Ide Snack Sehat di Kantor yang Tidak Bikin Perut Buncit

Kebanyakan snack yang tersedia di supermarket tidak mengandung nutrisi yang cukup. Sebagian justru berkalori tinggi sehingga berisiko menambah berat badan. Alangkah baiknya jika Anda dapat memilih dan mengonsumsi snack sehat di kantor sehingga mendapat tambahan asupan serat, protein, dan antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh.

Disadari atau tidak, snack kemasan yang sering Anda konsumsi umumnya tinggi lemak, tinggi gula, dengan  kandungan nutrisi rendah. Sebagai contoh, 56 gram keripik kentang yang sering Anda konsumsi dapat mengandung 300 kalori dan 19  gram lemak.

snack sehat-alodokter

Kebiasaan mengonsumsi camilan sambil bekerja juga membuat Anda tidak sadar berapa banyak makanan yang sudah masuk ke tubuh. Akibatnya, Anda mengonsumsi lebih banyak kalori dari yang dibutuhkan, apalagi jika Anda sedang merasa bosan atau stres. Selain itu, meski sudah mengonsumsi banyak camilan, Anda juga cenderung tidak mengurangi porsi makan berat Anda.

Dalam studi ditemukan bahwa orang yang mengonsumsi snack tinggi karbohidrat dan protein sekitar 3,5 jam setelah makan siang akan mengonsumsi jumlah kalori yang sama dengan kalori snack. Ini sebabnya penting untuk memillih snack sehat saat bekerja di kantor untuk menyehatkan badan.

Pilihan Snack Sehat dengan Beragam Manfaat

Seorang pakar nutrisi menyarankan untuk mengonsumsi snack sehat tiga kali sehari dengan batas 100-200 kalori tiap snack. Di bawah ini adalah beberapa contoh snack sehat yang dapat menjadi inspirasi Anda memilih makanan selingan.

Kacang

Semua jenis kacang, baik kacang tanah, almond, dan kacang mede kaya akan protein dan serat yang membuat tubuh kenyang lebih lama. Studi menemukan bahwa mengonsumsi almond setiap hari dapat menurunkan kadar kolesterol jahat, serta menyediakan setidaknya 3,5 gram serat dan 6 gram protein. Meski demikian, penting untuk menjaga agar porsi kacang yang dikonsumsi tetap hanya segenggaman tangan penuh agar kalori yang masuk ke tubuh tidak berlebihan. Untuk manfaat kesehatan yang lebih baik, pilih snack almond atau kacang-kacangan yang tidak mengaandung garam. Jika Anda alergi terhadap kacang, hindari salah satu pilihan snack sehat ini.

Popcorn tanpa gula dan garam

Popcorn atau berondong jagung adalah snack sehat sumber serat dan kalori yang dapat membuat perut kenyang lebih lama. Jika diolah dengan microwave tanpa tambahan gula ataupun garam, popcorn juga bebas lemak trans dan lemak jenuh.

Telur rebus

Dua telur rebus dapat mengandung 155 kalori dan 12 gram protein yang membuat Anda bersemangat bekerja.

Susu cokelat bebas lemak

Sekitar 0,2 liter susu bebas lemak dapat mengandung 135 kalori dan menjadi snack sehat tinggi kalsium yang mengenyangkan di ujung hari kerja. Gula dan proteinnya dapat membantu memulihkan otot yang lelah.

Sereal dan susu rendah lemak

Susu rendah lemak dan sereal dapat mendatangkan 183 kalori bagi tubuh dengan kandungannya yang kaya serat, protein, dan kalsium untuk energi.

Selain air mineral, jus buah asli tanpa tambahan pemanis juga dapat menjadi teman pelengkap snack sehat.

Apel panggang

Potongan apel yang dipanggang dapat terasa seperti makanan pencuci mulut, tapi dengan kandungan vitamin dan serat yang sama. Anda dapat mengoleskan kayu manis tanpa menambah kalori.

Edamame

Sekitar 77 gram edamame atau kacang kedelai muda dapat mengandung 4 gram serat dan 8 gram protein, serta menambah 10% asupan kebutuhan zat besi harian untuk menjaga Anda tetap bersemangat. Snack sehat ini dapat Anda peroleh dalam kemasan siap konsumsi di banyak supermarket.

Selain ide-ide snack sehat di atas, Anda dapat selalu membawa potongan buah segar sebagai snack sehat, terutama jika kantor Anda menyediakan lemari pendingin. Pepaya, pisang, anggur, stroberi hingga bluberi dapat dikonsumsi mentah untuk mendapatkan nutrisi lengkapnya atau diolah menjadi smoothies yang nikmat. Dengan mengonsumsi snack sehat, Anda jadi lebih semangat bekerja tanpa harus menanggung konsekuensi perut semakin buncit.