gejala serius yang perlu diwaspadai yakni mata merah, kehilangan penglihatan secara tiba-tiba, rasa silau berlebihan saat melihat cahaya, hingga nyeri yang berlebihan di sekitar mata. Berkonsultasi ke dokter mata menjadi solusi tepat dalam mengatasi gangguan yang Anda alami.

Optalmologis merupakan dokter mata spesialis atau seorang ahli osteopatik yang mengkhususkan diri dalam diagnosis dan perawatan mata, bedah mata, dan sistem penglihatan. Dokter mata spesialis ini juga biasa memberikan saran terkait pencegahan terjadinya cedera dan penyakit mata lainnya.

Gangguan Kesehatan Yang Bisa Ditangani Dokter Mata

Terdapat beberapa jenis gangguan kesehatan mata yang dapat dialami oleh manusia di segala usia. Masalah kesehatan mata yang umum terjadi di kalangan masyarakat dan perlu penanganan dokter mata antara lain mata kering, mata berair, masalah di kelopak mata dan lensa mata. Masalah mata lainnya yakni diabetik retinopati, infeksi mata, tumor mata, hingga penyakit degenerasi makula juga dapat ditangani dokter mata.

Untuk penyakit mata baik akut maupun kronik perlu segera mendapatkan penanganan lebih lanjut oleh dokter mata atau optalmologis. Adapun beberapa contoh gangguan mata yang bisa ditangani adalah antara lain:

  1. Perubahan Penglihatan. Jika mata Anda kesulitan untuk beradaptasi di ruangan gelap, sulit fokus pada objek baik dekat ataupun jauh, atau terdapat bintik, serta garis bergelombang pada penglihatan Anda (ablasi retina), segeralah memeriksakan diri ke dokter mata.
  2. Masalah Kelopak Mata. Begitupula jika terjadi masalah pada kelopak mata seperti terdapat benjolan kecil dan keras di sekitar kelopak mata atau bintitan.
  3. Iritasi Mata. Segeralah ke dokter mata jika terjadi iritasi baik pada bola mata ataupun kelopak mata Anda, seperti infeksi pada tepi bagian dalam kelopak mata bawah (dakriosistitis), atau penyakit mata menular (konjungtivitis).
  4. Photophobia, yakni kepekaan berlebihan terhadap cahaya.
  5. Rabun Senja. Ketidakmampuan untuk melihat dengan baik di malam hari juga perlu penanganan dokter mata sesegera mungkin. Penurunan penglihatan di malam hari dapat juga disebabkan oleh rabun jauh, katarak, degenerasi makula, dan kondisi-kondisi lain yang memengaruhi retina.
  6. Alergi. Orang yang memiliki masalah kulit dan alergi biasanya juga memiliki masalah kecil pada kelopak matanya, seperti iritasi mata. Jadi, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter mata.
Kiat Memilih Dokter Mata Yang Handal

Sebelum ke dokter mata, penting bagi Anda untuk terlebih dahulu memahami gejala yang diderita dengan keahlian dokter atau ahli yang dimiliki. Untuk mendapatkan ahli kesehatan mata atau dokter mata yang tepat, Anda dapat meminta rekomendasi kerabat, keluarga, atau dokter langganan. Kualifikasi, pengalaman, dan pelayanan dapat menjadi poin penting ketika memilih dokter mata.

Jalinlah komunikasi yang baik dengan dokter mata Anda dengan menanyakan secara spesifik seputar gejala dan penyakit Anda. Jangan lupa memberikan informasi tentang kondisi kesehatan, alergi (jika memiliki), serta obat dan suplemen yang sedang Anda konsumsi.  Jika merasa belum menemukan dokter mata yang sesuai ekspektasi, Anda dapat mencoba ke dokter mata lainnya.