Ingin Punya Wajah Tirus, Ini Caranya

Wajah tirus bisa dimiliki mulai dengan mengubah gaya rambut hingga operasi. Simak penjelasan cara mendapatkan wajah tirus yang Anda dambakan.

Standar kecantikan bisa berubah seiring perkembangan zaman dan berbeda-beda dari satu tempat ke tempat lain. Ada yang menganggap cantik itu yang berleher jenjang, wajah bertato, atau putih seperti porselen. Saat ini, bisa dibilang standar kecantikan yang sedang menjadi tren adalah wajah tirus.

Ingin Punya Wajah Tirus Ini Caranya - alodokter

Orang yang berpipi chubby atau yang memiliki bentuk wajah persegi atau bulat kemungkinan banyak yang yang ingin mempunyai wajah tirus. Berbagai cara pun dilakukan agar wajah terlihat lebih ramping. Bisa dengan mengubah tatanan rambut, memoleskan make up dengan cara tertentu di wajah, hingga prosedur operasi wajah seperti liposuction (sedot lemak), injeksi lipolisis, atau membuang buccal fat di wajah.

Buccal fat atau lemak bukal merupakan salah satu dari beberapa gumpalan lemak yang ada di pipi, tepatnya terletak di kedua sisi wajah antara otot buccinator dan beberapa otot yang lebih luar. Seiring dengan bertambahnya usia, buccal fat pada pipi ternyata bisa membesar dan mengecil. Lemak bukal berfungsi sebagai bantalan agar otot wajah dapat berfungsi dengan baik.

Studi pencitraan menunjukkan bahwa ketika usia kita berubah dari 10 tahun menjadi 20 tahun, lemak bukal bertambah besar dari 4000 mm³ menjadi 8000 mm³. Namun, 30 tahun selanjutnya, lemak bukal justru akan mengecil menjadi 7000 mm³. Dan dengan membuang lemak ini, dipercaya wajah tirus dan ramping bisa diperoleh.

Penelitian pun banyak dilakukan apakah operasi pengangkatan buccal fat berhasil membuat wajah tirus atau memperbaiki bentuk wajah. Salah satunya adalah studi yang menggabungkan pengangkatan buccal fat dengan lipoplasti lemak di pipi dan leher. Hasilnya, bentuk atau kontur wajah leher dan kedua pipi lebih baik dan memuaskan. Dua puluh delapan pasien yang menjalani prosedur tersebut pun tidak mengalami komplikasi.

Namun, sebelum menjalani operasi pengangkatan lemak bukal agar wajah tirus, disarankan untuk terlebih dahulu memikirkannya dengan matang. Selain itu, cari dan pilih dokter spesialis bedah yang memang ahli dan terlatih. Jika sudah menentukan pilihan, kemungkinan dokter akan menanyakan mengapa wajah ingin dibedah, apakah Anda memiliki penyakit atau menderita kondisi tertentu, atau sedang menjalani perawatan medis.

Selain itu, dokter juga akan menanyakan apakah Anda punya alergi terhadap obat tertentu, sedang mengonsumsi vitamin atau suplemen herbal, suka mengonsumsi minuman beralkohol atau merokok, dan pernah melakukan operasi sebelumnya. Dokter juga akan memberi tahu tentang risiko dan potensi komplikasi dari operasi tersebut. Terkadang riwayat psikologis seseorang juga penting untuk dievaluasi sebelum menjalani prosedur bedah plastik ini.

Meskipun beberapa studi menyebutkan bahwa prosedur operasi kosmetik ini relatif aman dan memuaskan, namun bukan berarti bahwa tindakan bedah ini tanpa risiko. Wajah merupakan bagian tubuh dengan banyak pembuluh darah, saraf, otot, dan ligamen. Walaupun jarang, setelah operasi terdapat beberapa orang yang mengeluhkan adanya gangguan sensasi pada wajah, bibir sulit digerakkan, kesulitan makan atau bicara karena mulut terasa kaku, hingga bentuk wajah menjadi asimetris. Keluhan lain pasca operasi tentunya adalah nyeri pada wajah.

Kalau Anda enggan dioperasi, satu cara mudah yang dipercaya bisa membuat wajah terlihat tirus, yaitu dengan mengubah tatanan atau gaya rambut sesuai dengan bentuk wajah Anda.

  • Untuk wajah bulat, disarankan agar membuat layer atau gaya rambut berlapis dan menjauhi tatanan rambut bob atau rambut yang dipotong rata.
  • Untuk wajah persegi, disarankan untuk tidak memotong rambut sependek rahang.
  • Untuk wajah berbentuk hati, dianjurkan memilih rambut pendek dengan layer di sekitar tulang pipi dan berponi.
Berbagai tatanan atau gaya rambut di atas bisa Anda coba untuk memperlihatkan wajah tirus. Olahraga dan menjaga asupan makanan yang sehat tetap dianjurkan untuk memelihara kesehatan dibandingkan cara instan untuk meraih sesuatu. Cara ini meskipun memerlukan waktu yang lama agar hasil pada kecantikan dapat terlihat tetapi lebih aman dan murah dibandingkan prosedur operasi plastik.

Dan ingat, tindakan operasi plastik pada wajah akan menimbulkan efek perubahan yang permanen. Oleh karena itu, jika Anda ingin memiliki wajah tirus melalui prosedur operasi, konsultasikan dengan dokter ahli bedah plastik. Hasil akhir setelah operasi tidak selalu akan sesuai dengan yang diharapkan. Anda perlu tahu risiko dan keuntungannya sebelum menjalani prosedur tersebut.