Ini Dia Posisi Nyaman Saat Menyusui yang Patut Dicoba

Menyusui tidak semudah yang dibayangkan. Terkadang posisi menyusui bisa membuat bingung. Khususnya bagi ibu baru, bayi yang menangis saat disusui semakin membuat kita kebingungan. Yuk, pelajari posisi nyaman saat menyusui.

Mengetahui cara menyusui yang benar bukanlah hal yang sepele atau sekadar masalah kenyamanan. Dengan posisi menyusui yang benar, ASI akan lebih mudah keluar. Tidak hanya itu, bayi juga dapat menyusu dengan benar karena menempel sempurna pada ibu.

ini dia posisi nyaman saat menyusui yang patut dicoba - alodokter

Lima Posisi Menyusui yang Nyaman

Berikut ini adalah beberapa posisi menyusui yang patut Anda praktikkan.

  • Posisi memangku 1
    Posisi ini akan membuat bayi Anda dapat berbaring dengan nyaman di antara lekukan lengan Anda saat menyusui. Agar nyaman selama menyusui, cobalah untuk mencari tempat duduk yang nyaman untuk Anda. Kemudian letakkan bantal atau alas yang empuk di pangkuan Anda untuk meletakkan bayi. Barulah setelah itu, letakkan bayi Anda di atas bantal dan topang kepala bayi dengan lekukan lengan di sisi payudara yang akan disusui bayi.
  • Posisi memangku 2
    Sama seperti posisi di atas, posisikan diri Anda di tempat yang nyaman terlebih dahulu. Baru kemudian letakkan bayi di atas bantal yang ada di pangkuan Anda. Bedanya adalah Anda menggunakan kedua tangan dan lengan yang berlawanan dengan posisi kepala bayi Anda adalah untuk menopang kepalanya saat menyusu.
  • Posisi berbaring miring
    Jika Anda merasa lelah dengan posisi di atas, Anda bisa mencoba posisi ini. Posisi ini juga membantu Anda agar tidak mengganggu bayi yang tertidur saat disusui. Untuk mencoba posisi ini, Anda cukup berbaring miring dan posisi sejajar dengan bayi. Kemudian arahkan kepala bayi ke arah payudara dengan sedikit meringkuk.
  • Posisi berbaring
    Posisi ini juga bisa membantu Anda ketika tubuh cukup pegal dengan beberapa posisi di atas. Caranya pun mudah. Berbaringlah dengan posisi terlentang dan punggung ditopang oleh bantal. Kemudian letakkan bayi di atas tubuh Anda.
  • Posisi menyusui bayi kembar
    Memiliki bayi kembar merupakan impian sepasang suami istri. Namun, terkadang perkara menyusui bisa membingungkan sang ibu. Cobalah untuk duduk dengan posisi yang nyaman, letakkan bantal yang nyaman di pangkuan Anda. Minta bantuan orang terdekat untuk meletakkan kedua bayi Anda di atas bantal. Kemudian tempatkan kedua bayi pada masing-masing lengan Anda, lalu arahkan kepala bayi ke arah payudara Anda.
  • Posisi koala
    Posisi ini mungkin dapat Anda coba ketika anak sudah cukup kuat untuk duduk. Caranya adalah dengan menempatkan anak di pangkuan salah satu paha Anda dengan posisi duduk, dan menghadap ke salah satu payudara Anda. Topang bagian lehernya dengan lembut agar bayi Anda merasa nyaman saat disusui.

Berhati-hatilah saat meletakkan bayi Anda pada posisi tertentu. Bawa bayi ke arah Anda, dan hindari posisi tubuh bayi membungkuk. Karena dapat memicu bayi mengalami masalah pada bagian leher dan punggung.

Jangan sampai menyerah untuk menyusui anak Anda. ASI memberikan semua nutrisi yang dibutuhkan bayi. Bahkan, ASI mengandung antibodi yang bisa membantu bayi terhindar dari bakteri dan virus. Kandungan yang ada di dalam ASI membuatnya lebih mudah dicerna dibandingkan dengan susu formula.

Tidak hanya itu, studi menunjukkan bahwa memberikan ASI kepada anak Anda juga bisa memberikan manfaat bagi sang ibu. Karena menyusui dapat membantu dalam menurunkan risiko wanita terkena kanker payudara.

Bagi ibu baru, menyusui mungkin bisa cukup merepotkan. Tapi jangan menyerah, dan cobalah untuk mempraktikkan beberapa posisi menyusui yang nyaman seperti di atas. Ingat, ASI memberikan manfaat berlimpah untuk anak dan sang ibu.