Ini Cara Dokter THT Membersihkan Telinga

Banyak orang memiliki kebiasaan untuk membersihkan telinganya sendiri. Mereka enggan mengunjungi dokter THT hanya untuk masalah yang ‘sepele’. Tapi jangan salah, ternyata sembarang membersihkan telinga ternyata tidak baik. Kenali alasannya agar kesehatan telinga Anda terjaga.

Dokter THT tidak hanya dikunjungi ketika Anda mengalami masalah dengan telinga, hidung, atau tenggorokan. Perawatan seperti menjaga kebersihan dan kesehatan telinga juga dapat Anda lakukan dengan dokter THT. Karena tentunya, dokter THT lebih tahu apa yang harus dilakukan untuk kebersihan dan kesehatan telinga Anda dibandingkan jika Anda pergi ke salon untuk melakukan terapi ear candle, atau bahkan melakukannya sendiri di rumah.

ini cara dokter tht membersihkan telinga - alodokter

Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa sebaiknya Anda tidak sembarangan dalam menjaga kebersihan telinga Anda.

  • Terapi ear candle dapat menimbulkan cedera yang cukup serius. Hingga saat ini, belum ada penelitian yang jelas menyatakan bahwa terapi ini dapat memberikan manfaat. Selain itu, penggunaan ear candle untuk membersihkan telinga juga dapat menimbulkan cedera. Misalnya kotoran dari lilin yang masuk ke dalam telinga dan risiko yang mungkin dapat ditimbulkan oleh api pembakaran ear candle.
  • Membersihkan telinga dengan cotton bud membuat kotoran semakin menumpuk. Ketika Anda membersihkan telinga, meski sebagian kotoran dapat terambil, sebagian lainnya justru masuk semakin dalam. Inilah yang menyebabkan kotoran semakin menumpuk dan dapat mengganggu pendengaran.

Selain ear candle dan cotton bud, dianjurkan menghindari membersihkan telinga dengan menggunakan benda yang tajam. Karena dikhawatirkan dapat membahayakan gendang telinga Anda.

Apa yang Dilakukan oleh Dokter THT? 

Membersihkan telinga yang paling aman adalah dengan meminta dokter THT melakukannya. Ada beberapa cara membersihkan telinga yang dapat dilakukan oleh dokter THT. Mulai dari pemakaian sendok cerumen, forcep (semacam penjepit), hingga menggunakan alat penyedot khusus.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dilakukan dokter THT untuk menjaga kebersihan dan kesehatan telinga Anda.

  • Irigasi Telinga
    Cara ini merupakan cara yang efektif dan paling tidak menyakitkan dalam membersihkan telinga. Pada proses pembersihan ini, dokter akan membersihkan telinga dengan menggunakan pompa elektrik yang dapat memompa keluar kotoran di dalam telinga Anda.  Dalam prosedur ini, dokter THT akan menggunakan air atau campuran air dan larutan saline (garam murni) yang disemprotkan ke dalam telinga untuk membersihkan kotoran.
  • Microsuction
    Cara lain dalam membersihkan telinga yang dapat dilakukan oleh dokter adalah dengan metode microsuction. Sama dengan irigasi telinga, microsuction juga tidak menyakitkan. Untuk melakukan metode ini, dokter biasanya akan menggunakan alat khusus yang dapat menyedot kotoran telinga.
  • Aural Toilet
    Metode ini dilakukan menggunakan alat bantu khusus dengan lingkaran kecil di bagian ujung dalam membersihkan kotoran telinga.

Tidak semua cara di atas cocok untuk setiap orang, biasanya dokter THT akan melihat kondisi telinga Anda terlebih dahulu sebelum menentukan cara mana yang cocok dilakukan untuk membersihkan telinga Anda.

Membersihkan telinga sendiri masih tergolong aman jika Anda hanya membersihkan bagian luarnya saja. Saluran dan gendang telinga merupakan bagian yang sangat sensitif. Jadi, jika ingin membersihkan kotoran bagian dalam, disarankan untuk mengunjungi dokter THT demi kesehatan dan kenyamanan Anda.