Hati-hati, Kekurangan Vitamin C Dapat Memicu Stroke dan Scurvy

Jangan anggap remeh kebutuhan vitamin C Anda. Ternyata, kekurangan vitamin C dapat memicu ragam kondisi penyakit, seperti stroke dan scurvy atau penyakit skorbut.

Vitamin C dibutuhkan oleh tubuh untuk memperbaiki jaringan tubuh dan menjaga kesehatannya. Karena tubuh tidak dapat menghasilkan vitamin C, maka kita perlu memenuhi kebutuhan vitamin C baik dengan mengonsumsi suplemen atau dengan mengonsumsi sayur dan buah yang mengandung vitamin C. Pasalnya, jika tubuh kekurangan vitamin C, maka tubuh akan kesulitan dalam memperbaiki dan menjaga kesehatan jaringan tubuh. Akibatnya, beragam jenis penyakit pun bermunculan seperti beberapa penyakit di bawah ini.

vitamin c deficiency

Munculnya Penyakit Skorbut atau Scurvy

Pernah dengar kondisi ini sebelumnya? Jika Anda belum pernah, hal tersebut wajar. Pasalnya penyakit skorbut merupakan penyakit langka yang diakibatkan oleh kekurangan vitamin C. Gejala dari penyakit skorbut atau scurvy ini dapat mencangkup nyeri otot, nyeri sendi, bintik merah di kulit, kelelahan, atau gusi membengkak dan berdarah.

Meski terlihat hanya menunjukkan gejala seperti di atas, ternyata penyakit ini juga dapat menyebabkan kematian. Dokter biasanya akan mendeteksi penyakit ini mulai dari gejala yang ditunjukkan dan pola makan Anda hingga melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap kadar vitamin C yang ada di dalam darah Anda. Pengobatan untuk penyakit ini biasanya akan dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C dan mengonsumsi suplemen vitamin C.

Meningkatnya Risiko Stroke

Meski masih memerlukan penelitian lebih banyak lagi, sebuah studi menunjukkan bahwa mereka yang kebutuhan vitamin C-nya tercukupi memiliki risiko lebih rendah terserang stroke dibandingkan mereka yang kekurangan vitamin C. Adapun jenis stroke yang mungkin terjadi adalah stroke hemoragik, kondisi di mana terjadi pendarahan di sekitar atau di dalam otak. Tidak hanya risiko stroke yang meningkat, kekurangan vitamin C juga dipercaya memiliki keterkaitan dengan penyakit jantung.

Lalu, Bagaimanakah Seseorang Dapat Dikatakan Kekurangan Vitamin C?

Kekurangan vitamin C berarti Anda kekurangan jumlah vitamin C yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatannya, hal ini juga dapat menyebabkan kolagen baru tidak dapat dibentuk. Akibatnya, kemampuan tubuh untuk memperbaiki dan menjaga ragam jaringan di dalam tubuh menjadi berkurang.

Agar Anda tidak kekurangan vitamin C, Anda perlu tahu berapa vitamin C yang dibutuhkan tubuh Anda. Berikut ini adalah jumlah asupan vitamin C yang dibutuhkan tubuh sesuai usia.

  • Usia 0-12 bulan, jumlah asupan vitamin C yang dibutuhkan berkisar pada 40 mg hingga 50 mg per hari.
  • Usia 1-8 tahun, jumlah asupan vitamin C harian yang dibutuhkan mulai berkurang, yaitu berkisar pada 40-45 mg per hari.
  • Usia 9-13 tahun, jumlah vitamin C mulai bertambah lagi yaitu 45-50 mg per hari.
Sedangkan begitu menginjak usia 13 tahun, kebutuhan vitamin C pada laki-laki dan perempuan akan berbeda. Misalnya pada perempuan usia 13 tahun ke atas, jumlah asupan vitamin C yang dibutuhkan berkisar pada 65-75 mg per hari. Sedangkan pada ibu hamil ditambah 10 mg per hari dan 25 mg per hari pada ibu menyusui. Lalu, pada pria usia 13 tahun ke atas, jumlah asupan vitamin C yang dibutuhkan adalah 75-90 mg per hari.

Kini Anda sudah tahu berapa kadar vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh. Jangan biarkan tubuh Anda dan keluarga mengalami kekurangan vitamin C, dan mulailah memasukkan sayur dan buah yang kaya akan vitamin C ke dalam menu harian Anda. Agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari beberapa kondisi kesehatan serius seperti di atas.