Ingin Dapur Sehat, Waspadai Barang-barang Ini

Dapur merupakan tempat Anda meracik hidangan untuk keluarga, memperhatikan kebersihan dapur Anda sangatlah penting agar kesehatan keluarga tetap terjaga. Ternyata, dapur bisa menjadi tempat yang sangat penuh dengan bakteri. Bayangkan jika Anda lalai menjaga kebersihannya dan bakteri ini masuk ke dalam makanan Anda.

Mendapatkan dapur sehat dan bebas bakteri merupakan hal yang mudah untuk dilakukan. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan dapur sehat:

ingin dapur sehat, waspadai barang-barang ini - alodokter

  • Jaga Kebersihan Tempat Cuci Piring Tahukah Anda? Ternyata tempat cuci piring bisa menjadi tempat yang paling kotor di rumah Anda. Bahkan, jika dibandingkan dengan tempat sampah atau toilet sekalipun. Pasalnya, di tempat inilah kita mencuci segala keperluan memasak, sehingga menjadikan tempat ini lokasi berkumpulnya bakteri. Bersihkan tempat cuci piring dengan menggunakan air hangat, sponge, dan air sabun. Ketiga bahan ini dapat membantu Anda dalam menghilangkan dan mencegah pertumbuhan jamur. Sedangkan untuk menghilangkan deposit mineral di tempat cuci piring, Anda dapat menggunakan cuka putih yang dicampur air dengan perbandingan 1:1. Gosok bagian tempat cuci piring yang terkena deposit mineral, kemudian bilas dengan menggunakan air, lalu keringkan.
  • Hilangkan Bakteri dari Sponge Pencuci Piring Meski fungsinya membantu kita untuk mencuci piring, sponge cuci piring ternyata bisa menjadi rumah bagi bakteri di dapur Anda. Bakteri menyukai lokasi yang lembap dan hangat, sesuai dengan kondisi sponge cuci piring. Agar sponge Anda tidak menjadi rumah bagi bakteri, seringlah mencuci sponge Anda dengan menggunakan air hangat. Cuci sponge setidaknya seminggu sekali. Cara lain untuk membersihkan sponge cuci piring adalah dengan memanaskan sponge basah ke dalam microwave selama dua menit.
  • Talenan Alat yang biasanya digunakan untuk memotong sayuran dan beragam jenis bahan masakan ini ternyata juga bisa menjadi tempat berkumpulnya bakteri. Disarankan membedakan talenan untuk memotong sayuran dan daging mentah. Selain itu, basmi bakteri yang terdapat di dalam talenan dengan meletakannya di dalam microvawe dan memanaskannya selama beberapa menit. Anda juga bisa meletakan talenan di dalam kulkas selama beberapa saat.
  • Kompor Gas Alat memasak yang satu ini juga tidak luput dari bakteri. Terutama di bagian knop kompor gas yang memungkinkan bakteri berpindah ke jari-jari kita. Bersihkan kompor dengan melepaskan beberapa bagiannya seperti tungku kompor, knop untuk menyalakan kompor atau tombol kontrol, kemudian bersihkan dengan menggunakan sabun dan air hangat.
Bagian lain dari dapur yang perlu Anda bersihkan adalah bagian keran cuci piring, gagang pintu dapur, gagang kulkas, lap dapur, tempat sampah, dan handuk pengering tangan.

Menjaga kebersihan dapur adalah hal yang sangat penting, karena bakteri yang masuk ke dalam makanan dikhawatirkan dapat membahayakan kesehatan Anda dan keluarga. Lakukan beberapa cara di atas dan dapatkanlah dapur sehat untuk keluarga Anda.