Ini Cara Menghilangkan Lemak di Perut yang Benar

Tidak semua lemak di perut harus disingkirkan. Walau dalam jangka panjang lemak bisa berdampak buruk bagi kesehatan, namun ada juga lemak yang masih diperlukan tubuh karena berfungsi melepaskan hormon untuk proses metabolisme tubuh. Yuk, pelajari cara menghilangkan lemak di perut yang benar dan aman bagi tubuh Anda.

Fungsi dari lemak dalam tubuh selain yang telah disebutkan di atas, adalah sebagai penyimpanan kelebihan kalori yang bisa digunakan sebagai cadangan energi ketika tubuh kekurangan asupan. Cadangan makanan dalam bentuk lemak ini disimpan di berbagai tempat di dalam tubuh. Namun, di antara lemak di bagian tubuh lain, lemak di perut adalah yang perlu Anda waspadai dan kenali lebih lanjut.

how to get rid of belly fat - alodokter

Lemak yang terdapat di daerah perut meliputi:

  • Lemak subkutan – Lemak ini terletak tepat di bawah kulit, dan tidak memiliki risiko kesehatan yang besar, bahkan memiliki kegunaan bagi tubuh.
  • Lemak visceral – Lemak ini membungkus berbagai organ dalam Anda dan dapat menyebabkan masalah kesehatan. Lemak visceral memiliki kaitan dengan kondisi resistensi insulin pemicu diabetes. Selain itu, hormon bernama leptin yang dilepaskan oleh lemak visceral diduga memengaruhi fungsi kognitif otak dan meningkatnya risiko demensia.
Lemak di pinggang atau perut lebih dipakai sebagai indikator kesehatan seseorang, dibanding lemak yang ada pinggul atau paha yang merupakan lemak subkutan. Jadi, jika Anda memiliki lingkar pinggang sebesar 90–100 cm atau lebih, maka Anda diduga berisiko lebih tinggi untuk menderita beberapa penyakit tertentu.

Cara Menghilangkan Lemak di Perut yang Aman

Seseorang yang melakukan diet makanan cenderung kehilangan lemak putih yang sebenarnya diperlukan oleh tubuh. Oleh sebab itu, sebelum mulai mempraktikkan cara menghilangkan lemak di perut, Anda perlu mengingat bahwa yang harus disingkirkan adalah lemak visceral dan lemak di bawah kulit.

Perhatikan jenis dan porsi makanan yang Anda konsumsi. Kurangi total asupan kalori, perbanyak konsumsi buah, sayur, biji-bijian dan sumber protein rendah lemak lainnya. Gantikan lemak jenuh dan lemak trans dengan lemak tak jenuh.

Tidak hanya itu, berbagai cara menghilangkan lemak di perut tetap akan sia-sia jika Anda tidak menambahkan olahraga untuk mengecilkan perut ke dalam program diet Anda. Olahraga akan mengurangi lebih banyak lemak visceral dari perut Anda, dan juga akan menurunkan tekanan darah dan kolesterol.

Lakukan kegiatan fisik tingkat sedang hingga berat selama 30-60 menit sehari dengan menggunakan beban atau melakukan sit up sudah cukup untuk menjaga berat badan, mengencangkan otot perut, dan menyingkirkan lemak di perut. Lakukanlah olahraga secara rutin, setidaknya sebanyak lima hari dalam seminggu, bisa dimulai dari berjalan kaki hingga ke intensitas olahraga yang lebih berat.

Selain dengan diet dan olahraga, beristirahat dan tidur yang cukup, yaitu 6-8 jam sehari, serta mengendalikan stres, dapat membantu proses penurunan berat badan dan mengurangi lemak di perut. Nah, tunggu apa lagi? Yuk, mulai pola hidup sehat dari sekarang!