Gatal Alergi Bisa Dikendalikan dengan Cara Mudah Berikut

Saat ada benda asing tertentu menyentuh kulit dan sistem kekebalan tubuh menganggapnya sebagai bahan berbahaya, maka sistem imun tubuh akan memberikan respon. Selain gatal pada kulit, respon sistem imun tubuh ini dapat menimbulkan ruam merah.

Kondisi dimana terjadi reaksi radang oleh karena kulit bersentuhan dengan benda asing tertentu disebut dermatitis kontak alergi. Gatal sebagai reaksi alergi ini bisa diakibatkan oleh berbagai macam benda, tergantung kepada benda apa kulit tiap individu akan bereaksi secara berlebihan. Tiap orang dapat memiliki reaksi yang berbeda-beda terhadap suatu bahan atau materi.

gatal alergi bisa dikendalikan dengan cara mudah berikut - alodokter

 

Beberapa benda yang umumnya menjadi alergen sehingga bisa menyebabkan gatal alergi antara lain:

  • Lateks, yang merupakan bahan yang biasa digunakan untuk plastik dalam pakaian, balon, dan kondom.
  • Obat-obatan yang dioleskan pada kulit, seperti antibiotik atau krim antigatal.
  • Nikel sebagai logam yang biasanya digunakan sebagai campuran perhiasan dan kancing pada celana jeans.
  • Kosmetik, losion, sabun, dan sampo.
  • Tabir surya atau antinyamuk yang disemprotkan.
  • Parfum atau pewangi.
  • Produk pembersih.
  • Jenis tanaman tertentu.

Meredakan Gatal Tanpa Obat dengan Cara Ini

Saat gatal alergi melanda kulit, ada beberapa tindakan yang bisa dilakukan sendiri tanpa harus menghubungi dokter. Tindakan-tindakan tersebut antara lain:

  • Jangan menggaruk

Menggaruk tidak akan meredakan gatal yang melanda kulit, namun justru memperparah keadaan kulit. Menggaruk kulit yang gatal juga bisa menyebabkan iritasi. Untuk menghindari keinginan menggaruk, tutuplah kulit yang sedang gatal. Tindakan pencegahan lainnya adalah dengan memotong kuku dan memakai sarung tangan di malam hari.

  • Kompres dengan air dingin

Meredakan gatal karena alergi bisa dilakukan dengan kompres air dingin. Tutuplah bagian kulit yang gatal dengan perban yang sudah dibasahi dengan air dingin atau air es guna melindungi kulit sekaligus mencegah terkena garukan. Suhu dingin dapat berdampak kepada saraf pemicu rasa gatal dan kemungkinan langkah ini mampu membuat gatal mereda. Air dingin juga berpotensi meredakan rasa gatal.

  • Mandi air hangat

Selain mengompres dengan air dingin atau air es, mandi dengan air bertemperatur hangat-hangat kuku juga kemungkinan bisa membantu. Agar makin efektif dalam meredakan gatal, tuang baking soda, dan oatmeal mentah atau oatmeal koloid yang ditumbuk halus ke dalam bak mandi berisi air suam-suam kuku tersebut.

  • Kenakan pakaian berbahan katun

Salah satu efek gatal alergi yang harus dihindari adalah iritasi kulit. Untuk meminimalkan hal ini, gunakanlah pakaian berbahan halus, misalnya katun. Selain itu, usahakan pakaian tersebut berukuran longgar.

  • Gunakan sabun yang lembut

Saat gatal melanda, utamakan pemakaian sabun yang lembut saat mandi. Salah satu ciri sabun yang lembut adalah tanpa bahan pewarna dan tanpa pewangi. Usahakan membilas busa sabun sebersih mungkin. Selain itu, mengoleskan pelembap untuk melindungi kulit setelah mandi kemungkinan bisa membantu meredakan gatal.

Meskipun langkah-langkah mandiri di atas berhasil, jangan lupa untuk tetap mencari tahu apa yang menyebabkan gatal alergi. Mengetahui alergen adalah langkah yang harus dilakukan agar seseorang bisa terhindar dari mengalami alergi yang sama.

Langkah lain yang sebaiknya dilakukan adalah berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan obat yang tepat. Hal ini terutama jika penanganan gatal alergi secara mandiri di atas tidak menunjukkan kemajuan.