Enzim Kelenjar Pencernaan yang Penting bagi Tubuh Manusia

Pada proses pencernaan makanan, tubuh memerlukan bantuan enzim yang dihasilkan oleh kelenjar pencernaan untuk menguraikan makanan agar bisa diserap dengan baik oleh organ pencernaan di perut.

Kelenjar pencernaan yang utama pada manusia ada pada rongga mulut, hati, dan pankreas. Proses pencernaan dimulai ketika makanan yang masuk ke dalam mulut dihancurkan oleh enzim yang dihasilkan oleh kelenjar saliva (ludah) menjadi bagian-bagian kecil. Hal ini dimaksudkan agar mudah melewati saluran pencernaan selanjutnya di dalam perut.

Digestive Glands - alodokter

Enzim pencernaan adalah berbagai protein yang diproduksi tubuh untuk mempercepat proses pencernaan, agar makanan menjadi semakin halus menjadi cairan nutrisi yang mudah diserap oleh dinding perut, usus kecil, hati, hingga ke usus besar.

Enzim Kelenjar Pencernaan dan Manfaatnya

Kelenjar ludah menghasilkan dua enzim dalam proses pencernaan makanan, yaitu lipase dan amylase. Kedua enzim ini, bersama dengan enzim protease, adalah enzim-enzim yang juga dihasilkan oleh kelenjar pencernaan hati dan pankreas.

Masih ada beberapa enzim lain yang dihasilkan oleh kelenjar pencernaan, namun tiga enzim utama dalam proses pencernaan makanan adalah:

Tripsin. Enzim ini adalah anggota dari enzim protease atau peptidase yang bertugas menghancurkan protein dan memiliki tanggung jawab lain pada beberapa proses penting di dalam tubuh manusia. Yaitu, pencernaan, pembekuan darah, perkembangan tubuh, kesuburan, apoptosis (proses penghancuran sel tubuh yang tidak diperlukan atau tidak sehat lagi), dan kekebalan tubuh.

Lipase. Enzim ini bertugas menguraikan lemak pada makanan. Lipase bisa diproduksi oleh kelenjar pencernaan yang ada di mulut, hati, maupun pankreas dan memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda. Lipase yang berasal dari mulut akan aktif bekerja ketika ia sudah berada di perut. Lipase yang dihasilkan di hati bertugas mengatur kadar lemak di dalam darah. Lemak yang tinggi di dalam darah dapat mengganggu fungsi ginjal sehingga harus terjaga dengan baik. Sementara, lipase yang dikeluarkan oleh pankreas akan memastikan lemak terurai dengan baik ketika memasuki usus kecil.

Amilase. Enzim ini bertugas mencerna gula yang kompleks menjadi lebih sederhana dan mudah dicerna. Ada dua jenis enzim amylase, yaitu ptialin dan pankreas. Ptialin adalah enzim yang dikeluarkan oleh kelenjar ludah untuk menghancurkan gula ketika masih berada dalam rongga mulut hingga masuk ke perut. Amilase pankreas adalah enzim yang melanjutkan pekerjaan ptialin dengan mencerna gula yang masuk ke dalam usus kecil.

Tanpa bantuan enzim yang dihasilkan oleh kelenjar pencernaan, asupan makanan tidak akan bisa diubah menjadi nutrisi dan energi yang diperlukan tubuh untuk beraktivitas, pertumbuhan, dan perbaikan sel. Penyerapan nutrisi yang terganggu juga bisa memicu berbagai gangguan kesehatan, salah satunya adalah penyakit diabetes akibat gula yang tidak terolah dengan baik.