Faktor-faktor Pendukung Senam Mengecilkan Perut

Banyak cara yang dilakukan oleh orang-orang demi mendapatkan perut rata bebas buncit. Salah satu cara yang patut dicoba adalah senam mengecilkan perut.

Timbunan lemak di daerah perut bukan datang tanpa sebab. Adalah hormon kortisol yang memiliki andil menahan lemak perut. Lalu, mampukah senam mengecilkan perut mengatasinya?

faktor-faktor pendukung senam mengecilkan perut - alodokter

Perhatikan Hal Ini Jika Ingin Perut Rata

Sebelum melakukan senam mengecilkan perut, ketahui dahulu beberapa hal penting terkait lemak perut agar tidak terjadi kesalahpahaman dan rasio keberhasilannya makin tinggi.

Lemak di perut terjadi ketika faktor kalori yang berlebihan berjumpa dengan faktor hormon kortisol dan insulin. Walaupun kita mengurangi asupan berkalori, pembakaran lemak di daerah perut bisa terasa lebih lambat dibanding penurunan berat badan. Hal ini karena pembakaran lemak tersebut juga banyak bergantung pada naik turunnya kadar hormon di dalam darah.

Banyaknya produksi hormon insulin terkait dengan jumlah makanan mengandung karbohidrat atau gula yang dikonsumsi. Sementara itu, hormon kortisol terkait erat dengan tingkat stres seseorang serta kualitas dan kuantitas tidur.

Untuk itu, cukupi kebutuhan tidur demi menjaga level kortisol yang stabil dalam tubuh. Tidur yang cukup dan berkualitas juga berpengaruh terhadap jam sirkadian tubuh yang berperan besar bagi metabolisme dan berat badan. Pastikan juga Anda mampu mengelola stres dengan baik karena kortisol akan kian melonjak jika stres memuncak.

Mengurangi asupan gula dalam bentuk apa pun, termasuk fruktosa atau gula yang berasal dari buah-buahan. Fruktosa sendiri menjadi elemen yang penting dijauhi ketika ingin mengurangi berat badan. Konsumsi fruktosa secara berlebihan juga bisa menyebabkan resistensi insulin.

Penting juga untuk diketahui bahwa keberhasilan tubuh untuk mengurangi lemak berlebih, sebanyak 80 persennya ditentukan oleh apa yang dikonsumsi dan 20 persen sisanya terkait dengan gaya hidup sehat seperti berolah raga secara teratur, mengelola kualitas tidur dan tingkat stres.

Gerakan Senam yang Direkomendasikan

Jika sudah mengatur pola makan, tidur dan tingkat stres, maka bersiaplah melakukan senam mengecilkan perut seperti di bawah ini. Gerakan-gerakan berikut ini efektif dalam membakar lemak di perut.

  • Side Plank

Berbaringlah menggunakan sisi kiri Anda dengan ditopang oleh siku kiri lurus di bawah bahu dan tumpuklah kedua kaki Anda. Jika biasanya tangan satu lagi di angkat, maka cobalah tempatkan tangan kanan di bahu kiri atau di pinggul kanan.

Selanjutnya, angkat perut dan pinggul Anda, bertumpu pada siku dan kaki kiri hingga membentuk garis diagonal. Posisi pundak kanan harus lebih tinggi dan kaki tetap menapak di lantai. Tahan selama 30-45 detik. Jika belum mampu selama itu, ulangi hingga mampu meraih waktu total 30-45 detik. Ulangi di sisi sebaliknya dengan gerakan yang sama.

 Dengan cara ini otot perut akan bekerja lebih keras karena seluruh berat badan hanya bertumpu pada dua titik dalam menjaga kestabilan.

  • Jalankan tangan dalam posisi push-up

Lakukan posisi push-up dengan posisi masing-masing tangan lima sentimeter lebih lebar dari bahu. Tangan berjalan ke arah luar sejauh mungkin kemudian kembali ke tempat semula dan ulangi minimal 10 kali hingga maksimal 12 kali. Agar kian menantang, angkat salah satu kaki Anda dan jalankan lagi tangan ke arah luar dan dalam.

Senam mengecilkan perut dengan posisi ini semacam latihan otot perut yang melibatkan seluruh tubuh, terutama bagian lengan dan kaki. Latihan ini berguna untuk  ketahanan dan kekuatan seluruh tubuh.

  • Berjalan seperti buaya

Carilah area yang cukup luas yang memungkinkan Anda bergerak sejauh 9-18 meter. Sediakan dua buah piring plastik yang akan digunakan sebagai alas kaki. Setelah itu ambil posisi push-up dengan meletakkan kaki tepat di atas piring plastik.

Berjalanlah dengan menggunakan kedua tangan saja.  Piring plastik tadi berguna agar memudahkan proses menyeret kaki selayaknya buaya berjalan menyeret ekornya. Berjalanlah sejauh 9 meter, lalu kembali ke tempat semula. Istirahatlah selama 1-2 menit jika Anda kelelahan sebelum melakukan jalan ala buaya tersebut.

Senam mengecilkan perut dengan cara menyeret diri sendiri seperti ini melibatkan seluruh tubuh untuk menjaga keseimbangan dan membakar kalori lebih banyak lagi. Latihan ini mencakup latihan kesehatan jantung (cardio), keseimbangan, dan kekuatan tubuh sehingga hasilnya lebih cepat terlihat.

Rutin melakukan gerakan senam mengecilkan perut di atas dengan diimbangi gaya hidup sehat membuat lemak perut berlebih kian mudah dikikis.