Fakta Golongan Darah O yang Penting untuk Diketahui

Banyak fakta golongan darah O yang masih membuat orang bertanya-tanya. Sebab golongan darah ini memang berbeda dari golongan darah lain yaitu A, B, dan AB. Bahkan, darah O kadang disebut bukanlah termasuk golongan darah.

Pada dasarnya, sebenarnya golongan darah O sama saja dengan golongan darah lain, yaitu darah yang terdiri atas sel darah dan plasma darah. Sel darah sendiri terbagi tiga, yaitu sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit), dan trombosit. Namun, memang golongan darah yang satu ini punya beberapa keunikan yang tidak dimiliki golongan darah lainnya.

golongan darah o - alodokter

Inilah lima fakta golongan darah O yang penting diketahui :

Fakta 1: Donor universal

Salah satu fakta golongan darah O adalah sebagai donor universal. Artinya, orang dengan golongan darah O dapat mendonorkan darahnya ke semua golongan darah, seperti A, B, AB, dan O. Sementara, orang dengan golongan darah O hanya dapat menerima transfusi darah dari sesama golongan darah O. Namun hal ini hanya dapat dilakukan pada kondisi darurat saja, karena kini diketahui bahwa transfusi golongan darah O pada golongan darah lain, tetap mungkin menimbulkan reaksi berbahaya.

Fakta 2: Tidak memiliki antigen

Antigen adalah molekul protein yang terdapat di sel darah merah. Berbeda dengan golongan darah A, B, dan AB, golongan darah O tidak memiliki antigen. Antigen adalah sebuah zat yang dianggap berbahaya oleh tubuh, sehingga memicu antibodi untuk melawan. Misalnya, jika pemilik golongan darah A mendapat transfusi golongan darah B. Maka, antigen golongan darah A akan memicu perlawanan dari antibodi terhadap golongan darah A yang dimiliki oleh golongan darah B, sehingga menimbulkan reaksi berbahaya dalam darah. Selain itu, golongan darah lainnya juga tidak memiliki antibodi terhadap golongan darah O, hal itu yang memungkinkan golongan darah O bisa ditransfusi ke semua golongan darah.

Fakta 3: Memengaruhi kesuburan wanita

Fakta golongan darah O lainnya adalah, golongan darah ini dapat memengaruhi kesuburan, terutama bagi wanita. Terlepas dari faktor lain yang memengaruhinya, penelitian pun menemukan bahwa golongan darah O berisiko mengalami peluang kehamilan yang lebih rendah. Penyebabnya adalah terlalu tingginya kadar FSH yaitu follicle stimulating hormone. Sehinga kemungkinan cadangan sel telur pada wanita dengan golongan darah O lebih sedikit, dibandingkan pada wanita dengan golongan darah lain. Meskipun temuan ini berdasarkan hasil penelitian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan kebenarannya.

Fakta 4: Ada bahan makanan khusus untuk diet

Anda bisa mencoba diet berdasarkan golongan darah. Bila golongan darah Anda O, makanan yang dapat dikonsumsi untuk menunjang diet Anda adalah makanan-makanan yang kaya akan protein. Misalnya, ikan, unggas, daging tanpa lemak, kacang-kacangan, biji-bijian, dan susu. Jangan lupa untuk memasukkan sayuran ke dalam menu. Bila perlu, pastikan menu diet ini dengan dokter gizi terlebih dahulu, untuk memastikan kebutuhan nutrisi harianmu tercapai.

Fakta 5: Ada pilihan olahraga yang tepat

Pola diet sesuai dengan golongan darah tadi, juga merekomendasikan untuk orang-orang dengan golongan darah O lebih cocok melakukan olahraga yang menggunakan kekuatan. Misalnya, berlari, jogging, bersepeda atau olahraga sejenis lainnya yang bersifat aerobik. Jadi, selain memilih makanan yang tepat, juga disarankan untuk memilih olahraga yang tepat. Jangan lupa, penuhi kebutuhan cairan dan nutrisi serta istirahat yang cukup.

Itulah lima fakta golongan darah O yang penting untuk diketahui. Namun, untuk melakukan diet atau olahraga sesuai golongan darah, disarankan berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu untuk memastikan cocok dengan kondisi Anda.