Ini Informasi Lingkar Kepala Bayi yang Perlu Anda Ketahui

Tidak hanya berat dan tinggi badan saja yang diukur pada bayi yang baru lahir, lingkar kepala bayi pun ternyata juga harus diukur. Tentunya, setiap bayi memiliki lingkar kepala yang berbeda-beda. Mengukur lingkar kepala bayi ternyata cukup penting, hal ini karena ukuran tengkoraknya mencerminkan pertumbuhan otaknya.

Mengukur tinggi dan berat badan dapat membantu dokter untuk menentukan apakah bayi Anda tumbuh normal dan mendapatkan nutrisi yang cukup atau tidak secara umum. Di sisi lain, mengukur lingkar kepala bayi digunakan untuk mengetahui pertumbuhan kepala yang menjadi tanda dari pertumbuhan otak bayi.

head circumference

Pentingnya Ukuran Lingkar Kepala Bayi

Mengetahui perkembangan dan pertumbuhan bayi Anda memang sangat penting. Namun ternyata, ada beberapa hal yang dapat memengaruhi pertumbuhan buah hati Anda, seperti genetika, seberapa aktif anak Anda, masalah kesehatan, dan juga gizi.

Untuk mengetahui tumbuh dan kembangnya, biasanya dokter melakukan pengukuran dalam tiga hal, yakni berat badan, tinggi, hingga lingkar kepala bayi Anda. Ketiga hal tersebut penting karena setiap sentimeter atau setiap gramnya akan memengaruhi grafik perkembangannya. Dokter melakukan pengukuran terhadap bayi Anda, agar tumbuh dan kembang sang buah hati dapat dikontrol.

Pengukuran lingkar kepala adalah bagian penting dari perawatan bayi yang dilakukan secara rutin. Selama pengukuran dan pemeriksaan, perubahan dan pertumbuhan kepala bayi sangat diamati oleh dokter. Hal ini untuk mengingatkan dokter dari beberapa masalah, seperti ukuran kepala yang lebih besar dari normal atau yang meningkat dengan cepat bisa merupakan pertanda adanya masalah seperti hidrosefalus (penumpukan cairan di otak). Dan ukuran kepala yang kecil bisa merupakan adanya masalah seperti mikrosefalus, yang merupakan tanda bahwa otak tidak berkembang dengan baik.

Untuk mengukur lingkar kepala bayi Anda, bukanlah perkara yang mudah, terlebih saat bayi kerap bergerak dan tidak bisa diam saat dilakukan pengukuran. Untuk mengukur kepala bayi Anda, dokter atau perawat menempatkan pita pengukur yang fleksibel pada bagian atas alis dan mengukurnya secara melingkar mengikuti besarnya kepala bayi Anda.

Normalnya, ukuran lingkar kepala bayi laki-laki saat lahir adalah sekitar 33-35.5 sentimeter. Dan untuk bayi perempuan usia 0 bulan adalah sekitar 32.5-35 sentimeter. Untuk usia 2 tahun, pada bayi laki-laki ukuran lingkar kepala bayi sekitar 47-49.5 sentimeter, sedangkan untuk bayi perempuan di usia yang sama adalah sekitar 45.5-48.5 sentimeter. Ukuran lingkar kepala bayi akan bertambah mengikuti usianya. Selain itu, lingkar kepala bayi juga bisa ditentukan oleh kedua orang tuanya. Jika Anda atau pasangan memiliki kepala besar atau kecil, bayi Anda pun juga bisa memilikinya.

Namun untuk bayi yang lahir secara prematur, tidak akan mengikuti grafik pertumbuhan yang sama dengan bayi yang lahir secara normal (cukup bulan). Dokter anak akan mengukur bayi prematur dengan menggunakan grafik khusus pertumbuhan dini.

Hal yang Memengaruhi Pertumbuhan Bayi Anda

Setiap bayi tentunya mengalami pertumbuhan yang berbeda-beda, hal ini dipengaruhi oleh beberapa hal, di antaranya:

  • Pemberian makan
    Pemberian makan sangat bergantung pada seberapa besar kalori yang buah hati Anda butuhkan untuk tumbuh. Dari lahir hingga usia 6 bulan, ia akan tergantung pada Air Susu Ibu (ASI) atau susu formula untuk mencukupi semua nutrisinya. Seberapa sering ia makan dan berapa lama ia makan juga akan memengaruhi pertumbuhannya.
  • Kesehatan Anda selama kehamilan
    Hal ini dapat memengaruhi nutrisi bayi Anda. Misalnya saja, apakah Anda merokok atau tidak dan berapa berat badan Anda saat hamil, dapat berpengaruh pada pertumbuhannya di tahun pertama.
  • Berat lahir bayi.
  • Genetika.
  • Kesehatan Anda setelah bayi lahir
    Hal ini juga memengaruhi bagaimana bayi Anda tumbuh. Jika Anda menderita depresi pasca-kelahiran, Anda mungkin mengalami gejala yang membuat lebih sulit untuk merawat bayi Anda. Akibatnya, buah hati Anda mungkin akan mengalami pertumbuhan yang lebih lambat dari semestinya.

Setelah mengetahui pentingnya mengukur lingkar kepala bayi Anda, maka jangan abaikan untuk melakukan pengecekan dan pengukuran lingkar kepala bayi secara rutin. Jika terdapat masalah tumbuh dan kembang bayi, segera hubungi dokter anak untuk mendapatkan penanganan.