Ini Fakta Pemakaian Jeruk Nipis Untuk Wajah

Mungkin Kamu pernah mendengar bahwa mengaplikasikan jeruk nipis untuk wajah dapat membantu kulit menjadi lebih mulus dan cerah. Untuk mengetahui kebenarannya dan kenali manfaat jeruk nipis lainnya, simak lebih lanjut di bawah ini.

Selama ini jeruk nipis dipercaya bagus untuk menghilangkan jerawat atau mencerahkan wajah. Faktanya, hal ini masih memerlukan lebih banyak penelitian. Bahkan, meskipun dipercaya dapat membunuh bakteri di kulit, eruk nipis ternyata juga tidak bisa digunakan sembarangan. Apalagi untuk mereka yang memiliki kulit sensitif penggunaan jeruk nipis dapat membuat kulit menjadi sensitif terhadap sinar matahari.

Ini Fakta Pemakaian Jeruk Nipis Untuk Wajah - alodokter

Sedangkan untuk studi terhadap jenis jeruk purut tahun 2014, dengan kandungan antibakteri di dalamnya, menunjukkan bahwa kandungan tersebut dapat membantu menghentikan bakteri yang menyebabkan jerawat. Minyak esensial dari jeruk purut juga dipercaya dapat mengurangi bekas jerawat. Meski begitu, hal ini masih memerlukan lebih banyak penelitian lainnya.

Jadi, Apakah Saja Khasiat Jeruk Nipis?

Meski khasiat jeruk nipis untuk wajah masih memerlukan lebih banyak penelitian, Kamu jangan bersedih dulu. Pasalnya, jeruk nipis juga memiliki khasiat lainnya yang bisa Kamu manfaatkan. Berikut ini adalah khasiat jeruk nipis yang perlu kamu ketahui.

  • Membunuh Bakteri dari Makanan
    Dengan kandungan antibakteri yang ada di dalam jeruk nipis, buah ini dipercaya dapat membunuh bakteri kolera yang tersebar di dalam makanan. Penelitian menunjukkan bahwa memberikan perasan jeruk nipis di dalam nasi dapat menghambat perkembangan bakteri tersebut. Selain itu, kandungan antibakteri pada jeruk nipis juga diyakini dapat melawan bakteri Coli yang biasa menyebabkan keracunan makanan.
  • Kaya Vitamin dan Mineral yang Baik Untuk Tubuhmu
    Selayaknya buah sitrus atau buah jeruk lainnya, jeruk nipis juga mengandung banyak mineral dan vitamin yang baik untuk kesehatan. Sebut saja kalium bioflavonoid, dan antioksidan. Ketiga jenis kandungan ini dapat memberikan manfaat yang dibutuhkan tubuh. Kalium sendiri penting dipercaya untuk menjaga tekanan darah dan fungsi saraf.
  • Solusi Anemia Sel Sabit
    Kandungan yang terdapat di dalam jeruk nipis juga dipercaya dapat menjadi solusi untuk penderita anemia sel sabit. Tapi masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat yang satu ini.
  • Bagus Untuk Kesehatan Jantungmu
    Pada sebuah penelitian ditemukan bahwa air dan kulit jeruk nipis mengandung antioksidan yang dapat memperlambat proses pembentukan plak di dinding arteri yang biasa disebut aterogenesis dan dapat membuat pembuluh darah tetap sehat. Dengan pembuluh darah yang sehat, maka darah dapat dibawa dari jantung ke organ-organ tubuh dengan baik. Namun,hal ini masih pada tahap percobaan pada hewan dan memerlukan penelitian lebih lanjut.
  • Atasi Mabuk Karena Alkohol
    Seperempat sendok teh gula, dicampur dengan dua sendok teh perasan jeruk nipis, serta sekitar 230 ml air dapat membantu mengatasi pengar atau mabuk yang disebabkan minuman beralkohol. Perasan jeruk nipis segar dipercaya bagus untuk kesehatan organ hati dan gula berguna untuk menstabilkan gula darah.

Kini sudah tahu khasiat jeruk nipis, bukan? Jadi, sekalipun khasiat jeruk nipis untuk wajah masih memerlukan lebih banyak penelitian. Kamu tidak perlu sedih. Karena masih banyak khasiat jeruk nipis lainnya yang bisa Kamu dapatkan. Pastikan juga berkonsultasi pada dokter Anda tentang konsumsi jeruk nipis untuk manfaat tertentu sebelum anda memulainya.