Ingin Diet Alami Tanpa Obat, Ini Tipsnya

Ada beragam cara instan untuk mendapatkan bentuk tubuh dan berat badan yang ideal. Namun diet alami tanpa obat jauh lebih baik karena umumnya tidak memiliki efek samping seperti penggunaan obat pelangsing.

Diet alami tanpa obat bukanlah sesuatu yang mustahil. Justru, penurunan berat badan dengan hasil yang tidak cuma bersifat sementara hanya bisa diraih dengan perubahan gaya hidup dan mengadopsi kebiasaan yang sehat. Makan makanan yang sehat dengan porsi yang sesuai, serta melakukan aktivitas fisik secara rutin, seperti berolahraga, menjadi salah satu cara terbaik untuk menurunkan berat badan Anda.

Anda bisa melakukan diet alami tanpa obat dengan beberapa langkah sebagai berikut.

Pola Makan.

Aturlah porsi dan waktu makan Anda. Kurangi porsi makan Anda sebanyak 10-20% dan makan setidaknya selama 20 menit. Kunyah makanan dengan santai dan nikmati setiap gigitannya hingga waktu makan habis. Trik ini sangat efektif untuk menekan nafsu makan. Karena makan terburu-buru hanya akan membuat perut Anda tidak mampu mengirim sinyal kenyang ke otak, sehingga makan pun menjadi berlebihan.

Aktivitas Fisik. Cara diet alami tanpa obat juga harus didukung dengan meningkatkan aktivitas fisik seperti olahraga, baik jogging, senam aerobik, yoga, atau pun olahraga lainnya yang terfokus untuk pembakaran kalori. Lakukan olahraga setidaknya 150 menit per minggu atau 30 menit sehari. Selain dapat menurunkan berat badan, kebiasaan berolahraga memiliki beragam manfaat dan juga dapat dilakukan untuk mempertahankan tubuh langsing Anda, loh! Bagi Anda dengan kondisi kesehatan tertentu, disarankan berkonsultasi ke dokter untuk menetapkan jenis dan durasi dalam berolahraga.

Tidur Cukup. Istirahat dan tidur yang cukup sangat diperlukan tubuh. Kurang tidur dapat meningkatkan produksi hormon kortisol pengatur nafsu makan, yang akan menimbulkan rasa lapar dan makan berlebihan. Menurut penelitian, tidur satu jam lebih lama di malam hari dapat membantu menurunkan berat badan. Tidur juga menggantikan waktu luang yang memungkinkan Anda untuk memakan camilan.

Hindari Konsumsi Alkohol. Kandungan kalori dalam minuman beralkohol terbilang cukup tinggi, ditambah lagi adanya kecenderungan untuk ngemil pada sebagian orang ketika sedang mengonsumsi minuman beralkohol. Menghindari konsumsi alkohol juga dapat mencegah terjadinya berbagai gangguan kesehatan yang dapat disebabkan oleh alkohol.

Selain cara diet alami tanpa obat pelangsing di atas, ada beberapa tips atau strategi lain yang dapat membantu program diet Anda, antara lain:

  • Minumlah segelas air 15 sampai 20 menit sebelum makan.
  • Jangan biarkan diri Anda terlampau lapar, karena itu hanya akan menyebabkan Anda makan berlebihan.
  • Gunakanlah piring dengan ukuran yang lebih kecil.
  • Hindari camilan yang manis atau asin, serta hindari minuman yang mengandung gula atau soda.
  • Perbanyak makan sayur dan hindari penggunaan saus salad yang tinggi lemak. Gantilah saus salad dengan air perasan lemon.
  • Minuman teh hijau juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan.
Beberapa program diet instan memang menggoda untuk dicoba, namun diet alami tanpa obat merupakan cara teraman untuk mendapatkan bentuk tubuh langsing dan sehat, serta terhindar dari efek samping yang berbahaya bagi kesehatan.