Gunakan Manfaat Lemon untuk Diet yang Menyehatkan Tubuh

Beberapa jenis diet lemon yang ada bisa menjanjikan Anda tubuh dengan berat badan ideal atau saluran pencernaan yang terbebas dari racun. Air lemon untuk diet juga dipercaya bisa mengurangi keinginan Anda “mengidam” makanan tidak sehat.

Mengonsumsi air lemon dipercaya dapat menurunkan berat badan. Namun sebenarnya penurunan berat badan hanya terjadi apabila kita menggantikan minuman manis yang biasa kita konsumsi dengan air lemon, yang lebih rendah kalori. Melakukan diet jenis apa pun tanpa mengonsumsi makanan lain justru bisa membuat tubuh mengalami kekurangan nutrisi dan kehilangan massa otot. Selain itu, berat badan Anda juga akan cenderung kembali naik dengan lebih cepat ketika sudah menyelesaikan program diet.

lemonade for diet - alodokter

Tubuh Anda tetap membutuhkan berbagai jenis asupan nutrisi untuk menjalankan fungsinya dengan baik, termasuk untuk memulai proses metabolisme tubuh yang akan mengolah makanan menjadi sumber energi.

Sementara, tugas menjaga kebersihan saluran pencernaan dari racun sudah dipegang oleh organ tubuh Anda yang bernama hati. Sehingga yang perlu Anda lakukan justru menjaga hati dengan sebaik mungkin. Jadi, bagaimana sebaiknya melakukan diet lemon yang benar-benar menyehatkan tubuh?

Tips Menggunakan Lemon untuk Diet yang Menyehatkan

Untuk mendapatkan keuntungan kesehatan yang tahan lama dari lemon, melakukan diet lemon harus tetap disertai dengan asupan nutrisi yang berasal dari berbagai pilihan makanan sehat dan seimbang.

Makanan sumber nutrisi yang disarankan antara lain sayur-sayuran, buah-buahan, ikan, daging ayam tanpa kulit, gandum, produk susu rendah lemak, dan sumber lemak yang menyehatkan seperti minyak zaitun.

Olahan lemon yang direkomendasikan adalah perasan dari setengah buah lemon yang dicampur dengan air hangat atau dingin. Namun jika Anda tidak kuat dengan rasa asamnya, Anda bisa memulai dengan perasan dari ¼ lemon. Untuk pagi hari minumlah air lemon yang dicampur dengan air hangat. Air lemon hangat di pagi hari dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan Anda.

Anda juga bisa memarut kulit lemon untuk dijadikan bumbu masakan atau menambahkannya pada adonan kue untuk mendapatkan rasa yang segar.

Selain menjaga agar tubuh tetap terhidrasi, air lemon juga baik diminum ketika Anda sedang pilek. Selain sebagai sumber vitamin C, lemon untuk diet juga membantu menjaga fungsi otot, serta keseimbangan cairan tubuh karena memberikan asupan nutrisi yang bernama potasium bagi tubuh.,Selain itu, lemon juga memiliki berbagai manfaat lain untuk kesehatan dan kecantikan.

Efek Samping Air Lemon untuk Diet yang Mungkin Terjadi

Perlu diingat bahwa lemon memiliki kandungan asam sitrun yang bisa mengikis enamel gigi sehingga berisiko juga pada masuknya bakteri ke dalam gigi. Untuk mengurangi risiko asam melekat pada gigi Anda, minumlah air lemon melalui sedotan. Setelahnya, berkumurlah dengan air biasa lalu buang air kumuran tersebut.

Hentikan mengonsumsi lemon untuk diet jika Anda mengalami nyeri ulu hati dan bertambah parah ketika meminum air lemon. Disarankan untuk mengonsultasikan lebih lanjut dengan dokter atau ahli gizi sebelum Anda memulai diet lemon atau diet lain, khususnya jika Anda memiliki kondisi medis atau sedang mengidap suatu penyakit. Lengkapi juga diet Anda dengan olahraga untuk mencapai diet yang maksimal.