Hati-hati Payudara Membesar secara Tidak Normal

Payudara berukuran besar menjadi dambaan sebagian wanita. Tetapi, waspadai jika payudara membesar akibat benjolan atau bengkak serta gejala lain yang tidak nyaman.

Pembesaran payudara dapat terjadi akibat gangguan pada jaringan pembentuknya yaitu jaringan lemak, kelenjar susu, saluran susu dan jaringan ikat. Jaringan lemak sendiri dapat membesar akibat volume cairan tubuh. Situasi ini mengakibatkan payudara terasa sakit ataupun keras, terasa berat, kadang terasa lebih panas, serta permukaan kulit payudara yang lebih kasar.

payudara membesar-alodokter

Berbagai Kemungkinan Penyebab Payudara Membesar

Mencermati berbagai kemungkinan penyebab membesarnya payudara penting agar Anda lebih waspada untuk mengenali tanda-tanda yang dapat merujuk pada kondisi yang serius. Pembesaran payudara saat pramenstruasi dan hamil masih merupakan kondisi normal yang berkaitan dengan perubahan hormon. Namun perlu diwaspadai pula penyebab lain yang dapat mengarah ke penyakit berbahaya.

Berikut ini beberapa kemungkinan penyebab payudara membesar karena pembengkakan yang harus diwaspadai.

Abses payudara

Payudara membesar dapat diakibatkan karena abses atau kumpulan nanah yang terbentuk pada payudara. Kondisi ini umumnya diakibatkan infeksi bakteri yang kemudian memicu terbentuknya nanah pada bagian bawah kulit. Benjolan karena abses ini dapat terasa panas, kulit berwarna merah, bengkak, hingga dapat menyebabkan demam. Nanah pada payudara ini kemudian perlu dikeringkan dengan menggunakan jarum atau melalui prosedur sayatan.

Fibrosistik payudara

Benjolan yang tidak bersifat kanker yang dialami lebih dari 50% wanita. Meski umumnya tidak berbahaya, tetapi kondisi ini dapat dirasa cukup mengganggu. Pembengkakan biasa muncul sebelum atau selama fase menstruasi dengan disertai nyeri.

Fibroadenoma

Fibroadenoma adalah benjolan tumor pada payudara yang tidak bersifat kanker dan umumnya dialami wanita di bawah usia 30 tahun. Meski tidak berbahaya, tetapi fibroadenoma tetap memerlukan penanganan.

Kanker payudara

Adanya benjolan pada payudara atau hasil tes mammogram yang tidak normal adalah gejala awal yang dapat dideteksi dari kanker payudara. Besar kecilnya benjolan ini yang dapat menjadi indikator tingkatan atau jenis kanker. Payudara membesar akibat kanker bisa terjadi antara lain karena adanya pemblokiran pembuluh limfa ataupun pembengkakan.

Infeksi payudara

Infeksi payudara atau mastitis adalah kondisi yang tidak jarang dialami ibu menyusui. Situasi ini terjadi saat bakteri dari mulut bayi masuk ke payudara melalui luka terbuka pada puting payudara. Infeksi ini menyebabkan payudara membesar atau bengkak yang terasa sakit. Payudara membesar akibat infeksi ini umumnya dapat ditangani dengan antibiotik.

Gynecomastia pada pria

Payudara membesar juga dapat terjadi pada pria, kondisi ini disebut gynecomastia, akibat perubahan alami pada estrogen dan testosteron. Hal ini normal terjadi pada sebagian anak laki-laki pada masa pubertas.

Konsumsi makanan atau obat tertentu

Konsumsi makanan tertentu yang tinggi kandungan garam ataupun kafeinnya dapat menyebabkan payudara membesar. Selain itu, payudara membesar juga dapat disebabkan konsumsi obat-obatan yang mengandung estrogen seperti pil KB.

Periksakan diri ke dokter jika payudara membesar dirasa mengkhawatirkan, terutama jika kondisi ini tidak kunjung reda atau disertai gejala-gejala seperti: adanya keretakan pada puting, payudara berubah warna menjadi merah muda atau memar, rasa sakit pada payudara, puting mengeluarkan cairan yang tidak normal, ataupun terdapat benjolan yang tidak berkurang setelah menstruasi berakhir.

Di samping itu, jangan lupa bahwa ada hal-hal yang dapat berperan penting untuk mencegah payudara membesar akibat gangguan tertentu, antara lain: konsumsi makanan sehat seperti buah dan sayuran, kurangi konsumsi kafein, hindari makanan tinggi kadar lemak dan garam, serta kelola stres dengan cara-cara yang digemari seperti yoga. Selain itu, menjelang menstruasi, disarankan mengenakan bra dengan satu ukuran lebih besar dibanding biasanya.