Human Chorionic Gonadotropin (HCG)

Pengertian Human Chorionic Gonadotropin (HCG)

Hormon Chrorionic Gonadotropin (HCG) adalah hormon alami untuk meningkatkan fertilitas (kesuburan) dan mengatasi masalah yang berkaitan dengan hormon seks.  Hormon  ini diberikan dengan  cara menyuntikannya di bawah kulit atau ke dalam otot.

hcg1

Untuk wanita, HCG dapat mengatasi infertilitas (kemandulan) dengan cara memicu pertumbuhan sel telur pada indung telur (ovarium) dan memicu pelepasan sel telur saat terjadi pembuahan (ovulasi). Kendati demikian, obat ini hanya bisa diberikan pada wanita dengan  indung telur yang masih berfungsi  dan tidak menderita kegagalan indung telur prematur (primary ovarian failure).  

Sedangkan untuk membantu fertilitas pada pria, HCG dapat meningkatkan jumlah sperma dan digunakan untuk mengatasi kondisi testis yang tidak turun ke skrotum secara alami (kriptokismus). Hormon ini juga dapat membantu perkembangan seksual dengan mendorong pengeluaran hormon seks pada remaja pria, seperti hormon testosteron.

Tentang HCG

Golongan  Hormon Chrorionic Gonadotropin
Kategori  Obat resep
Manfaat  Mengatasi infertilitas dan mengatasi masalah yang berkaitan  dengan  hormon seks
Dikonsumsi oleh  Dewasa dan anak-anak
Bentuk obat  Suspensi serbuk (suntikan)

Peringatan:

  • Wanita hamil tidak dianjurkan memakai hormon ini karena berisiko menyebabkan kelainan pada bayi saat kelahiran. Selain itu, efek hormon ini pada air susu ibu juga belum diketahui. Oleh karena itu, tanyakan hal ini pada dokter sebelum penyuntikan HCG jika sedang menyusui.
  • Obat ini tidak dapat digunakan untuk orang dengan kondisi medis tertentu, seperti pubertas dini atau menderita kanker yang berkaitan dengan hormon seks (kanker prostat pada pria).
  • Berhati-hatilah jika pernah menderita atau sedang memiliki masalah tiroid atau gangguan kelenjal adrenal, kista indung telur, kanker, pendarahan pada urine, penyakit jantung, ginjal, epilepsi, migraine, dan asma.
  • Bicarakan pada dokter jika sedang mengonsumsi obat-obatan lain, termasuk obat yang dijual bebas, herbal, atau suplemen.
  • Jika terjadi reaksi alegi dan overdosis, segera temui dokter.

Dosis HCG

HCG diberikan dengan dosis berdasarkan usia, berat badan, jenis kelamin, kondisi medis serta respon penderita terhadap obat. Dosis pemakaian yang biasa digunakan adalah:

Kondisi Dosis
Untuk induksi ovulasi pada wanita dewasa Dosisnya 5000 hingga 10.000 unit disuntikkan intramuskular (IM) setelah hari terakhir pemakaian obat menotropin.
Untuk mengatasi gangguan hormon pada pria dewasa Dosis awal:  500 hingga 1000 unit IM, tiga kali dalam satu minggu selama 3 minggu.Dosis lanjutan: 500 hingga 1000 unit IM, dua kali dalam satu minggu selama 3 minggu.

Dosis pemberian HCG dapat berbeda-beda antar satu pasien dengan yang lain, sesuai dengan kondisi yang dialami. Dokter akan memberikan HCG sesuai dengan kondisi masing-masing, dan jangan melebihi atau mengurangi dosis tanpa anjuran dokter.

Mengonsumsi HCG Dengan Benar

Gunakan HCG sesuai dosis dari dokter dan tidak melebihi dosis serta jangka waktu pemakaian yang dianjurkan. Jangan  menggunakan obat ini jika warnanya telah berubah atau ada partikel dalam cairannya.

Simpanlah HCG yang belum dicampur pada suhu ruangan dan tempatkan jauh dari cahaya, kondisi yang lembap, dan panas.

Setelah HCG dicampur, suntikan berisi suspensi tersebut  harus disimpan dalam lemari pendingin, Segera buang  suntikan HCG jika waktu pencampurannya sudah lebih dari 30 hari.

Hindari mengonsumsi alkohol saat menggunakan HCG jika berencana ingin hamil. Penggunaan HCG bersamaan dengan menotropin dapat meningkatkan risiko terjadinya kehamilan kembar dua atau tiga.

Beberapa wanita diketahui mengalami perkembangan sindrom hiperstimulasi ovarium, terutama setelah siklus pengobatan awal dengan HCG. Jika dibiarkan, kondisi ini  dapat membahayakan nyawa penderita.

HCG juga dapat menyebabkan pubertas dini pada anak laki-laki. Hubungi dokter jika anak menunjukkan tanda pubertas dini, seperti suara lebih besar dan dalam, pertumbuhan jerawat, banyak berkeringat, dan pertumbuhan rambut di daerah kelamin.

Jika penderita melewatkan satu kali suntikan HCG, segera hubungi dokter untuk jadwal penyuntikan yang paling tepat. Sedangkan jika penderita menyuntik sendiri di rumah, hubungi dokter segera dan jangan menggandakan dosis sendiri tanpa pengawasan dokter. Jika mencurigai adanya pemakaian dosis berlebih (overdosis), segera kunjungi dokter.

Kenali Efek Samping dan Bahaya HCG

Ada beberapa efek yang tidak diinginkan saat menggunakan HCG, di antaranya:

  • Perut kembung.
  • Panggul dan perut terasa sakit.
  • Kepala terasa pusing.
  • Kelelahan.
  • Nyeri pada daerah yang disuntik.
  • Gelisah.
  • Reaksi alergi serius, seperti ruam, gatal, bengkak, dan kesulitan bernapas.

Sedangkan Efek samping serius penggunaan HCG dengan menotropin antara lain adalah:

  • Nyeri dada.
  • Salah satu sisi tubuh terasa lemah pada satu sisi.
  • Kejang.

Setelah menghentikan pemakaian HCG, penderita mungkin masih mengalami efek samping pasca pengobatan yang memerlukan perhatian medis, seperti:

  • Kenaikan berat badan secara
  • Mual, muntah, atau diare.
  • Napas pendek.
  • Nyeri pada perut.
  • Pencernaan bermasalah.

Jika gejala efek samping mulai terlihat, segera temui dokter. Untuk memastikan penggunaan HCG  dapat mengatasi masalah Anda, temuilah dokter secara teratur.