Fakta Manfaat Ratus yang Perlu Anda Ketahui

Ratus adalah perawatan vagina yang telah lama dikenal dan dipercaya mampu merawat kesehatan, kebersihan, melancarkan aliran darah, dan mengurangi bau tak sedap di area kemaluan perempuan. Beberapa orang bahkan percaya ratus juga bisa memberikan kepuasan seksual karena manfaat ratus yang lainnya, yaitu mengencangkan otot-otot di vagina.

Perawatan ratus vagina adalah penguapan vagina dengan asap dari hasil pembakaran ratus (rempah) yang diletakkan di bawah, sementara Anda duduk atau berjongkok di atasnya dengan kursi khusus. Perawatan ini dianggap bisa mencegah keputihan dan menjaga kelembapan di area intim Anda, sehingga kebersihan dan kesehatannya tetap terjaga.

benefits of ratus (Vaginal steaming) - alodokter

Walau perawatan ini sudah makin terkenal hingga ke luar negeri, dan khususnya di kalangan para calon pengantin, namun sebenarnya belum ditemukan bukti resmi atau uji klinis dari manfaat ratus yang telah disebutkan di atas. Proses ini sebenarnya justru bisa menyebabkan iritasi pada vagina Anda yang sensitif akibat uap panas yang berasal dari proses pembakaran ratus. Uap panas ini dapat menyebabkan luka bakar pada organ intim wanita apabila cara melakukannya kurang tepat. Risiko lain juga dapat terjadi apalagi jika terdapat zat tambahan yang mengandung bahan kimia saat pembakaran atau penambahan prosedur lain.

Meski dipercaya dapat menimbulkan efek yang baik bagi kesehatan organ kewanitaan, secara ilmiah belum ditemukan data akurat yang dapat membuktikan manfaat tersebut. Selain itu, masih banyak cara lain selain ratus yang terbukti lebih aman dan nyaman untuk membersihkan vagina.

Yuk! Kenali Vagina Anda Sebelum Merasakan Manfaat Ratus

Sebelum menerapkan berbagai langkah perawatan vagina, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang vagina. Vagina Anda memiliki kemampuan untuk menjaga kebersihan dan kesehatannya sendiri, yaitu dengan bantuan bakteri baik yang akan membasmi bakteri jahat sekaligus menjaga keseimbangan pH di vagina. Proses ini akan menghasilkan cairan pembuangan alami yang dikenal dengan keputihan.

Inilah sebabnya keputihan merupakan kondisi yang normal dialami, sehingga Anda tidak perlu melakukan prosedur seperti menyemprot vagina (douching), menggunakan tisu vagina, atau mencari tahu manfaat ratus untuk merawat vagina. Melakukan langkah ini justru berisiko terhadap timbulnya reaksi alergi, iritasi, serta bisa mengganggu keseimbangan jumlah bakteri baik dan kadar pH di vagina. Ketidakseimbangan ini bisa menyebabkan keputihan menjadi bau dan berubah warna. Keputihan tidak normal tersebut juga pertanda dari kondisi tubuh yang terganggu, misalnya menurunnya sistem kekebalan tubuh yang bisa memicu sariawan di vagina, atau adanya infeksi bakteri akibat hubungan seksual yang tidak aman. Jika terdapat keputihan yang tidak normal, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat pengobatan yang tepat.

Hindari mencuci bagian luar vagina dengan sabun yang mengandung parfum, berbentuk gel, dan mengandung antiseptik, karena dapat mengganggu keseimbangan jumlah bakteri baik dan kadar pH di dalam vagina. Mencuci vagina (douching) ternyata berisiko menimbulkan penyakit pada organ kewanitaan seperti radang panggul, infeksi bakteri, kehamilan ektopik, dan kanker serviks.

Perawatan Vagina yang Sama dengan Manfaat Ratus

Masih banyak cara lain untuk merawat area kemaluan Anda dan sudah jelas teruji kegunaannya jika dibandingkan dengan manfaat ratus. Untuk kesehatan dan kebersihan vagina, menjaga kesehatan tubuh Anda adalah cara yang terpenting.

Aktivitas olahraga seperti berlari atau berjalan kaki bisa membantu menjaga fungsi vagina, kondisi tulang panggul, bahkan kesehatan organ reproduksi. Lakukan diet makanan yang sehat, berimbang, mengandung banyak cairan, dan sesuai dengan kondisi fisik (tinggi, berat badan, dan aktivitas) maupun kesehatan Anda.

Ingin memuaskan pasangan? Senam Kegel bisa melatih kekuatan otot panggul Anda, dan meningkatkan fungsi organ seksual sehingga turut meningkatkan orgasme. Selain itu, Kegel juga bisa meringankan gejala atau mencegah vagina turun dan inkontinensia urine. Melakukan hubungan seksual secara aman dengan menggunakan kondom dan tidak berganti-ganti pasangan juga bisa menjaga kesehatan vagina dan kesehatan tubuh, karena bisa menjauhkan Anda dari bakteri penyebab penyakit menular seksual.

Seperti yang telah disebutkan di atas, vagina bagian dalam Anda memiliki mekanisme kebersihan alami sendiri sehingga tidak perlu penggunaan sabun maupun berusaha mendapatkan manfaat ratus untuk menjaga kenikmatan untuk berhubungan seksual dan kebersihan vagina.

Secara tradisional ratus memang dipercaya dapat menyehatkan organ kewanitaan dan memuaskan pasangan ketika melakukan hubungan intim, membersihkan keputihan, hingga merapatkan vagina. Namun fakta ilmiah menyimpulkan bahwa manfaat ratus atau spa vagina di dunia kedokteran modern masih kontroversial, dan belum terbukti secara klinis efek dan manfaatnya bagi kesehatan organ kewanitaan. Ratus memiliki efek mirip dengan pencucian vagina, efek ini tidak baik bagi kesehatan karena dapat menimbulkan risiko seperti yang telah disebutkan di atas.