Hamil 4 Bulan: Pergerakan Bayi Mulai Terasa

Pada usia hamil 4 bulan atau sekitar 17-20 minggu, ibu hamil pada umumnya mulai merasakan pergerakan bayi mereka. Bentuk wajah bayi juga terlihat makin jelas.

Jika pada kehamilan bulan ke-3 Anda masih dapat mengenakan sebagian pakaian biasa yang longgar, pada masa ini kemungkinan besar Anda telah perlu mengenakan pakaian dan celana hamil. Pada bulan ke-4 ini, janin akan semakin membesar dengan wajah yang semakin terbentuk jelas.

hamil 4 bulan, alodokter

Bagaimana Pertumbuhan Janin?

Di awal usia hamil 4 bulan, bayi Anda akan kurang lebih berukuran 13 cm dengan berat sekitar 140 gram. Tempurung kepalanya yang tersusun dari tulang rawan akan mulai mengeras. Saraf tulang belakangnya mulai terselubungi oleh lapisan pelindung bernama mielin. Sementara kelenjar keringat juga mulai berkembang di seluruh tubuhnya. Tali pusatnya yang menjadi saluran sumber makanannya juga akan makin menguat dan mengembang.

Usia 17 minggu

  • Tubuhnya akan membesar mengikuti kepala sehingga wujudnya menjadi lebih proporsional.
  • Wajahnya akan mulai makin tampak serupa manusia dengan pertumbuhan alis dan bulu mata.
  • Meski kelopak matanya menutup, namun bola matanya mulai dapat bergerak. Mulutnya pun mulai dapat terbuka dan tertutup.
  • Jari-jari mulai terbentuk dan sidik jari telah tercipta. Tangannya mulai bisa mengepal.
  • Bayi akan merespons bunyi dari luar, seperti suara musik. Namun kemungkinan Anda belum dapat merasakan pergerakan janin tiap kali.
  • Tubuhnya belum banyak menyimpan lemak sehingga terlihat keriput.

Usia 18 minggu

  • Pembuluh darahnya telah nampak pada permukaan kulit.
  • Telinganya telah muncul, meski belum sempurna.
  • Pada usia ini, jenis kelamin bayi telah dapat dikenali.
  • Mulai minggu ini hingga minggu ke 20, ibu mulai merasakan dengan lebih jelas gerakan-gerakan bayi.

Usia 19 minggu

  • Janin telah dapat menelan cairan ketuban dan ginjalnya dapat membuang air seni.
  • Rambut di kepala mulai tumbuh.
  • Saraf untuk mencium, merasa, melihat, mendengar, dan menyentuh mulai terbentuk pada otak.

Usia 20 minggu

  • Tubuh bayi mulai dilindungi lapisan lemak bernama vernix caseosa. Lapisan ini melindungi kulit bayi yang lama berada dalam cairan ketuban.
  • Bayi Anda akan lebih banyak menelan. Tubuhnya akan menyerap air dalam cairan ketuban dan memasukkannya ke dalam usus besar.
  • Pada minggu ke 20, bayi kurang lebih berukuran 26 cm dan berberat 300 gram.

Apa Saja Perubahan yang Terjadi pada Tubuh Ibu?

Pada usia kehamilan 17-20 minggu, ibu hamil sudah dapat merasakan pergerakan bayi mereka. Sementara perut yang terus mengembang membuat organ tubuh seperti usus bergeser posisi dan tubuh perlu menyesuaikan postur. Sebagai efek rahim yang mengembang, kulit perut akan mengalami pigmentasi sehingga bisa jadi akan terdapat garis hitam pada bagian bawah perut Anda. Kerontokan rambut yang normal mereda sehingga rambut kelihatan lebih tebal dari biasanya. Masalah lain yang mungkin dirasakan adalah kurang tidur, kelelahan, dan sakit kepala. Jika sakit kepala terasa sangat parah, sebaiknya segera periksakan diri karena dapat menjadi gejala penyakit tertentu.

Apa Saja yang Perlu Diperiksakan?

Selain kondisi umum seperti tekanan darah, suhu tubuh, dan berat badan ibu/bayi, ada juga pemantauan penyakit. Jika terdapat riwayat penyakit keturunan, misalnya karena kelainan kromosom dalam keluarga, pada usia kehamilan 18-20 minggu ini, Anda dapat mengambil tes untuk mendeteksi kemungkinan kelainan pada bayi.

Jika Anda memiliki kondisi alergi, kemungkinan pada masa kehamilan ini kondisi tersebut akan makin terasa. Meski tergolong normal, Anda dapat memeriksakan diri ke dokter jika alergi dirasa terlalu mengganggu. Dokter akan memastikan obat-obatan yang Anda konsumsi aman untuk janin.

Apa Saja yang Perlu Diperhatikan?

Berikut ini hal-hal yang dapat dilakukan dan perlu dihindari pada usia kehamilan 17-20 minggu.

  • Rahim yang membesar kemungkinan akan membuat keseimbangan tubuh Anda terganggu. Maka jika sebelumnya terbiasa mengenakan sepatu berhak tinggi, kini saatnya untuk lebih memilih mengenakan sepatu datar.
  • Susah tidur adalah kondisi yang umum terjadi di masa ini. Gunakan bantal tambahan di sisi tubuh untuk menopang perut. Posisi terbaik adalah tidur menyamping agar pembuluh darah tidak tertekan oleh berat rahim. Berbaring telentang dapat membuat Anda pusing karena terbatasnya aliran darah ke jantung.
  • Pastikan Anda mengonsumsi makanan sehat yang mencukupi kebutuhan zat besi tubuh agar bayi dapat membentuk sel darah merah. Zat besi umumnya terdapat pada daging unggas, ikan, daging merah tanpa lemak, dan bayam.
  • Pada masa ini, kemungkinan Anda akan merasakan nyeri yang sering terasa pada paha atau kaki, disebut nyeri saraf skiatik.
  • Tetap lakukan olahraga yang aman untuk ibu hamil.
  • Waspadai gejala tertentu seperti pendarahan yang dapat menjadi tanda kondisi serius. Gatal-gatal berlebihan juga dapat menjadi gejala gangguan hati yaitu  kolestasis obstetrik.

Setelah mulai merasakan pergerakan bayi di usia hamil 4 bulan ini, pada bulan berikutnya janin akan makin menyerupai bayi kecil. Pada kehamilan bulan kelima, gerakan bayi yang tadinya hanya sebatas tendangan halus akan berubah menjadi dorongan yang terasa lebih kuat. Selain itu, gejala-gejala kehamilan seperti mual dan sering buang air kecil akan mereda. Bulan tersebut bisa menjadi masa yang paling dinikmati bagi para ibu hamil.

Baca siklus kehamilan selanjutnya di Hamil 5 Bulan: Masa yang Sering Dianggap Paling Nyaman