Fakta di Balik Khasiat Ginseng

Di ranah pengobatan tradisional, ginseng termasuk tanaman herba yang terkenal di dunia. Tanaman ini dipercaya memiliki banyak khasiat dan telah dipakai untuk mengatasi banyak kondisi.

Sayangnya, hanya sebagian kecil dari kondisi tersebut yang telah diteliti secara menyeluruh. Hasil penelitian itu pun belum menyebutkan ginseng seratus persen ampuh mengatasi kondisi tersebut. Para ahli baru menyimpulkan bahwa ginseng “mungkin” berkhasiat.

fakta di balik khasiat ginseng - alodokter

Ginseng banyak ditemukan di Amerika Utara dan Asia Timur seperti Korea. Ada dua jenis utama ginseng, yaitu ginseng Amerika (Panax quinquefolius) dan ginseng Korea atau Asia (Panax ginseng). Kedua jenis ginseng tersebut memiliki khasiat yang berbeda.

Pada ginseng, ginsenosides merupakan senyawa aktif yang dianggap berpengaruh pada khasiat tanaman ini. Senyawa ini merupakan target penelitian oleh para ahli.

Fakta Mengenai Ginseng Amerika

Ginseng Amerika kerap digunakan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengatasi pilek dan flu, dan menghilangkan stres. Ada juga yang memanfaatkannya untuk menambah nafsu makan dan memperbaiki sistem pencernaan.

Tidak hanya itu, tanaman ini juga dipakai untuk mengatasi penyakit, seperti diabetes, anemia, insomnia, demam, disfungsi ereksi, kanker, nyeri sendi, pusing, hilang ingatan, dan HIV/AIDS.

Tapi sayangnya, menurut penelitian sejauh ini, hanya dua kondisi yang kemungkinan bisa diatasi oleh ginseng Amerika, yaitu infeksi saluran pernapasan (seperti pilek atau flu) dan diabetes.

Infeksi saluran pernapasan. Mengonsumsi produk tertentu yang mengandung ekstrak ginseng Amerika mungkin bisa mencegah Anda terserang gejala flu dan pilek pada orang dewasa pada kisaran usia 18 hingga 65 tahun. Untuk kalangan di atas usia tersebut, disarankan untuk menambahkan suntik vaksin flu guna mengurangi risiko terkena pilek atau flu. Jika Anda telah terkena gejala flu atau pilek, kemungkinan gejala yang akan Anda rasakan lebih ringan setelah mengonsumsi ginseng.

Diabetes. Untuk penderita diabetes tipe 2, Anda bisa mencoba mengonsumsi ginseng Amerika. Dosis yang disarankan adalah tiga gram ginseng Amerika, diminum dua jam sebelum makan. Hal tersebut kemungkinan bisa menurunkan gula darah Anda. Sayangnya, efek ini hanya berlaku pada merek tertentu. Berbeda merek, maka berbeda pula efeknya. Menurut penelitian, hal itu disebabkan oleh perbedaan jumlah ginsenosides pada tiap produk. Jika ingin mencobanya, konsultasikan dengan dokter Anda.

Khasiat ginseng Amerika kemungkinan tidak efektif dalam menurunkan hipertensi dan meningkatkan stamina. Selain kondisi yang telah disebutkan, khasiat ginseng Amerika masih diragukan. Dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui tingkat efektifitasnya.

Bagi Anda yang tertarik mencoba ginseng Amerika, boleh mencobanya dengan tetap mengikuti aturan pemakaian. Menurut penelitian, ginseng Amerika kemungkinan aman dikonsumsi oleh orang dewasa dan anak-anak dalam jangka pendek. Meski alami, ginseng Amerika juga bisa menimbulkan efek samping yang berbeda-beda, seperti gatal, insomnia, diare, sakit kepala, mengganggu tekanan darah, dan pendarahan vagina.

Sebaiknya hindari atau hati-hati mengonsumsi ginseng ini jika:

  • Anda sedang hamil dan menyusui. Menurut penelitian, ginseng Amerika bisa memengaruhi kandungan, seperti kemungkinan bayi cacat saat lahir. Sejauh ini belum diketahui efek samping pada ibu menyusui. Namun untuk berjaga-jaga, lebih baik hindari pengonsumsiannya.
  • Memiliki kondisi yang sensitif terhadap hormon. Ginseng Amerika diketahui memiliki senyawa aktif bernama ginsenosides. Senyawa ini bisa bertindak selayaknya hormon estrogen. Jika Anda memiliki kondisi yang sensitif terhadap hormon, khusus estrogen, lebih baik hindari penggunaannya. Contoh kondisi sensitif terhadap hormon adalah kanker rahim, kanker ovarium, endometriosis dan kanker payudara.
  • Penderita insomnia. Dosis tinggi ginseng Amerika dikaitkan dengan insomnia. Jika Anda mengalami insomnia, sebaiknya hindari atau gunakan secara hati-hati.
  • Diabetes. Salah satu khasiat ginseng Amerika adalah mungkin bisa membantu menurunkan kadar gula pada penderita diabetes. Namun, kadar gula darah Anda mungkin bisa turun drastis jika Anda juga mengonsumsi obat penurun gula darah bersamaan dengan ginseng Amerika. Sebaiknya hati-hati dan cek selalu kadar gula darah Anda jika mengonsumsi tanaman herba ini.
  • Ingin menjalani operasi. Hentikan mengonsumsi ginseng Amerika setidaknya 14 hari sebelum operasi. Menurut penelitian, kemungkinan ginseng Amerika bisa memengaruhi kadar gula darah. Hal itu bisa mengganggu kontrol gula darah selama dan setelah operasi.

Fakta Mengenai Ginseng Korea

Tidak seperti ginseng Amerika, ginseng Korea memiliki khasiat yang lebih banyak. Meski begitu, hal tersebut tidak sebanding dengan klaim khasiatnya yang selama ini beredar di masyarakat seperti mengatasi rasa cemas, depresi, sindrom kelelahan kronis, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, asma, anemia, berbagai jenis kanker dan lainnya. Penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk mengetahui khasiat ginseng Korea dalam menangani kondisi-kondisi tersebut.

Berikut beberapa kondisi yang mungkin bisa diatasi oleh ginseng Korea.

Disfungsi ereksi. Untuk para pria yang mengalami masalah ini, Anda bisa mencoba mengonsumsi 900 mg ginseng Korea tiga kali sehari. Menurut hasil penelitian, sepertinya ginseng jenis ini mampu meningkatkan kesehatan seksual Anda.

Ejakulasi dini. Masih untuk para pria, Anda bisa mengoleskan krim mengandung ginseng Korea ke penis satu jam sebelum berhubungan seksual. Cuci dengan bersih sebelum berhubungan seksual. Pengaplikasian krim ginseng Korea ke penis sepertinya bisa mencegah terjadinya ejakulasi dini.

Gairah seksual. Bagi para wanita pascamenopause, sepertinya bubuk ginseng Korea, khususnya yang berwarna merah, bisa meningkatkan gairah seksual dan kepuasan dalam bercinta.

Tekanan darah tinggi. Mengonsumsi ginseng Korea kemungkinan bisa sedikit menurunkan tekanan darah. Hal ini bisa bermanfaat bagi penderita tekanan darah tinggi.

Fungsi mental. Buat Anda yang telah memasuki usia separuh baya, Anda boleh mencoba mengonsumsi ginseng Korea. Menurut penelitian, sepertinya ginseng ini bisa meningkatkan fungsi mental, seperti meningkatkan daya pikir dan keterampilan dalam aritmatika. Ginseng ini juga sepertinya bisa meningkatkan daya ingat pada orang berusia 38 hingga 66 tahun. Namun pengonsumsiannya harus dikombinasikan dengan ekstrak daun ginkgo biloba.

Penyakit Alzheimer. Mengonsumsi akar ginseng Korea tiap hari selama tiga bulan kemungkinan bisa meningkatkan kinerja mental pada penderita penyakit alzheimer.

Penyakit paru-paru. Bagi Anda yang memiliki masalah pada paru-paru khususnya penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), Anda bisa mencoba mengonsumsi ginseng Korea. Tampaknya tanaman ini bisa mengurangi beberapa gejala PPOK serta meningkatkan fungsi paru-paru.

Meski alami, mengonsumsi tanaman herba seperti ginseng Korea tetap harus berhati-hati. Sebaiknya hindari penggunaannya jika Anda sedang hamil dan menyusui. Hindari pula pemakaiannya pada bayi dan anak-anak karena kemungkinan tidak aman.

Sebaiknya hindari atau berhati-hati mengonsumsi ginseng ini jika Anda memiliki penyakit diabetes, gangguan pendarahan, penyakit autoimun, kondisi yang sensitif terhadap hormon, insomnia, skizofrenia, serta Anda yang pernah menjalani transplantasi organ.

Bagi Anda yang mengoleskan krim ginseng Korea pada penis, gunakanlah dalam jangka waktu pendek. Kemungkinan ginseng Korea juga tidak aman jika Anda meminumnya selama lebih dari enam bulan.

Jika melihat khasiatnya dari segi media, kemungkinan ginseng bisa mengatasi beberapa kondisi. Bagi Anda yang ingin mencoba melakukan pengobatan dengan ginseng, ikuti petunjuk pemakaiannya guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Beli produk yang sudah terdaftar di BPOM RI. Konsultasikan ke dokter jika Anda ingin memasukkan zat apa pun ke tubuh, terutama jika berkaitan dengan pengobatan.