Ini Bahaya Makanan Siap Saji yang Bisa Mengintai Anda

Makanan siap saji seperti kentang goreng, piza, hamburger, dan lain sebagainya, sangat mudah kita jumpai hampir di setiap restoran. Meski memiliki rasa yang enak, pasalnya makanan siap saji ini tinggi kalori dan hanya mengandung sedikit nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh Anda. Tidak hanya mengenyangkan perut saja, makanan ini kerap membuat penikmatnya rentan diintai beragam jenis penyakit, seperti diabetes tipe 2, obesitas, gangguan pencernaan dan pernapasan, kerusakan gigi, dan lainnya.

Banyak ragam makanan yang bisa memanjakan lidah Anda, salah satunya makanan siap saji. Makanan yang sangat mudah ditemukan hampir di setiap kafe, restoran, dan pusat perbelanjaan ini kerap digemari oleh semua kalangan.

Ready to eat meals

Bahaya Makanan Siap Saji Bagi Tubuh Anda

Makanan siap saji merupakan makanan yang sangat mudah dan cepat diolahnya sebagai pengganti makanan rumahan. Akan tetapi, makanan siap saji biasanya selalu tinggi akan kandungan gula, lemak, garam, dan kalori. Bahkan, beberapa restoran menggunakan minyak sayur terhidrogenasi untuk menggoreng bahan makanannya. Padahal, minyak tersebut tidak baik untuk tubuh karena mengandung minyak trans yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung

Makanan siap saji sangat digemari oleh orang dewasa maupun anak-anak. Baik orang dewasa dan anak-anak yang mengonsumsi makanan tersebut memiliki asupan tinggi terhadap energi, gula, lemak, sodium, lemak jenuh, serta minuman berkarbonasi. Dan asupan yang rendah untuk vitamin A, vitamin C, susu, buah-buahan, dan sayuran.

Orang yang memiliki tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit jantung, juga harus sangat berhati-hati terhadap makanan siap saji tersebut. Kadar lemak pada makanan ini cukup tinggi, contohnya saja dalam satu porsi kentang goreng dan nugget ayam goreng, terdapat total lemak jenuh sekitar 41 hingga 71 gram. Selain bahaya yang sudah banyak kita ketahui seperti dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke, berikut adalah beberapa bahaya lain makanan siap saji bagi tubuh Anda:

  • Gangguan Pencernaan Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi garam seperti makanan siap saji, akan membuat tubuh Anda menyerap lebih banyak air. Hal itu membuat perut Anda kembung dan membengkak.
  • Gangguan Pernapasan Sebuah penelitian mengatakan bahwa anak-anak yang mengkonsumsi makanan cepat saji setidaknya tiga kali seminggu akan meningkatkan risiko terkena asma dan rinitis. Untuk orang dewasa, makanan cepat saji bisa membuatnya mengalami obesitas. Dan dampak dari obesitas tersebut adalah napas pendek, mengi, dan sleep apnea.
  • Pemicu Munculnya Jerawat Biasanya, cokelat dan makanan berminyak adalah makanan pemicu munculnya jerawat, padahal tidak sepenuhnya. Munculnya jerawat dapat disebabkan juga oleh makanan tinggi karbohidrat. Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi mampu meningkatkan kadar gula darah yang bisa menjadi pemicu jerawat tersebut.
  • Meningkatkan Kadar Insulin Makanan siap saji yang tinggi akan kalori dan karbohidrat tersebut mampu menyebabkan lonjakan gula darah dalam tubuh Anda. Dan hal itu dapat mengubah kadar insulin normal. Jika Anda sering mengonsumsi makanan ini, maka Anda berisiko lebih besar terkena resistensi insulin dan diabetes tipe 2.
  • Merusak Gigi Makanan siap saji juga bisa merusak gigi. Ketika Anda mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat dan gula, bakteri yang berada di mulut Anda menghasilkan asam. Asam ini dapat menghancurkan enamel (email) gigi yang bisa mengakibatkan gigi berlubang. Enamel yang telah hilang tidak bisa diganti, dan kesehatan mulut yang buruk bisa menimbulkan masalah kesehatan lainnya.
Cara Mengurangi Asupan Makanan Siap Saji

Bagi Anda yang telah terbiasa mengonsumsi makanan siap saji, pastilah merasa sulit jika harus meninggalkan makanan tersebut secara total. Jika seperti ini kondisinya, tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa cara ini yang dipercaya bisa membantu Anda untuk mengurangi asupan makanan siap saji:

  • Kurangi porsi Jika Anda masih ingin mengonsumsi makanan siap saji, Anda harus teliti dan cermat, ya. Dengan mengetahui jumlah kalori, lemak, dan garam dalam makanan tersebut dapat membantu Anda untuk mengonsumsi makanan siap saji yang lebih sehat. Selain itu, pilihlah menu paket makanan siap saji dengan porsi yang lebih sedikit dari menu ukuran ekstra yang biasanya ditawarkan. Hal ini dapat mengurangi asupan kalori yang akan masuk ke dalam tubuh Anda.
  • Pilih makanan yang sehat Memilih menu makanan yang lebih sehat. Anda bisa mengganti kentang goreng menjadi salad dengan saus rendah lemak. Atau menggantinya dengan semangkuk buah segar beserta yogurt. Misalnya salad, Anda bisa memilih selada dan pilihan sayur lainnya. Hindari keju dan daging cincang, karena tinggi akan kandungan kalori dan lemaknya. Untuk sandwich atau roti isi, pilihlah yang lebih banyak mengandung sayur. Jika Anda ingin memakan hamburger, mintalah pada pelayan untuk menambahkan tomat dan bawang, jangan tambahkan keju dan saus. Dan untuk piza, pilihlah topping yang kaya akan sayuran
  • Perhatikan minuman Anda Banyak minuman yang tinggi kadar kalorinya, misalnya saja minuman soda 887 mililiter mengandung sekitar 300 kalori. Untuk itu, perhatikan minuman Anda. Ganti kebiasaan minuman soda dengan minum air putih ataupun es teh tawar.
Jika Anda sering mengonsumsi makanan siap saji dan ingin terhindar dari beberapa bahayanya, tidak ada salahnya untuk segera konsultasikan kepada dokter. Anda juga bisa mengecek kesehatan Anda dan meminta saran dokter tentang apa yang boleh dan tidak untuk Anda konsumsi sehari-hari.